Tikus seringkali dilabeli sebagai hewan yang kotor dan jorok. Tikus suka merusak, memakan, dan mengotori seisi rumah. Selain memakan makanan yang tergeletak di meja, tikus sering makan kabel, sabun, pakaian, dan lain-lain.

Oleh karena itu, kehadirannya memang sangat tidak diharapkan. Terlebih apabila tikus-tikus tersebut sudah bersarang di rumah. Hal ini tentu sangat mengganggu sekali. Tidak heran berbagai cara mengusir tikus dilakukan agar menghindari hadirnya hewan pengerat tersebut di dalam rumah.

Ternyata mengusir tikus di rumah juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang mudah Moms dapatkan. Lalu, apa saja bahan alami yang efektif sebagai cara mengusir tikus dirumah? Berikut penjelasannya.

Cara mengusir tikus

Lada bubuk

Cara mengusir tikus menggunakan lada bubuk adalah dengan menaruh lada bubuk di tempat persembunyian tikus atau di tempat yang sering didatangi. Senyawa piperin yang terdapat pada lada sangat menyengat akan membuat tikus merasa terganggu dan pergi.

Cara mengusir tikus dengan irisan bawang

Bawang terbukti efektif untuk menyingkirkan tikus secara alami. Bau bawang dianggap sangat menjijikkan bagi tikus. Aroma dari bumbu dapur yang satu ini tidak disukai tikus. Letakkan irisan bawang di tempat yang sering tikus datangi atau di tempat persembunyiannya, tikus tidak akan betah berlama-lama berada di sana.

Minyak peppermint

Minyak peppermint dapat digunakan untuk mengusir tikus karena tikus tidak tahan dengan bau yang menyengat. Cara mengusir tikus dengan minyak peppermint yaitu mencelupkan beberapa bola kapas dalam minyak peppermint dan menempatkannya di daerah rawan tikus. Moms juga juga bisa menggunakan serai atau minyak jarak.

Baca juga: Ciri Madu Asli dan Palsu yang Wajib Moms Ketahui

Kulit telur

Tidak hanya menggunakan racun tikus, cara mengusir tikus di rumah adalah dengan menggunakan kulit telur. Moms bisa haluskan kulit telur sampai menjadi bubuk. Selanjutnya, taburkan bubuk kulit telur tersebut di tempat yang sering dilewati tikus.

Kulit buah durian

Buah yang satu ini ternyata bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus atau hewan pengerat lainnya. Ggunakan bagian kulitnya untuk cara ini. Moms dapat memotong kulit buah durian kemudian letakkan di tempat-tempat yang sering didatangi oleh tikus curut. Aroma buah durian yang menyengat ampuh sebagai salah satu cara mengusir tikus.

Bubuk atau saus cabai dicampur deterjen dan air

Cara mengusir tikus selanjutnya yaitu dengan menggunakan campuran saus cabai dengan deterjen dan dicampur dengan air. Letakkan campuran tersebut ke dalam botol semprotan. Moms dapat menyemprotkan cairan tersebut ketika tikus muncul. Cairan ini efektif karena tikus akan merasa panas dan kemudian akan lari.

Baking soda

Baking soda merupakan cara mengusir tikus secara alami. Campurkan baking soda ke makanan yang sering menjadi incaran tikus. Memakan makanan yang sudah diberi soda akan mengakibatkan badan tikus menggembung karena mereka tidak bisa mengeluarkan gas yang dihasilkan soda. Tikus tidak akan langsung mati di tempat, namun mereka akan lari ke ruang terbuka sebelum mati karena menahan gas tersebut.

Daun mint

Cara mengusir tikus secara alami dan aman adalah yaitu menggunakan daun mint. Tikus tidak tahan dengan aroma mint yang tajam, maka apabila menciumnya saja, tikus dapat mabuk dan terkulai lemas.

Moms bisa menyiapkan seikat daun mint dan kemudian ambil sarinya ketika dilarutkan dalam air. Setelah larut, semprotkan cairan mint ke area yang sering dilalui tikus.

Buah mengkudu

Moms dapat menghancurkan buah mengkudu kemudian larutkan pada air. Semprotkan larutan tersebut pada area yang sering dilalui oleh tikus atau Moms dapat menyemprotkannya pada lubang tikus. Cara ini cukup efektif membuat tikus kabur dari rumah dan tidak berani datang lagi.

Kantung teh

Untuk mengusir tikus dari dalam rumah ternyata dapat menggunakan kantung teh. Peppermint dalam kantung teh akan bekerja mengusir tikus karena dapat mengakibatkan iritasi pada hidung tikus. Hal ini akan membuat indra pencium tikus tidak akan berfungsi lagi dengan baik.

Caranya cukup mudah, Moms dapat menempatkan beberapa bekas kantung teh di dekat sarang tikus atau area yang sering didatangi tikus dan lihat hasilnya.

Baca Juga: Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami Tanpa Obat Dokter

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like