Selain mengganggu, mempunyai perut yang buncit juga akan menurunkan rasa percaya diri serta akan menyulitkan Moms dalam memilih pakaian. Perut yang buncit biasanya disebabkan karena lemak viseral (lemak dalam rongga perut) yang menumpuk di dalam dan juga sekitar rongga perut.

Penumpukan lemak yang terjadi ini sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh Moms karena akan membuat organ-organ di sekitar perut tertutup Ini akan menyebabkan seseorang beresiko terkena penyakit kanker, diabetes, jantung, sindrom metabolik, serta Alzheimer. Nah, moms bisa mencoba cara mengecilkan perut yang buncit berikut ini.

Bagaimana cara mengecilkan perut yang buncit?

Di bawah ini beberapa cara mengecilkan perut buncit yang dapat Moms coba di rumah, diantaranya:

Mengurangi makanan yang mengandung lemak dan gula

Adanya keberadaan lemak di perut sering dihubungkan dengan konsumsi lemak jenuh serta gula yang berlebih. Lemak jenuh sering ditemukan pada produk susu, daging sapi, dan juga mentega. Maka dari itu, salah satu cara mengecilkan perut yang bisa Moms lakukan yaitu utamakan mengonsumsi lemak tak jenuh.

Moms bisa memperoleh lemak tak jenuh dari kacang-kacangan dan ikan. Selain itu, batasi asupan kalori secara umum. Karena, kebiasaan mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi akan membuat perut menjadi buncit. 

Mencukupi asupan serat

Cara mengecilkan perut buncit yang selanjutnya yaitu dengan mencukupi asupan serat. Kandungan serat mampu memperlambat penyerapan makanan, sehingga Moms akan merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, makanan yang tinggi serat serta karbohidrat kompleks yang disertai dengan pembatasan asupan lemak dinilai ampuh untuk membantu mengurangi berat badan. Moms dapat mendapatkan kandungan serat yang cukup dari alpukat, wortel, ubi jalar, kacang-kacangan, apel, pir, flaxseed, dan juga jambu. 

Melakukan olahraga kardio

Selain mencukupi kebutuhan serat, cara mengecilkan perut yang lainnya yaitu dengan melakukan olahraga kardio. Moms disarankan untuk melakukan olahraga kardio secara rutin beberapa kali dalam seminggu.

Olahraga kardio efektif untuk mengecilkan perut yang buncit karena mampu membantu membakar lemak yang ada di daerah perut. Moms disarankan melakukan jenis olahraga ini selama 5 jam dalam seminggu. Lakukan juga jenis olahraga lain untuk mempercepat pembakaran lemak di perut. 

Istirahat yang cukup

Waktu dan juga kualitas tidur ternyata juga berpengaruh pada meningkatnya jumlah jaringan lemak yang ada di perut. Moms yang kekurangan waktu tidur atau tidur terlalu lama cenderung mengalami peningkatan lemak serta berat badan.

Oleh karena itu, dengan mencukupi kebutuhan tidur selama 7 jam dalam seharinya dapat menjadi cara mengecilkan perut buncit. 

Mengurangi stres

Stres sering dihubungkan dengan penyebab menumpuknya lemak di sekitar perut. Ketika Moms stres, kelenjar adrenal di dalam tubuh akan melepaskan hormon kortisol (stres) dengan berlebihan.

Pelepasan hormon ini mampu meningkatkan nafsu makan serta membuat tubuh menyimpan lemak di perut. Maka untuk mengurangi stres, Moms bisa melakukan yoga dan juga meditasi secara rutin. Karena mengurangi stres juga menjadi salah satu cara mengecilkan perut. 

Namun perlu Moms ingat, cara paling efektif untuk mengecilkan perut yang buncit yaitu dengan memperbaiki pola hidup, khususnya dengan mengurangi mengonsumsi makanan serta minuman manis, menghindari rokok serta minuman alkohol, dan juga mengontrol konsumsi karbohidrat sehari-hari. 

Jika sudah mencoba berbagai cara namun masih kesulitan untuk mencapai berat badan yang ideal, lakukanlah konsultasi dengan dokter guna mendapatkan saran serta cara untuk mengecilkan perut buncit yang sesuai dengan kondisi Moms. 

Baca juga: Penyebab Kulit Keriput serta Cara Mencegahnya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like