Merasa kecewa, sedih, dan marah merupakan hal yang normal untuk terjadi. Tetapi, jika Moms tidak tahu bagaimana cara menahan emosi, hal ini akan merugikan tidak hanya diri sendiri namun orang lain juga. Lalu, apa saja cara menahan emosi yang bisa dilakukan? Berikut ini penjelasannya. 

Berbagai emosi yang Moms rasakan akan mempengaruhi tindakan yang dilakukan. Apabila Moms sedang merasa emosi yang positif, tindakan yang cenderung dilakukan juga menjadi positif. Sedangkan, emosi negatif yang dirasakan akan membuat Moms berperilaku yang negatif. 

Emosi yang negatif ini akan membahayakan hubungan pertemanan, pekerjaan, serta kesehatan diri sendiri, lho. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengendalikan atau mengekspresikannya dengan tepat. 

Cobalah beberapa cara menahan emosi berikut ini

1. Berpikir dan bersikap positif

Moms mungkin tidak bisa mengubah situasi buruk yang sedang terjadi, tetapi Moms bisa mengubah sudut pandang dalam melihat situasi agar berubah menjadi lebih positif. 

Contohnya, Moms kecewa atas banyaknya kritik dari orang lain mengenai presentasi yang baru Moms berikan. Di situasi seperti ini, Moms perlu memikirkan sisi positif dari kritikan tersebut bahwa itu merupakan hal yang bermanfaat untuk pertumbuhan karir Moms nantinya. 

Moms juga bisa mencoba menenangkan diri dengan menutup mata dan mengambil napas panjang. Hal ini akan membuat Moms menjadi sadar dan bersikap lebih positif lagi dalam merespon suatu hal. 

2. Hindari situasi yang dapat menyebabkan munculnya emosi negatif

Menghindari situasi yang dapat membuat Moms merasakan emosi negatif juga merupakan salah satu cara menahan emosi. Seperti, jika Moms kesal saat sedang terjebak macet dan terburu-buru, Moms bisa mengatur waktu berangkat ketika arus jalan sedang tidak macet.

Jika emosi negatif datang ketika Moms membuka media sosial atau ketika sedang bersama orang-orang tertentu, Moms boleh saja beristirahat sebentar dari media sosial atau tidak bertemu dengan orang-orang tersebut. 

3. Melakukan aktivitas yang menyenangkan

Lakukanlah aktivitas yang menyenangkan sehingga Moms dapat merasakan pengaruh positif untuk diri sendiri. Misalnya seperti, 

  • Olahraga. Bukan hanya menyenangkan, olahraga juga merupakan sarana bagi Moms untuk mengelola stress. Olahraga aerobik, tai chi, dan yoga adalah beberapa contoh latihan fisik yang baik untuk kesehatan mental. 
  • Pelajari kemampuan baru. Dengan melakukan hal ini, Moms bisa membangkitkan kepercayaan diri dan juga menjadi salah satu cara menahan emosi yang baik.
  • Menjaga komunikasi dengan orang terdekat. Menjaga komunikasi dengan orang-orang terdekat juga dapat membuat Moms merasa nyaman. 
  • Berikan senyum, waktu, atau bantuan untuk orang lain. Hal ini akan membawa pengaruh positif untuk diri sendiri serta orang lain. Moms bisa menjadi relawan, mengikuti program bakti sosial, ataupun mendonorkan darah. 

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan diatas, menjaga kesehatan jiwa dan fisik juga penting karena keduanya saling mempengaruhi satu sama lain. Apabila emosi Moms terganggu, tubuh pun juga menjadi rentan terhadap berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi dan nyeri dada. 

Waspadai juga apabila ternyata apa yang Moms rasakan bukanlah sekedar perubahan emosi, namun pertanda depresi. Moms perlu mengenali gejala depresi yang bisa saja terjadi pada diri sendiri. 

Jangan lupa untuk menerapkan 3 cara menahan emosi yang sudah disebutkan demi kesehatan jiwa dan raga. Apabila Moms merasakan gejala depresi, segeralah berkonsultasi dengan psikolog. 

Baca juga: Tips Hilangkan Rasa Cemas yang Berlebihan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like