Tidak hanya membuat suasana jadi makin segar, tanaman indoor juga sering dimanfaatkan untuk menambah warna pada interior rumah. Salah satu tanaman indoor yang tengah populer ialah Monstera deliciosa. Daunnya yang lebar dan berlubang menjadi daya tarik tersendiri bagi penghuni rumah dan tamu yang berkunjung. Akan tetapi, butuh upaya supaya daun monstera benar-benar bisa tumbuh segar dan cantik. Lalu, bagaimana cara merawat tanaman monstera? Simak penjelasan berikut.

Cara Merawat Monstera

Letakkan pada tempat yang memiliki cahaya cukup

Pada dasarnya, monstera tidak terlalu menyukai sinar matahari langsung, namun tanaman ini tetap memerlukan pencahayaan yang cukup agar bayangannya bisa bagus. Oleh karena itu, cara merawat yang pertama yaitu dengan meletakan monstera di samping jendela atau sudut dalam rumah yang memiliki cahaya cukup terang.

Perhatikan kadar air saat proses penyiraman

Sebaiknya, Moms lakukan penyiraman secara rutin namun tidak terlalu sering, seminggu sekali misalnya. Pastikan juga banyak air yang disiram tidak menggenang di bawah pot karena dapat membuat akarnya jadi busuk. Monstera akan menyerap air setelah disiram pada waktu sore hari. Oleh karena itu, cara merawat monstera dengan menyiramnya pada sore hari.

Pastikan struktur penyangga monstera cukup kuat

Sebenarnya Moms dapat menggunakan pot, akan tetapi, jika ingin lebih kuat, Moms dapat membuat ruang di pinggir tembok agar dapat ditanami monstera. Apabila Moms ingin menggunakan daun monstera untuk menghias ruangan, sebaiknya tunggu hingga ia menggugurkan daunnya  sendiri. Hal ini karena, apabila Moms salah dalam memotongnya, daun lainnya dapat layu.

Berikan nutrisi dari pupuk yang cukup

Cara merawat tanaman monstera selanjutnya yaitu dengan memberikan nutrisi dari pupuk yang cukup. Jika sebelumnya Moms sudah mencampurkan tanah dan kompos, pemberian pupuk hanya perlu dilakukan sebanyak lima kali saja dalam setahun. Tidak harus pupuk tertentu, gunakan saja yang dijual di pasaran. Sebaiknya ikuti petunjuk penggunaan pupuk sesuai yang ada di dalam kemasan.

Gantilah pot secara berkala

Cara merawat monstera berikutnya yaitu dengan mengganti pot secara berkala. Apabila akar sudah mulai melingkari dalam pot, sebaiknya Moms segera ganti potnya. Gunakan pot baru yang mempunyai lebar lima hingga 50 sentimeter dari pot sebelumnya. Ketika dipindahkan, usahakan Moms menggunakan tanah berkualitas tinggi, atau Moms dapat menggunakan campuran tanah kompos dan pasir.

Bersihkan daunnya ketika mulai tumbuh besar

Gunakan waktu setidaknya dua minggu sekali untuk membersihkan daun. Hal ini karena daun monstera yang besar umumnya akan dipenuhi debu. 

Sebenarnya cara merawat monstera ini tidak sulit. Apabila cara-cara di atas sudah Moms lakukan maka Moms juga akan mendapatkan monstera dengan daun yang cantik dan lebar seperti yang Moms inginkan. Pastikan pula tidak ada gulma yang mengganggu monstera Moms agar tidak cepat layu dan kuning daunnya.

Nah, itulah beberapa tips merawat monstera. Apakah Moms tertarik untuk mempunyai tanaman monstera di rumah? Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Membuat Tie Dye Shirt dengan Mudah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like