Mempunyai tubuh ideal adalah impian dari semua wanita. Banyak cara menurunkan berat badan yang dapat Moms lakukan demi mendapatkan tubuh yang ideal, salah satunya yaitu dengan melakukan diet. 

Namun, ada beberapa hal yang harus Moms perhatikan agar tidak melakukan diet secara sembarangan yang bisa membahayakan kesehatan. Berikut ini 7 cara yang bisa Moms lakukan. 

Bagaimana cara menurunkan berat badan yang aman dan alami?

1. Mengonsumsi makanan berserat 

Serat adalah salah satu nutrisi yang dapat menurunkan berat badan Moms serta menjaga agar berat badan tidak cepat naik. Moms dapat memperoleh serat dari beberapa makanan seperti buah, sayur, serta kacang-kacangan. 

Moms perlu mengonsumsi makanan berserat sebagai salah satu cara menurunkan berat badan karena makanan yang kaya akan serat akan memudahkan buang air besar sehingga sangat membantu proses penurunan berat badan. 

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat serta Mudah

2. Memperbanyak konsumsi sayur

Mengonsumsi sayur tentunya menjadi salah satu cara menurunkan berat badan. Konsumsilah makanan yang didominasi oleh sayur seperti salad sebelum Moms mengonsumsi makanan besar agar dapat membuat Moms lebih cepat kenyang serta membantu Moms makan dengan porsi yang kecil. 

3. Mengurangi karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan merupakan jenis karbohidrat yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga nutrisi dan serat di dalamnya hilang. Roti tawar, tepung, dan pasta merupakan jenis-jenis karbohidrat olahan. 

Untuk menggantinya, Moms bisa mengonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks seperti wortel, kentang, quinoa, ataupun gandum. Makanan tersebut mengandung lebih banyak nutrisi dan akan membuat Moms lebih lama merasa kenyang. 

Baca juga: Ingin Berat Badan Turun? Konsumsi Beberapa Makanan Ini Untuk Mewujudkannya

4. Banyak mengonsumsi air

Banyak mengonsumsi air juga termasuk salah satu cara menurunkan berat badan. Minum air putih sebelum makan akan membuat Moms lebih cepat merasa kenyang serta mengonsumsi lebih sedikit kalori. Selain itu, dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi setiap harinya sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

5. Mengurangi makanan dan minuman manis

Biasanya, makanan dan minuman manis mengandung gula tambahan. Makanan dan minuman tersebut juga biasanya tidak memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan. 

Perlu Moms ingat juga bahwa makanan organik serta minuman seperti jus buah juga memiliki kandungan gula yang cukup banyak di dalamnya. Maka dari itu, biasakan untuk membaca kandungan nutrisi sebelum mengonsumsi makanan. 

6. Sarapan dengan protein yang tinggi

Apabila Moms sering mengonsumsi roti atau sereal untuk sarapan, cobalah menggantinya dengan makanan yang berprotein tinggi seperti susu dan telur sebagai cara menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi protein saat sarapan, akan membantu Moms dalam menghindari keinginan memakan cemilan secara berlebihan. 

7. Berolahraga ringan dengan rutin

Melakukan diet sehat saja tidak cukup. Nah, agar proses menurunkan berat badan menjadi lebih optimal, Moms disarankan untuk berolahraga secara rutin. Moms bisa memulai dengan aktivitas ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari. 

Baca juga: 7 Cara Mengecilkan Paha yang Wajib Moms Coba

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like