Menjadi orang yang memiliki intuisi jauh lebih kuat ketimbang intelektual sehebat apapun, kata mendiang pendiri Apple, Steve Jobs. Hampir setiap individu pasti pernah merasakan munculnya intuisi, atau semacam kata hati yang muncul tanpa disadari. Intuisi merupakan hal yang jauh berbeda dari pemikiran, logika, atau analisis. Lalu, apa dari mana muncul intuisi? Bagaimana cara menggunakan intuisi? Berikut penjelasannya.

Intuisi merupakan sensasi yang muncul secara tiba-tiba tanpa disadari oleh orang yang bersangkutan. Seringkali, intuisi menjadi dasar pilihan seseorang saat dihadapkan pada beberapa pilihan sekaligus. 

Lalu dari mana munculnya intuisi?

Pasalnya, manusia membutuhkan insting dan logika untuk mengambil keputusan terbaik berkaitan dengan berbagai hal. Akan tetapi, yang umum terjadi adalah orang lebih ragu mengandalkan intuisi sebagai panduan dalam mengambil keputusan. 

Pada kenyataanya, sebagai manusia yang dikaruniai akal sekaligus intuisi, kedua hal ini justru dapat membantu saat mengambil keputusan. Bukan mengesampingkan akal dan mengedepankan intuisi atau sebaliknya, akan tetapi menggunakan keduanya dengan seimbang. Intuisi merupakan suara yang datang dari dalam, atau inner voice. Dalam berbagai konteks, intuisi pasti muncul. Mulai dari hal sederhana seperti memakai baju warna apa hari ini hingga pertaruhan hidup mati ketika berada dalam kondisi darurat. Semakin terkoneksi seseorang dengan intuisi mereka, maka akan semakin bermanfaat dalam pengambilan keputusan. Intuisi merupakan jembatan antara insting dan logika, yang menyeimbangkan cara otak bertindak.

Cara belajar mendengarkan intuisi

Alokasikan waktu menyendiri

Apabila Moms ingin berkomunikasi dengan intuisi, mengalokasikan waktu untuk diri sendiri dapat menjadi cara efektif. Selain mendengarkan intuisi, waktu menyendiri atau solitude ini juga dapat menggali kreativitas seseorang. Di tengah bising dan sibuknya kegiatan sehari-hari, waktu menyendiri dapat menjadi cara mendengarkan apa yang selama ini terjadi pada diri sendiri. Saat sibuk dengan bising dan situasi yang serba cepat, intuisi kerap tenggelam.

Mendengarkan tubuh

Saat ada sinyal dari tubuh – sekecil apapun – seperti perut terasa nyeri, cobalah untuk beri ruang bagi intuisi. Dengarkan sensasi fisik yang sedang terjadi dan apa yang harus Moms lakukan. Inilah yang orang berintuisi tinggi lakukan, tidak menyepelekan segala sinyal dari tubuh.

Perhatikan mimpi

Mimpi merupakan cara untuk berkomunikasi dengan intuisi atau pola pikir yang ada tanpa disadari. Pada saat bermimpi di malam hari, ada informasi yang datang dari bagian otak yang tidak disadari atau intuitif. Bukan tidak mungkin, mimpi bisa menjadi petunjuk bagaimana menjalani hidup.

Abaikan emosi negatif

Emosi negatif dapat membayangi intuisi. Berapa banyak dari kita yang merasa tidak seperti diri sendiri saat sedang depresi, marah, atau kecewa? Hal itu terjadi karena koneksi dengan intuisi terputus. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dirilis dalam jurnal Psychological Science pada tahun 2013 lalu. Orang yang sedang berada dalam mood positif lebih punya kemampuan untuk membuat keputusan berdasarkan intuisi dalam sebuah permainan kata.

Menulis jurnal

Membuat jurnal juga dapat membantu membuka jalan bagi pikiran yang tak disadari. Intuisi merupakan salah satunya. Tuliskan apa yang dirasakan hari itu dalam jurnal, untuk membantu menuangkan apa yang dirasakan sepanjang hari.

Baca juga: Yuk Ketahui Cara Mengatasi Rasa Takut Berikut Ini!

Cara Menggunakan Intuisi

Berikut beberapa cara yang dapat Moms terapkan untuk menggunakan intuisi Moms. Tutup mata Moms selama satu hingga dua menit, kemudian ikuti langkah-langkah ini:

1. Cara menggunakan intuisi yang pertama adalah dengarkan dan lepaskan pikiran Moms.

2. Biarkan semua emosi Moms maju merupakan cara menggunakan intuisi yang kedua.

3. Cara menggunakan intuisi selanjutnya yaitu Moms dapat lepaskan emosi negatif melalui tubuh Moms, lantai dan lalu ke bumi.

4. Cara berikutnya menggunakan intuisi yaitu visualisasikan dan rasakan saat-saat bahagia. Ini bisa anak-anak, pasangan, keluarga atau hewan peliharaan Moms. Cintai dengan sepenuh hati.

5. Berasal dari tempat yang lebih bahagia dan lebih penuh kasih, maka sekarang percayalah pada intuisi Moms.

Wilson menyatakan bahwa dengan membersihkan pikiran dari hal negatif membersihkan hati dari ketakutan sehingga membuat ego Moms jadi kurang terancam. Perlu Moms ingat bahwa semakin Moms terhubung dan mencintai diri sendiri maka semakin sedikit ruang untuk ego Moms.

“Lepaskan ego Anda hari ini dan gunakan kekuatan intuisi Anda untuk terhubung lebih dalam dengan semua hubungan Anda menjadi lebih baik. Mempelajari cara mengakses dan menggunakan intuisi yang diberikan dengan tepat, dapat membantu Anda berpikir lebih baik, merasa lebih baik dan menjadi lebih adil lebih sehat,“ tutup Wilson.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang intuisi, cara belajar, dan cara menggunakan intuisi. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Baca Juga: Manfaat Menggambar Luar Biasa untuk Semua Umur

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like