Mengeluh merupakan hal yang wajar. Pasalnya manusia memang diciptakan Tuhan sebagai makhluk yang senang berkeluh kesah. Namun, mengeluh bukan sesuatu yang positif. Mengeluh bukan sebuah solusi dari permasalahan yang dihadapi. Justru dapat membuat masalah semakin rumit dan berat. Lalu, bagaimana kita bisa belajar untuk tidak mudah mengeluh? Simak beberapa tips berikut ini.

Belajar Agar Tidak Mudah Mengeluh

  • Bersyukur

Cara pertama untuk belajar tidak mudah mengeluh yaitu bersyukur. Mengeluh artinya tidak dapat mensyukuri apa yang ada. Dengan bersyukur maka kesusahan Moms akan hilang. Masalah yang sedemikian suit pun nantinya akan terasa ringan karena bersyukur.

Moms harus bisa fokus pada solusi, bukan masalah. Salah satu cara untuk menemukan solusi yaitu melalui bersyukur. Karena dengan bersyukur maka Moms telah menemukan kunci untuk memperoleh kebahagiaan.

Hidup merupakan semata-mata untuk mencari kebahagiaan. Dan kebahagiaan tidak selalu karena mempunyai banyak harta. Kebahagiaan hanya dapat diraih dengan lebih banyak bersyukur.

Moms dapat memulai banyak bersyukur. Moms juga harus menyadari bahwa nikmat Tuhan begitu besar hingga tidak ada yang dapat melukiskanya. Ubahlah keluhan menjadi sesuatu yang bahagia dengan selalu bersyukur.

  • Positive Thinking

Terbiasa untuk selalu mengeluh, sama dengan membiarkan diri digentayangi pikiran negatif. Semakin dalam Moms masuk ke dalam keluhan Moms, semakin negatif pula pikiran yang ada di kepala.

Banyak mengeluh hanya akan membuat Moms rugi. Tidak ada keuntungan yang dapat Moms ambil dari kebiasaan mengeluh.

Melepaskan diri dari pikiran negatif bukanlah pekerjaan mudah tentunya. Terlebih apabila Moms sudah terlalu nyaman dengan kondisi yang sering dikeluhkan.

Akan tetapi mau tidak mau, hal ini harus diubah apabila Moms tidak ingin terus terperangkap dalam keburukan mengeluh.

Cara untuk tidak mudah mengeluh, jaga pikiran Moms untuk tetap positif. Positive thinking akan menumbuhkan rasa optimis.

Dengan pikiran yang selalu positif Moms akan jadi lebih bersemangat menjalani hidup. Bisa kembali melakukan banyak hal penting yang mungkin terlupakan saat Moms banyak dipenuhi pikiran negatif akibat mengeluh.

  • Stop Mengeluh Selama 3 Hari

Belajarlah untuk tidak mudah mengeluh minimal dalam 3 hari berturut-turut. Meski cara ini terlihat mudah, namun akan sangat sulit dilakukan. Terutama saat akan memulainya.

Apabila Moms mampu melakukan dengan baik, tingkatkan menjadi 5 hari berturut-turut. Selanjutnya tambahkan terus jumlah hari tidak mengeluarkan keluhan setiap Moms berhasil melewati satu tahap.

Moms dapat merasakan perbedaan yang ada di dalam pikiran dan hati saat mampu menjalankan cara ini dengan baik dan konsisten. Hal ini merupakan proses latihan agar Moms tidak selalu memandang negatif setiap masalah yang tengah dihadapi.

  • Berhenti untuk Melihat ke Atas

Saat Moms mulai mengeluh atas kekurangan atau keburukan yang menimpa, cobalah untuk melihat sekeliling Moms. Terutama mereka yang memiliki kondisi berada di bawah Moms.

Orang yang lebih sukses akan selalu ada dan orang lain yang jauh lebih terpuruk daripada Moms juga ada. Pada saat Moms merasa hanya bisa makan sekali sehari, maka segera ke sekeliling. Banyak sekali orang yang baru bisa makan setelah bekerja keras hingga 3 hari.

Terdapat pula orang yang untuk bisa makan sekali sehari harus bekerja dari fajar hingga malam. Itu juga hanya cukup untuk membeli nasi bungkus dengan lauk tempe dan sayur saja.

Berhenti untuk selalu melihat kelebihan orang lain. Karena itu hanya akan memperburuk keluhan Moms. Terlalu sering melihat keburukan orang lain justru akan lupa dengan keburukan diri sendiri.

  • Tidak Ada yang Sempurna

Manusia merupakan makhluk Tuhan yang paling sempurna. Namun bukan berarti semua yang kita lakukan harus selalu sempurna.

Sepanjang menjalani hidup terdapat banyak hal yang tidak dapat kita ubah atau kendalikan. Sama halnya ketidakmampuan manusia dalam mengubah cuaca.

Oleh sebab itu jangan selalu berpikir untuk selalu sempurna dalam segala hal. Berpikir untuk selalu sempurna hanya akan memancing munculnya keluhan saat hasil akhir tidak sesuai yang Moms harapan.

Kesalahan dan kekurangan merupakan hal yang wajar. Memaksakan kesempurnaan hanya akan membuat pikiran Moms semakin berat. Apabila hal ini terus dibiarkan, bukan mustahil Moms akan mengalami depresi.

  • Perluas Pergaulan

Cara terakhir agar tidak mengeluh yaitu dengan memperluas pergaulan.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa perilaku manusia dipengaruhi oleh orang-orang di sekitarnya. Sama halnya juga perilaku atau kebiasaan mengeluh.

Apabila lingkungan pergaulan Moms terdapat orang yang suka mengeluh, sebaiknya mulai membatasi diri. Setidaknya sampai Moms dapat lebih kuat untuk tidak mudah mengeluh lagi.

Perbanyak menjalin hubungan dengan mereka yang senang menolong orang lain. Seperti relawan yang mengajar anak-anak di wilayah kumuh.

Relawan merupakan contoh orang-orang yang tidak pernah mengeluh terhadap keadaan, sebab mereka sadar masih banyak orang lain yang memerlukan bantuan.

Tidak ada satupun sisi positif yang bisa Moms dapat dari sebuah kebiasaan mengeluh. Moms akan terpuruk dalam kondisi kejiwaan yang buruk. Oleh karena itu, Moms dapat mencoba cara diatas untuk tidak mudah mengeluh. Semoga berhasil ya!

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Mental dengan Sederhana

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like