Bagi beberapa orang, ketiak yang hitam bisa menurunkan rasa percaya diri. Sehingga, banyak orang yang melakukan banyak cara memutihkan ketiak secara alami ataupun dengan penggunaan obat tertentu. 

Nah, apabila Moms ingin ketiak menjadi lebih cerah tanpa menggunakan obat-obatan, berikut ini cara yang bisa Moms lakukan untuk memutihkan ketiak secara alami. 

Bagaimana cara memutihkan ketiak hitam secara alami? 

1. Mencapai berat badan yang ideal

Obesitas merupakan satu dari banyak penyebab ketiak hitam. Apabila ketiak hitam disebabkan karena obesitas, maka cara memutihkan ketiak yang perlu Moms lakukan yaitu dengan menurunkan berat badan. 

Selain memperbaiki penampilan, melakukan diet sehat dan olahraga rutin bisa membantu Moms terhindar dari penyakit yang berbahaya seperti diabetes. 

Baca juga: Cara Mengecilkan Perut yang Dapat Moms Coba di Rumah

2. Mengganti deodoran

Cara memutihkan ketiak yang selanjutnya yaitu dengan mengganti deodoran. Moms bisa mengganti deodoran dengan yang berbahan natural seperti cuka apel dan juga baking soda. Bahkan ada beberapa orang yang benar-benar berhenti menggunakan deodoran

3. Tidak mencukur bulu ketiak

Tidak mencukur bulu ketiak ternyata juga termasuk ke dalam cara memutihkan ketiak. Cara lainnya, Moms bisa melakukan perawatan laser atau melakukan waxing

4. Membersihkan ketiak secara rutin

Moms dapat menggunakan body scrub atau produk eksfoliasi sebanyak 2-3- kali dalam seminggu sebagai cara memutihkan ketiak. Dengan melakukan cara ini, sel kulit mati pun akan terangkat dan ketiak pun terjaga kebersihannya. Selain itu, Moms juga disarankan untuk memakai pakaian yang longgar.

5. Menggunakan air dari parutan kentang

Moms dapat menggunakan air perasan dari parutan kentang. Peraslah parutan kentang hingga mendapatkan airnya. Oleskan air perasan pada ketiak dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, cuci ketiak hingga bersih dengan air.

6. Dengan menempelkan irisan timun

Selain air parutan kentang, Moms juga bisa menggunakan irisan timun. Moms hanya cukup menempelkan potongan timun yang tipis pada ketika selama 10 menit, kemudian bersihkan dengan air

7. Dengan irisan lemon

Cara memutihkan ketiak yang selanjutnya yaitu Moms dapat memanfaatkan lemon untuk memutihkan ketiak yang hitam. Caranya, cukup iris lemos dengan ketebalan sedang, kemudian letakkan irisan tersebut pada ketiak dan biarkan selama 10 menit. Lalu, bersihkan dan keringkan ketiak. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab agar ketiak tidak kering dan terasa perih.  

Baca juga: Jangan Melakukan Hal Ini Ketika Kulit Moms Gatal-gatal!

8. Menggosokkan campuran susu, air mawar, dan kulit jeruk

Campuran susu, air mawar, dan kulit jeruk dapat dijadikan sebagai salah satu cara memutihkan ketiak secara alami. Moms bisa mengeringkan kulit jeruk terlebih dahulu, kemudian buat menjadi bubuk.

Setelah itu, campurkan bubuk kulit jeruk dengan satu sendok makan air mawar dan satu sendok makan susu. Aduk hingga mengental dan dapat dioleskan. Gosok ketiak dengan campuran ini dengan perlahan selama 15 menit. Ulangi cara ini dua hingga tiga kali dalam seminggu. 

9. Dengan mengoleskan campuran kunyit dan lemon

Cara memutihkan ketiak hitam yang terakhir yaitu dengan menggunakan campuran air perasan lemon dan kunyit bubuk. Campur 2 sdm air perasan lemon dan bubuk kunyit secukupnya. Kemudian aduk rata hingga cukup kental. Oleskan pada ketiak dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, cuci hingga bersih dengan air. 

Perlu Moms ingat bahwa bahan-bahan di atas masih beresiko menyebabkan alergi atau iritasi pada kulit. Maka sebelum mencoba, pastikan Moms tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan yang sudah disebutkan.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like