Moms pastinya ingin terlihat cantik dengan kulit yang cerah, bersih, dan juga mulus. Tetapi, ada satu hal yang sering merusak penampilan yaitu area siku yang gelap. Hal ini tentunya akan membuat Moms menjadi kurang percaya diri ketika ingin memakai atasan tanpa lengan. Namun jangan khawatir, Moms bisa memanfaatkan 3 bahan alami sebagai cara memutihkan siku. Ingin tahu apa saja bahan alaminya? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Apa penyebab kulit siku menjadi gelap?

Sebelum mengetahui cara memutihkan siku, ada baiknya Moms mengetahui sebenarnya apa saja hal yang menyebabkan kulit siku menjadi gelap dibanding dengan area yang lain. Berikut ini beberapa penyebabnya: 

  • Ketebalan kulit. Area siku cenderung mempunyai kulit yang lebih tebal jika dibandingkan dengan area yang lainnya. Semakin tebal lapisan kulit, maka semakin tebal juga pigmen kulit. Itulah yang menyebabkan kulit siku terlihat lebih kusam. 
  • Kulit kering. Biasanya area siku mempunyai kelenjar minyak yang mengandung lebih sedikit minyak. Oleh karena itu, area siku mudah kering. 
  • Lipatan.Siku adalah bagian tubuh yang mempunyai paling banyak lipatan. Pada bagian siku jarang terjadi pengelupasan sehingga sel kulit mati pun menumpuk. 
  • Sering mengalami gesekan. Ketika melakukan aktivitas sehari-hari, sering terjadi gesekan pada kulit siku tanpa Moms sadari. Hal tersebut dapat menyebabkan kulit di area siku menjadi lebih kering serta gelap. 

Bagaimana cara memutihkan siku?

Menghitamnya kulit area siku akan membuat penampilan menjadi kurang menarik. Tetapi Moms tidak perlu khawatir karena dengan 3 bahan ini kulit area siku bisa cerah kembali. Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa digunakan: 

  • Ekstrak buah jeruk

Cara memutihkan siku yang pertama yaitu dengan menggunakan ekstrak buah jeruk. Buah jeruk mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari serta dapat mencerahkan kulit. Menurut studi, ekstrak buah jeruk bisa meningkatkan warna kulit dan kecerahan dengan efek samping yang minimal. 

  • Kedelai

Kedelai merupakan bahan alami selanjutnya yang bisa Moms manfaatkan sebagai cara memutihkan siku. Bahan makanan yang satu ini mampu mengurangi bercak hitam yang muncul pada kulit. Selain itu, kedelai juga mengandung antioksidan, fotoprotektif, dan anti-penuaan yang baik untuk menunjang kesehatan dan kecantikan kulit.  

  • Kunyit

Cara memutihkan siku yang terakhir yaitu dengan menggunakan kunyit. Selain dimanfaatkan untuk penguat rasa makanan, rempah yang satu ini juga bermanfaat untuk kecantikan, lho. Kunyit dinilai efektif untuk mengurangi munculnya garis halus dan bintik hitam di kulit. Oleh karena itu, Moms bisa memanfaatkan kunyit untuk mencerahkan kulit area siku yang menghitam. 

Nah, itu dia 3 bahan alami yang bisa Moms manfaatkan untuk memutihkan siku. Dari ketiganya, mana yang ingin Moms gunakan?

Baca juga: Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami Tanpa Obat

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like