Manusia tidak akan pernah lepas dari berbagai masalah selama hidup. Karena, kualitas seseorang akan terlihat dari cara mereka menyelesaikan masalah. Entah seseorang bisa menghadapi dan mengatasi masalah tersebut secara baik atau malah akan tenggelam dengan masalahnya sendiri.  

Besar kecilnya suatu masalah tidak lepas dari kondisi pikiran Moms. Terkadang, tanpa Moms sadari, masalah yang sebenarnya kecil akan berubah menjadi masalah besar karena pikiran Moms yang membuatnya menjadi seperti itu. Maka dari itu, ketika sedang menghadapi sebuah masalah, sangat penting bagi Moms untuk tidak ikut tenggelam ke dalam masalah tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu Moms dalam menghadapi masalah di kehidupan sehari-hari. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak baik-baik penjelasan berikut ini! 

Hal yang Perlu Dihindari Saat Sedang Mengatasi Masalah 

Ketika Moms sedang menghadapi suatu masalah, hal-hal tersebut pasti akan membuat Moms merasa kesal hingga marah. Berikut ini hal-hal yang harus Moms hindari saat sedang marah karena suatu masalah:

1. Tidur

Marah-marah akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lelah. Itulah mengapa orang-orang akan memilih untuk tidur. Tapi ternyata, Moms harus menghindari tidur saat sedang marah, lho. Karena hal ini hanya akan memperkuat emosi negatif yang sedang dirasakan. Tidur saat marah juga akan membuat Moms insomnia atau terbangun di malam hari. Sebagai akibatnya, Moms akan terbangun keesokan paginya dengan merasa ngantuk dan juga lelah.

2. Menggunakan media sosial

Di era modern ini, orang-orang tidak hanya sekedar membagikan foto dan video ke media sosial mereka tetapi juga perasaan. Sebenarnya hal tersebut boleh-boleh saja dilakukan, tetapi jika Moms sedang marah sebaiknya hindari menggunakan media sosial agar tidak meluapkan kemarahan di sana. Bukan hanya bisa merusak “image”, meluapkan kemarahan di media sosial mampu menyinggung perasaan orang lain. 

3. Mengirim pesan singkat 

Ketika sedang marah dengan seseorang, pasti ada keinginan untuk mengungkapkannya walaupun hanya melalui pesan singkat. Tetapi sebaiknya hindari mengirim pesan singkat saat Moms masih merasa marah. Karena hal ini dapat menimbulkan salah paham dan tidak akan menyelesaikan masalah yang ada. 

4. Berkata kasar

Semua orang yang sedang marah pasti berpikiran tidak jernih. Maka dari itu, tidak mengherankan apabila seseorang mengatakan kata-kata kasar agar dapat melampiaskan kemarahannya. Namun sebaiknya jangan melakukan hal ini ya, Moms. Karena hal ini dapat memperburuk situasi dan merusak hubungan dengan orang lain. Hindari kata-kata makian, menghina, menyalahkan, membandingkan dengan orang lain, dan juga pisah atau cerai. Dengan menahan emosi, Moms tidak akan melakukan hal-hal ceroboh kedepannya saat sedang marah dengan orang lain.

5. Membuat keputusan

Saat Moms sedang dihadapi masalah dan merasa marah, sebaiknya hindari untuk membuat keputusan. Hal ini dikarenakan saat seseorang sedang marah, mereka akan cenderung kurang objektif dalam membuat keputusan dan hasilnya pun tidak akan maksimal. Oleh karena itu, menenangkan diri adalah jalan pertama yang perlu dilakukan sebelum Moms membuat keputusan. 

6. Mengendarai kendaraan

Jangan mengendarai kendaraan saat Moms sedang marah karena akan membahayakan diri sendiri dan juga orang lain. Saat marah, konsentrasi Moms tidak akan optimal sedangkan saat berkendara dibutuhkan konsentrasi serta pikiran tenang. Ketika seseorang yang sedang marah pergi mengemudi, ia cenderung bersikap ceroboh dan agresif sehingga meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan. Hindari mengemudi sendiri atau tunggu hingga Moms merasa tenang. 

7. Beralih melakukan hal buruk

Orang yang sedang marah mungkin saja akan beralih ke hal yang buruk, seperti merokok, narkoba, dan alkohol. Namun tindakan ini bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan. Karena selain mengganggu kesehatan, Moms akan “terjebak” di dalam kebiasaan tersebut. Untuk menghindarinya, sebaiknya lakukan hal-hal lain seperti berolahraga, jalan-jalan, belanja, menonton film, atau hal lainnya yang dapat membuat Moms terhibur. 

Baca juga: Berdamai dengan Diri Sendiri, Ini Caranya!

Berikut Ini Cara Menyelesaikan Masalah 

Menemukan akar permasalahan adalah salah satu cara untuk menyelesaikan masalah

Ketika sedang dihadapi suatu masalah, Moms perlu berpikiran jernih agar tahu bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut. Yuk, simak 7 cara berikut ini yang dapat Moms lakukan saat sedang dihadapi dengan masalah. 

 1. Berserah diri

Moms tidak akan dapat mengatasi suatu masalah jika kondisi hati dan pikiran tidak tenang. Maka dari itu, tenangkan diri terlebih dahulu karena ketenangan mampu membuka pikiran menjadi lebih positif dalam menghadapi suatu masalah. 

Salah satu cara yang bisa Moms lakukan untuk mendapatkan ketenangan yaitu dengan berserah diri kepada Tuhan. Berserah diri bukan berarti Moms tidak melakukan apa-apa, melainkan sebuah usaha untuk dapat menemukan solusi. 

2. Menemukan akar permasalahan

Cara menyelesaikan masalah yang selanjutnya yaitu dengan menemukan akar permasalahan yang sedang Moms hadapi. Pahami dengan jelas masalah yang sedang menimpa Moms agar mempunyai arah yang jelas untuk menemukan solusi nantinya. Cari tahu lebih dalam bagaimana masalah tersebut bisa muncul. Bisa saja masalah tersebut muncul dari hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. 

3. Jangan membesar-besarkan masalah 

Dengan tidak membesar-besarkan masalah dapat menjadi salah satu cara menyelesaikan masalah, lho. Seseorang yang sering membesar-besarkan masalah akan menderita karena pikirannya sendiri. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap mengontrol pikiran Moms agar masalah yang dihadapi tidak menjadi lebih buruk. 

Meskipun begitu, bukan berarti Moms jadi mengecilkan masalah, ya. Cukup berikan porsi yang sesuai pada masalah yang sedang dihadapi. Jangan terlalu berlebihan dan jangan juga dikurangi agar Moms dapat mencari cara untuk mengatasinya. 

Baca juga: Agar Tidak Overthinking, Yuk Terapkan Tips-tips Berikut Ini!

4. Melihat dari sudut pandang lain

Saat dihadapi suatu masalah, Moms bisa saja hanya terpaku pada pandangan serta cara berpikir sendiri. Cara menyelesaikan masalah yang dapat Moms coba yaitu lihatlah masalah tersebut dari sudut pandang yang lain. Cara tersebut akan membuka pikiran dan membuat Moms tersadar bahwa masalah tersebut tidak seberat yang dipikirkan. 

5. Berpikir positif

Moms tidak akan mampu menemukan cara menyelesaikan masalah jika pikiran masih dipenuhi dengan hal-hal negatif. Maka dari itu, usahakan untuk berpikir positif saat sedang ditimpa suatu masalah. Karena berpikir positif dapat menjadi salah satu jalan yang perlu dilalui apabila Moms ingin mengatasi suatu masalah. 

Dengan berpikir positif, Moms pun dapat mengurangi beban yang disebabkan oleh masalah tersebut. Ketika beban terasa lebih ringan, pikiran akan menjadi lebih jernih sehingga Moms dapat mencari solusi untuk masalah tersebut. 

6. Berdoa 

Berdoa adalah salah satu cara menyelesaikan masalah. Berdoalah dengan keyakinan penuh walaupun tidak tahu kapan doa kita akan dikabulkan. Berdoalah agar Moms diberikan petunjuk untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. 

7. Introspeksi diri

Cara menyelesaikan masalah yang terakhir yaitu dengan mengintrospeksi diri. Lihat masalah lebih dalam untuk mengetahui apakah masalah tersebut terjadi karena kesalahan diri sendiri atau bukan. Hal ini tidak boleh dilewatkan saat Moms sedang dihadapi dengan suatu masalah. 

Melakukan introspeksi diri juga dapat menjauhkan Moms dari kemungkinan menyalah orang lain atas masalah yang ada. Hal ini lebih baik dilakukan ketimbang melempar kesalahan pada orang lain. 

Itulah beberapa cara yang dapat Moms lakukan saat sedang dihadapi dengan masalah. Semoga membantu!

Baca juga: Menghadapi Suami Kasar di Dalam Pertengkaran

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Nisaji

terimakasih tipsnya sekaligus informasinya, karena sangat bermanfaat dan membantu banget. Sekarang ini lagi banyak banget masalah yang datang. Semakin dewasa semakin banyak masalah yang harus dihadapi.

Oke saya akan mencoba semua cara-caranya,semoga saya bisa menyelesaikan masalahnya dengan baik.

Sekali lagi terimakasih atas tipsnya 🙏💙

Aprilia restiyanI

Menyelesaikan masalah diri sendiri adalah hal yang sangat penting untuk diri kita,berserah diri jika terlalu berat ceritakan dengan orang terdekat dengan orang tua atau suami.pasrah dan berserah diri kepada tuhan (allah swt) teruslah berdoa dan tetap tegar.terimaksih momslyfe.indonesia sudah menulis banyak artikel tentang kehidupan dari masalah kesehatan sampai rumah tangga…

sieely

trimakasih banyak untuk artikelnya. sangat berguna sekali bagi saya karna sedang mengalami banyak masalah mulai dari ekonomi sampai keluarga, suka pusing sendiri bingung harus gimana, overthinking dg semuanya juga sampe stress tiap hari.. terimakasih banyak moms sdh membantu

You May Also Like