Ukuran dan bentuk ukuran payudara setiap wanita tentunya berbeda, tergantung dengan faktor genetik serta perubahan fisik yang terjadi selama hidupnya. Secara cepat atau lambat, payudara pasti akan mengendur. Apabila Moms merasa payudara mulai kendur, Moms dapat mencoba beberapa cara mengencangkan payudara secara alami berikut ini. 

Cara mengencangkan payudara yang bisa Moms lakukan

Mungkin tanpa melakukan operasi plastik, payudara tidak bisa sepenuhnya kembali berisi dan juga kencang. Namun, beberapa cara berikut ini mampu membantu Moms untuk memperbaiki penampilan payudara, diantaranya:

1. Melakukan olahraga yang memperkuat otot dada

Otot dada yang ada di balik payudara disebut dengan otot-otot pektoral. Kelompok otot ini meliputi area tulang selangka hingga rusuk dan terdiri dari empat otot. Sama halnya dengan otot yang lain, otot pektoral dapat diperbesar, dengan cara latihan beban. 

Otot dada yang membesar sebenarnya tidak mempengaruhi struktur jaringan payudara. Tetapi, karena dada menjadi kencang serta membesar, payudara pun akan terlihat agak membesar dan terangkat. 

Ada beberapa jenis latihan otot dada yang dapat menjadi cara mengencangkan payudara, yaitu:

  • Push up

Push up memiliki gerakan yang mudah. Karena, latihan ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kemampuan Moms dan bisa dilakukan dimana saja. 

Apabila Moms sama sekali belum pernah berlatih push up, Moms bisa memulai dengan wall push up yang dimana dilakukan sambil berdiri dengan kedua tangan bertumpu di dinding. 

Jika sudah terbiasa, Moms dapat memindahkan tumpuan tangan dari dingin ke kursi, kemudian bertahan sampai kedua tangan bertumpu pada lantai. 

  • Bench press

Jika Moms sudah bisa melakukan push up, latihan selanjutnya yang bisa dicoba sebagai cara mengencangkan payudara yaitu dengan melakukan bench press. Mulai dengan beban yang ringan terlebih dahulu, seperti barbel. 

Pastikan bahwa Moms melakukan teknik gerakan latihan ini dengan benar agar terhindar dari cedera. Moms dapat meminta bantuan pelatih profesional untuk tahap awal. 

Apabila teknik yang dilakukan sudah benar dan kekuatan otot sudah meningkat, tambahkan berat badan agar otot dada menjadi lebih besar. 

  • Dumbbell flies

Latihan otot dada yang terakhir yaitu dumbbell flies. Berbeda dengan push up dan bench press, dumbbell flies melatih otot dengan mendorong beban di samping dada. 

Moms dapat menggunakan barbel berukuran kecil dan ringan. 

2. Memperbaiki postur tubuh

Cara mengencangkan payudara yang selanjutnya yaitu dengan memperbaiki postur tubuh. Karena postur tubuh yang kurang tepat, seperti membungkuk, dapat membuat payudara berada di posisi yang menggantung. Kulit payudara terpaksa menahan beban yang semakin berat serta jaringan ikat payudara akan semakin tertarik ke bawah. Sehingga, payudara pun terlihat kendur. 

Memperbaiki postur tubuh bertujuan untuk mengurangi tekanan pada otot serta ligamen dengan membagi beban tubuh secara merata. Usahakan posisi punggung selalu lurus dan bahu yang  sedikit tertarik ke belakang. Sehingga, dada akan berada pada posisi agak membusung dan membuat payudara terlihat terangkat. 

3. Menggunakan bra dengan ukuran yang tepat

Cara mengencangkan payudara yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan bra dengan ukuran yang tepat. Bra dengan ukuran yang tepat dan berkualitas akan membantu Moms untuk menyangga payudara. Beban kulit payudara serta jaringan ikat payudara pun akan semakin berkurang. 

Model, jenis, serta ukuran bra yang tepat sangat membantu Moms untuk memperbaiki penampilan payudara. 

Pastikan untuk mencoba bra terlebih dahulu sebelum Moms membelinya. Apabila berat badan dan ukuran payudara mengalami perubahan, sebaiknya beli bra baru dengan model dan ukurna yang tepat.  

4. Mencukupi kebutuhan nutrisi 

Biasakan untuk mengonsumsi jenis makanan yang mengandung nutrisi bagi kesehatan otot dan juga kulit. Kecukupan vitamin, nutrisi, serta mineral akan menjaga kelenturan kulit, termasuk kulit payudara sehingga tidak cepat kendur. 

Mengonsumsi makanan sehat juga bertujuan untuk menjaga berat normal dan stabil. Apabila berat badan Moms sering mengalami perubahan, ukuran payudara juga akan ikut membesar dan mengecil sehingga cepat kendur. 

Apapun caranya, kita tentu tidak bisa melawan proses penuaan serta perubahan fisik. Tetapi, dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan berolahraga, proses penuaan akan berjalan lebih lambat.

Baca juga: Nyeri Otot Setelah Olahraga? Begini Cara Mengatasinya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like