Bagi Moms, khususnya yang sedang merencanakan kehamilan, cara menjaga kesehatan reproduksi wanita sangatlah penting untuk dilakukan. Karena, apabila terjadi gangguan dengan sistem reproduksi, hal ini dapat berakibat fatal. Moms dapat memulai dengan melakukan beberapa kebiasaan. Kira-kira apa saja yang dapat dilakukan agar kesehatan reproduksi tetap terjaga? Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

Baca juga: Ketahui Apa Itu Biseksual dan Beberapa Faktanya

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita?

Organ reproduksi wanita berperan penting dalam menstruasi, hubungan seksual, kehamilan, serta proses persalinan. Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk mengetahui bagaimana menjaga kesehatan reproduksi wanita. Berikut ini hal-hal yang bisa bisa dilakukan:

1. Menjaga Kebersihan 

Yang pertama perlu dilakukan yaitu menjaga kebersihan organ reproduksi. Caranya dengan selalu membersihkan vagina dengan air mulai dari depan lalu ke belakang. Karena, jika cara membersihkan vagina tidak tepat, hal tersebut dapat menyebabkan kuman masuk dan menyebabkan terjadinya infeksi. 

2. Mengonsumsi Makanan Sehat 

Cara menjaga kesehatan reproduksi wanita yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Sebaiknya, konsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin, protein, mineral, serat, antioksidan, serta lemak sehat. 

3. Menjaga Berat Badan

Moms disarankan untuk tetap menjaga berat badan agar tetap ideal karena berat badan yang terlalu rendah atau berlebihan justru akan mengganggu produksi hormon yang mengatur kesuburan. 

4. Menghindari Kebiasaan  Merokok

Menghindari kebiasaan merokok juga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan reproduksi wanita. Karena, zat-zat yang ada di dalam rokok dapat mengurangi kualitas serta jumlah sel telur yang ada. Bukan hanya itu, kebiasaan merokok juga dapat mengganggu kesehatan rahim, lho. Jadi bagi Moms yang memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya hindari ya. 

5. Hindari Konsumsi Minuman Alkohol 

Kebiasaan lain yang harus dihindari yaitu konsumsi minuman alkohol. Kebiasaan ini dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi karena kandungan yang ada di dalamnya dapat memicu resiko terjadinya gangguan ovulasi. 

6. Menghindari Seks Berisiko 

Hal selanjutnya yang harus dihindari sebagai cara menjaga kesehatan reproduksi wanita yaitu dengan menghindari seks beresiko. Hindari kebiasaan menggonta-ganti pasangan serta melakukan hubungan intim tanpa pengaman. Bukan hanya dapat menyebabkan gangguan sistem reproduksi, kebiasaan ini juga dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit menular seksual. 

7. Mengelola Stres dan Istirahat yang Cukup 

Yang terakhir, agar dapat menjaga kesehatan reproduksi, Moms disarankan untuk mengelola stress dengan baik serta mendapatkan istirahat yang cukup setidaknya selama 7-9 jam per malam. 

Baca juga: Mencegah Menopause Dini Sebelum Terlambat dengan Beberapa Cara Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like