Psikopat merupakan gangguan yang akan membuat seseorang menjadi tidak mempunyai hati nurani dan empati. Orang psikopat biasanya mudah berubah, sering berbuat kriminal dan manipulatif. Selain itu, orang psikopat yang biasanya dideskripsikan jahat ini ternyata tidak selalu benar, lho. Orang yang menderita gangguan ini sering terlihat normal dan baik, namun terdapat ciri-ciri khusus. Nah, berikut ini ciri-ciri orang psikopat yang bisa Moms ketahui.

Ciri-ciri orang psikopat yang sering terlihat

Moms harus mengetahui ciri-ciri di bawah ini agar dapat mengenali orang yang psikopat, diantaranya:

1. Tampil menarik

Salah satu ciri-ciri orang psikopat yang paling terlihat yaitu ia mampu menutupi siapa jati diri aslinya dan tampil dengan semenarik mungkin. Tampil menarik ini maksudnya orang tersebut terlihat menyenangkan dan baik.

Selain itu, orang yang memiliki gangguan ini dapat menunjukkan sisi simpatik, humoris, serta mampu membuat orang lain tertarik dengan ceritanya. Meskipun begitu, cerita yang ia ucapkan belum tentu sepenuhnya benar.

2. Sangat temperamental

Ciri-ciri orang psikopat yang bisa Moms amati yaitu sangat temperamental. Orang yang mempunyai gangguan ini biasanya memiliki tingkat kemarahan yang berlebihan sehingga dapat melakukan apa saja tidak peduli siapa yang sedang ada di hadapannya dan apa yang ia lakukan. Seorang psikopat cenderung melakukan kekerasan mental maupun fisik pada kehidupan rumah tangganya.

Sedangkan pada hubungan dengan orang di sekitar, ia akan sering marah secara berlebih dan akan terus menerus mengajak orang lain berdebat. Emosi tersebut sering muncul apabila ada seseorang yang mengganggunya dalam mencapai tujuan. Selain dari itu, ia akan terlihat sempurna.

3. Kurang mampu menunjukan emosi

Kurang mampu menunjukkan emosinya merupakan salah satu ciri-ciri orang psikopat. Di beberapa situasi tertentu seperti kondisi yang  menyakitkan atau menakutkan, ia tidak akan berempati dengan orang lain atau sama sekali tidak menunjukkan respon.

Saat orang yang normal akan menunjukkan reaksi ketakutan serta berkeringat dingin, orang yang mempunyai gangguan ini justru bereaksi sebaliknya. Ia akan merasa tenang dan tubuhnya tidak akan menunjukkan respon. 

Baca juga: Ciri-ciri Ekspresi Wajah Ketika Seseorang Berbohong

4. Tidak bertanggung jawab

Tidak bertanggung jawab juga merupakan ciri-ciri orang psikopat. Orang yang memiliki gangguan ini akan menyalahkan orang lain meskipun ia yang melakukan kesalahan tersebut.

Hal ini disebabkan karena orang yang psikopat akan merasa dirinya superior dibanding dengan orang lain. Atau jika ia mengakui kesalahannya saat dipojokkan, hal ini tidak ia lakukan dengan penyesalan maupun rasa malu. Bahkan tidak ada niatan untuk memperbaikinya.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like