Bagi Moms yang sulit tidur atau mengalami insomnia, ada banyak cara untuk cepat tidur yang bisa dilakukan. Selain mengonsumsi obat dari dokter, ada juga cara alami yang bisa dilakukan guna mengatasi kesulitan tidur.  

Sulit untuk tidur berarti sulit untuk memulai tidur, sering terbangun saat tengah malam, atau bangun terlalu pagi dan tidak dapat melanjutkan tidur lagi. Kesulitan tidur akan membuat Moms tidak memiliki tenaga serta tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, penting untuk memiliki tidur yang cukup dan berkualitas demi menjaga kesehatan tubuh. 

Beberapa cara untuk cepat tidur di malam hari 

Sulit untuk tidur atau insomnia adalah gangguan kesehatan yang perlu ditangani dengan penanganan yang tepat, karena jika dibiarkan waktu tidur ideal menjadi tidak tercukupi dan akan mempengaruhi kesehatan Moms. Nah, di bawah ini beberapa cara untuk cepat tidur yang bisa dilakukan: 

1. Tidur pada jam yang sama setiap malam

Moms harus melakukan disiplin waktu tidur. Caranya yaitu dengan tidur dan bangun pada jam yang sama setiap malam. Dengan begini, tubuh Moms akan terbiasa untuk tidur dan bangun di jam yang sama. 

2. Matikan alat-alat elektronik

Cara untuk cepat tidur yang selanjutnya yaitu dengan mematikan peralatan elektronik, seperti tablet dan handphone, 1,5 jam sebelum waktu tidur. Apabila Moms terbangun di tengah malam, sebaiknya jangan menyalakan ponsel, karena cahaya dari ponsel dapat menurunkan produksi hormon melatonin sehingga tidur pun terganggu. 

3. Hindari konsumsi makanan atau minuman tinggi lemak sebelum tidur

Selanjutnya, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi lemak dekat dengan waktu tidur. Hal ini akan membuat tubuh menjadi bekerja lebih keras untuk memecah lemak, sehingga Moms menjadi lebih susah tidur. 

4. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat sebelum tidur di malam hari ternyata juga salah satu cara untuk cepat tidur di malam hari. Dengan mandi air hangat tubuh akan menjadi lebih rileks sehingga membantu Moms untuk tidur lebih cepat dan nyenyak. 

5. Mengonsumsi makanan berkarbohidrat

Mengonsumsi makanan yang berkarbohidrat dalam jumlah cukup beberapa jam sebelum tidur dipercaya dapat membuat Moms tertidur lebih cepat. Hal ini dikarenakan karbohidrat dapat meningkatkan kadar hormon tryptophan yang akan membuat Moms mudah untuk mengantuk. Tetapi, hal ini perlu diteliti lebih lanjut lagi. 

6. Lakukan latihan pernapasan

Cara untuk cepat tidur yang terakhir yaitu dengan melakukan latihan pernapasan. Caranya dengan menarik napas lewat hidung selama empat hitungan, menahan napas selama tujuh hitungan, lalu buang napas secara perlahan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi langkah ini sebanyak empat kali. 

Apabila dilakukan secara rutin, latihan ini dipercaya dapat membuat Moms menjadi rileks dan lebih mudah untuk tidur. 

Selain 6 cara di atas, ada terapi pengobatan tertentu seperti terapi gelombang otak yang diyakini juga mampu membantu Moms dalam mengatasi gangguan tidur. 

Jika Moms sudah mencoba beberapa cara untuk cepat tidur di atas dan masih merasakan keluhan susah tidur, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan penanganan tepat. 

Baca juga: Pola Tidur Kacau? Begini Cara Memperbaiki Pola Tidur Secara Efektif

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like