Terkadang tanaman yang sudah Moms urus dengan baik malah menjadi layu dan kemudian mati. Hal ini tentunya membuat tanaman yang tadinya membuat hunian menjadi cantik justru menjadi merusak keindahan rumah. Lalu bagaimana cara merawat tanaman agar tidak cepat layu? Berikut penjelasannya.

Cara Merawat Tanaman dengan Benar

Menyiram dengan Metode yang Tepat

Pasalnya semua tanaman membutuhkan air untuk bisa tumbuh dengan baik. Sebaiknya Moms mengetahui kebutuhan air yang diperlukan oleh jenis tanaman milik Moms. Metode penyiraman yang tepat antara lain:

  • Siram di pagi atau malam hari, agar tanaman mempunyai suplai air yang cukup untuk menghindari terik matahari pada siang hari.
  • Siram tanaman secara merata supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik.
  • Siram tanaman secukupnya, hindari menyiram daun terlalu basah sebab dapat mengundang penyakit tanaman.
  • Hindari genangan air karena dapat menutup jalur oksigen dan membuat tanaman menjadi lebih cepat rusak.

Berikan Sinar Matahari Secukupnya

Memberikan sinar matahari secukupnya merupakan salah satu cara merawat tanaman. Ketahui kebutuhan sinar matahari yang ideal pada jenis tanaman yang Moms punya. Kebun sayur dan buah-buahan umumnya membutuhkan sekitar 6 jam sinar matahari secara langsung. Tanaman hias umumnya membutuhkan sekitar 3-4 jam sinar matahari langsung setiap harinya.

Berbeda lagi dengan sukulen, kaktus, atau pakis yang memerlukan paparan sinar matahari sebanyak 2 jam per hari.

Kontrol Suhu dan Kelembapan dengan Benar

Hindari memilih tanaman yang tidak cocok dengan suhu rata-rata di daerah rumah. Misalnya, jangan memilih tanaman dingin apabila Moms tinggal di daerah tropis.

Untuk kelembapan tanaman, Moms dapat mengakali hal tersebut dengan alat bantu seperti humidifier atau memberikan sumber air di sekeliling tanaman.

Antisipasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman

Berikut beberapa strategi yang efektif agar tanaman tidak mudah terserang penyakit, antara lain:

  • Menjaga kualitas tanah dan memberi nutrisi, seperti kotoran hewan atau kompos alami dengan rutin pada tanaman
  • Merotasi tanaman secara rutin
  • Mengoptimalkan lokasi dan kondisi tanaman
  • Memangkas rumput liar di sekitar tanaman

Potong Tanaman yang Kering dan Mati

Cara merawat tanaman selanjutnya yaitu dengan memotong tanaman yang mati. Moms dapat segera potong tanaman yang kering dan mati agar tidak menyebar ke bagian tanaman yang masih hidup. Hal ini karena penyakit dapat menyebar dengan cepat melalui bagian tanaman yang mati. Apabila segera dipotong, tanaman yang masih bertahan dapat tumbuh dengan subur.

Hindari Penggunaan Pupuk Kimia

Utamakan bahan perawatan yang baik, seperti pupuk alami atau perawatan organik. Banyak ahli kebun menyarankan untuk menggunakan sisa kotoran hewan, pupuk kompos, campuran nutrisi makro, dan pupuk daur ulang. Semakin murni kandungan pupuk, semakin subur pula hasil kebun Moms.

Pemberian Nutrisi yang Vital Bagi Tanaman

Terdapat 6 nutrisi penting yang harus Moms perhatikan saat merawat tanaman, antara lain:

  • nitrogen
  • fosfor
  • potasium
  • magnesium
  • sulfur
  • kalsium

Nutrisi tersebut bisa Moms temukan dengan mudah di tanah. Oleh karena itu Moms harus mengganti tanah secara berkala agar tumbuhan dapat berkembang sehat dan tidak layu.

Menjaga Kebersihan di Sekeliling Tanaman

Jaga kebersihan di sekitar taman, pot, dan tanaman merupakan cara merawat tanaman selanjutnya. Hindari tumpukan sampah terutama plastik, kaleng, dan bahan-bahan yang tidak dapat terurai dengan baik.

Moms juga dapat membersihkan patahan dahan, pangkas bagian yang tumbuh tidak teratur, dan buang sisa-sisa kotoran dan debu yang tidak seharusnya berada di sekitar tanaman.

Jauhkan dari Sumber Sirkulasi Udara

Cara merawat tanaman yang terakhir adalah dengan menjauhkan dari sumber sirkulasi udara. Apabila Moms menyimpan tanaman di dalam rumah, hindari menempatkan tanaman di sumber sirkulasi udara. Aliran udara yang konstan, seperti dari pendingin ruangan, dapat membuat daun tanaman menjadi cepat kering. Moms dapat meletakan humidifier dan jauhkan tanaman dari sumber-sumber sirkulasi udara tersebut.

Itulah beberapa cara merawat tanaman dengan benar agar tidak mudah layu. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Baca Juga: Ketahui Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua Berikut Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like