Adanya keberadaan no BPJS Kesehatan tentunya sangatlah penting. Oleh karena itu, Moms perlu mengingat nomor yang ada pada kartu kepesertaan dengan baik-baik. Ada beberapa cara mengecek no BPJS secara mudah dan juga dijamin resmi. Ingin tahu apa saja caranya? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Beberapa cara mengecek no BPJS

1. Menggunakan website BPJS Kesehatan 

Cara mengecek no BPJS yang pertama yaitu dengan website BPJS Kesehatan. Pada website resmi BPJS Kesehatan, terdapat fasilitas yang disebut BPJS-Checking. Fasilitas ini berguna jika Moms ingin mengecek no BPJS Kesehatan. Tetapi, Moms harus memasukkan nomor BPJS Kesehatan terlebih dahulu untuk menggunakan fasilitas ini. 

Nah, sebagai ganti, Moms dapat memakai nomor BPJS milik salah satu anggota keluarga yang terdaftar di dalam kartu keluarga. Sehingga, proses pengecekan pun dapat dilakukan. 

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan fasilitas BPJS-Checking:

  • Buka fasilitas BPJS-Checking pada daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/.
  • Lalu masukkan nomor kartu salah satu anggota keluarga lain
  • Isi tanggal lahir di kolom yang tersedia
  • Isi angka validasi, lalu tekan tombol cek
  • Jika berhasil, akan muncul data terbaru mengenai nama peserta, nomor peserta, tagihan, denda, total tagihan, tanggal pembayaran terakhir, nominal pembayaran, serta saldo   

Data peserta yang muncul merupakan data peserta di dalam satu keluarga. Sehingga, peserta tidak hanya tahu nomor BPJS milik sendiri, namun juga milik anggota keluarganya. 

2. Bertanya di akun Facebook BPJS Kesehatan 

Cara mengecek no BPJS selanjutnya yaitu dengan bertanya pada akun Facebook resmi miliki BPJS kesehatan yaitu @BPJSKesehatanRI. 

Melalui akun Facebook resmi, Moms dapat menanyakan nomor BPJS Kesehatan. Moms juga dapat menyampaikan keluhan terkait dengan layanan BPJS apabila dirasa kurang memuaskan. 

3. Bertanya di akun Twitter BPJS Kesehatan 

Selain akun Facebook, BPJS Kesehatan juga mempunyai akun Twitter resmi yaitu @BPJSKesehatanRI. Moms bisa menggunakan twitter sebagai cara mengecek no BPJS. 

Sama halnya dengan Facebook, Moms yang mengajukan pertanyaan soal nomor BPJS Kesehatan lewat tweet ke akun tersebut akan direspon oleh admin yang nantinya akan meminta beberapa informasi, seperti:

  • Nama lengkap
  • Tanggal lahir
  • NIK KTP

Moms akan diminta untuk mengirimkan informasi lewat fitur DM (Direct Message) di Twitter. Dengan informasi ini, admin Twitter BPJS Kesehatan akan memberitahu nomor BPJS Kesehatan Moms.

4. Menghubungi call center BPJS Kesehatan 

Menghubungi call center BPJS Kesehatan merupakan cara mengecek no BPJS yang lebih cepat. Moms dapat menghubungi call center di nomor 1500 400. Tetapi sebelum menghubungi call center, pastikan Moms memiliki pulsa yang cukup. 

Selain mengecek nomor BPJS Kesehatan, Moms juga dapat melakukan daftar PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah) atau peserta mandi. Moms juga bisa mengubah data kepesertaan serta menggunakan layanan konsultasi kesehatan.

Baca juga: Cara Memeriksa Status BPJS Kesehatan 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like