Stretch mark merupakan garis-garis atau guratan yang muncul di beberapa bagian tubuh tertentu, seperti paha, pinggul, bokong, paha, dan juga dada. Munculnya stretch mark disebabkan oleh peregangan kulit, yang mana biasanya terjadi pada ibu hamil atau orang yang mengalami kenaikan atau penurunan berat badan secara cepat. Walaupun tidak berbahaya, stretch mark bisa mengganggu penampilan. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara menghilangkan stretch mark dengan obat dan juga beberapa prosedur. 

Pilihan obat oles untuk menghilangkan stretch mark

Ada beberapa obat oles yang bisa Moms pilih sebagai cara menghilangkan stretch mark. Obat oles yang dinilai mampu menghilangkan stretch mark ini bisa Moms perileh di supermarket, tempat perawatan kecantikan, atau apotek terdekat, diantaranya: 

  • Krim retinoid
    Yang pertama yaitu dengan mengoleskan krim retinoid. Pemakaian krim retinoid dinilai mampu untuk menghilangkan stretch mark yang baru muncul sehingga kulit pun menjadi mulus kembali. Selain itu, bahan ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen guna membantu kulit agar tidak kusam dan tetap kencang. Tetapi, Moms yang sedang hamil atau menyusui tidak disarankan untuk memakai produk ini karena bisa menyebabkan kecacatan pada bayi. 
  • Krim asam hialuronat (HA)
    Selain krim retinoid, Moms juga bisa menggunakan krim asam hialuronat sebagai cara menghilangkan stretch mark. Kandungan asam hialuronat juga mampu merangsang produksi kolagen pada kulit. Walaupun begitu, belum diketahui secara jelas keamanan penggunaan krim ini pada ibu hamil dan menyusui. 

Beberapa prosedur yang bisa dilakukan

Selain penggunaan obat oles, ada juga beberapa prosedur yang dapat dijadikan pilihan untuk menghilangkan stretch mark. Berikut ini prosedur yang sering direkomendasikan:

  • Microneedling
    Prosedur pertama yang bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan stretch mark yaitu microneedling. Prosedur ini dilakukan menggunakan alat bantu berupa dermaroller. Prosedur ini dilakukan menggunakan jarum yang berukuran sangat kecil guna membuat titik luka yang sangat halus pada permukaan kulit. Ini bertujuan untuk memicu produksi kolagen serta elastin yang dapat memperbaiki tekstur kulit yang sedang terdapat stretch mark. 
  • Mikrodermabrasi
    Prosedur selanjutnya yaitu mikrodermabrasi. Mikrodermabrasi merupakan prosedur yang dilakukan untuk mengeksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati sehingga dapat memicu pertumbuhan lapisan kulit baru yang elastis. Walaupun lebih sering digunakan pada wajah, prosedur ini juga efektif untuk menghilangkan stretch mark, lho. 
  • Terapi laser
    Prosedur yang terakhir yaitu terapi laser. Terapi laser adalah prosedur perawatan kulit yang sangat terkenal, termasuk sebagai cara menghilangkan stretch mark. SInar laser akan merangsang produksi elastin serta kolagen di kulit. Terapi laser sangat efektif untuk meregenerasi sel kulit dan juga memperbaiki struktur kulit Moms. 

Ada banyak produk obat-obatan dan prosedur kecantikan yang menjanjikan hasil maksimal dalam menghilangkan stretch mark. Tetapi, Moms juga harus berhati-hati karena tidak semua terbukti efektif serta aman. Lakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter kulit guna mengetahui cara menghilangkan stretch mark yang sesuai dengan kondisi kulit. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Cupang dengan Mudah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like