Cara Meninggikan Badan Secara Alami yang Bisa Dicoba

Cara Meninggikan Badan

Cara meninggikan badan secara alami mungkin akan terdengar menggiurkan untuk orang yang ingin memiliki badan yang tinggi. Karena dengan cara alami, tentunya tidak perlu mengonsumsi berbagai macam obat peninggi badan. 

Namun perlu diingat bahwa metode meninggikan badan secara alami belum tentu efektif bagi orang yang telah melewati masa puber. 

Beberapa cara meninggikan badan secara alami 

Untuk orang-orang yang masih berada dalam masa pubernya, tinggi badan berpotensi masih dapat meningkat dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat saat masa pertumbuhan tentu saja salah satu cara meninggikan badan secara alami. Ada beberapa makanan sehat yang bisa dimasukkan ke dalam asupan sehari-hari, diantaranya:

  • Buah-buahan segar
  • Sayuran segar
  • Protein
  • Produk susu
  • Gandum

Dengan memperbanyak makanan dengan kandungan vitamin D seperti kuning telur, ikan tuna, dan susu, akan sangat baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, kalsium juga memiliki peran penting dalam menguatkan tulang dan gigi. Makanan yang mengandung kalsium diantaranya salmon, ikan sarden, atau brokoli. 

Perlu diingat untuk menghindari makanan yang memiliki terlalu banyak kandungan lemak trans, lemak jenuh, dan gula. 

2. Menjalani pola tidur yang teratur 

Cara meninggikan badan secara alami yang selanjutnya yaitu menjalani pola tidur yang teratur. Pola tidur yang teratur dapat membantu meninggikan badan. Hal ini dikarenakan tidur membuat tubuh memproduksi hormon pertumbuhan manusia yang membuat tinggi tubuh mengalami peningkatan. 

Kurang tidur sebanyak satu atau dua kali tidak akan berpengaruh untuk pertumbuhan, namun apabila dilakukan dalam jangka panjang maka tubuh pun akan kekurangan hormon tersebut. 

3. Rajin berolahraga

Cara meninggikan badan secara alami yang satu ini tentu saja tidak boleh dilewatkan. Karena, dengan rajin berolahraga, otot dan tulang akan menjadi kuat, berat badan terjaga, dan produksi hormon pertumbuhan manusia pun akan meningkat. 

4. Melatih postur tubuh dengan baik

Postur tubuh yang buruk akan membuat tubuh seseorang terlihat lebih pendek, terutama jika memiliki tubuh yang bungkuk. 

Nah, menjaga postur tubuh ketika duduk, berdiri, dan tidur dapat menjadi cara untuk menjaga postur tubuh dengan baik. Selain itu, bisa juga melakukan olahraga yang membuat tubuh menjadi lebih tegap. 

5. Melakukan yoga

Yoga dipercaya sebagai salah satu aktivitas fisik yang dapat menjadi cara meninggikan badan secara alami. Yoga dapat memperkuat otot, serta menyelaraskan dan memperbaiki postur tubuh. 

Olahraga ini dapat dilakukan di gym dan di rumah dengan bantuan pelatih pribadi atau video-video di Youtube. 

Berikut ini beberapa gerakan yoga yang dipercaya mampu memperbaiki postur tubuh serta meninggikan badan, diantaranya:

  • Mountain pose
  • Cobra pose
  • Child’s pose
  • Warrior II pose.

6. Berhati-hati ketika memilih suplemen

Ada banyak suplemen atau obat yang mengklaim dapat membantu meninggikan badan. Tapi ternyata, suplemen tidak selamanya efektif, lho.

Misalnya, apabila Moms mengalami penurunan HGH atau hormon pertumbuhan manusia, dokter akan merekomendasikan suplemen yang mengandung HGH sintesis. 

Sedangkan, jika Moms ingin menjaga tinggi serta postur badan, Moms dapat mengonsumsi suplemen penurun resiko osteoporosis. 

Tetapi, Moms disarankan untuk menghindari suplemen yang mengklaim dapat menjadi cara meninggikan badan. Karena, ketika dewasa, tulang rawan lempeng epifisis Moms sudah menutup, sehingga tinggi badan pun sudah tidak bisa meningkat. 

Baca juga: 7 Cara Mengecilkan Paha yang Wajib Moms Coba

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x