Banyak berbagai produk madu yang dijual di pasaran. Akan tetapi, Moms harus teliti dalam memilih produk madu. Hal ini karena, tidak sedikit produk madu yang mengaku menggunakan bahan alami, namun ternyata mengandung zat tidak murni. Oleh karena itu, wajib untuk Moms memahami ciri madu yang asli. Lalu, bagaimana cara mengetahui ciri madu yang asli? Ini penjelasannya.

Cara Mengetahui Ciri Madu Asli

Ciri madu asli dengan tes ibu jari

Letakkan sedikit madu pada ibu jari. Apabila madunya menetes atau menyebar ke permukaan lainnya, madu yang Moms beli kemungkinan tidak murni.

Ciri-ciri madu asli yaitu teksturnya yang kental serta tidak berair. Selain itu, madu asli mempunyai tekstur lengket, ketika menyentuh apapun akan menempel dan tidak menetes.

Ciri madu asli dengan tes air

Ambil madu menggunakan sendok teh, kemudian tuangkan ke dalam gelas berisi air. Apabila madu tersebut palsu, maka akan larut dalam air. Jika bercampur ke dalam air, madu asli akan menggumpal dan mengendap di bagian bawah gelas.

Ciri madu asli dengan tes kain putih dan kertas blotting

Moms dapat menuangkan satu sendok madu ke atas kain putih atau kertas blotting. Madu palsu cenderung akan menembus kain atau kertas dan meninggalkan noda.

Sedangkan madu asli tidak menembus kain atau kertas. Dan tidak akan meninggalkan noda.

Ciri madu asli dengan tes bakar

Ambil korek api kayu dan celupkan ke dalam madu. Apabila ketika dinyalakan batang korek api terbakar, maka madu yang menempel pada batangnya itu asli. Namun jika tidak terbakar, kemungkinan madu tersebut sudah dipalsukan dan mengandung zat tambahan yang tidak murni.

Ciri madu asli dengan tes sari cuka

Moms dapat mencampurkan sedikit madu, air dan 2-3 tetes sari cuka. Apabila berbusa, kemungkinan besar madu tersebut palsu.

Ciri madu asli dengan tes panas

Apabila Moms memanaskan madu murni, maka teksturnya akan berubah menjadi karamel dan tidak berbusa. Namun, apabila madu palsu dipanaskan, teksturnya tidak berubah, hanya memanas layaknya air.

Ciri madu asli dengan membekukan Madu

Untuk membuktikan madu itu asli atau tidak, Moms dapat mencobanya dengan cara membekukan madu. Apabila madu tersebut tidak membeku setelah beberapa lama, maka madu tersebut asli. Akan tetapi, apabila madu yang Moms letakkan di dalam freezer menjadi beku, maka madu tersebut sudah ada campurannya atau palsu.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami, Moms Wajib Coba

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Melegakan Tenggorokan

Menurut beberapa hasil penelitian, ternyata madu mampu meredakan batuk di malam hari, serta gangguan tidur pada anak-anak yang mengalami infeksi saluran napas.

Akan tetapi perlu diingat bahwa, madu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak di bawah usia 1 tahun. Hal ini karena anak di usia tersebut masih belum mempunyai saluran cerna yang kuat, sehingga belum mampu mencerna kontaminasi tertentu pada madu.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menurut penelitian yang dilakukan di laboratorium nutrisi olahraga di University of Memphis, madu sebanding atau bahkan lebih baik daripada gula untuk menunjang kemampuan ketahanan tubuh atlet.

Obat Berbagai Penyakit

Madu diduga mempunyai manfaat yang baik dalam membantu memperkecil risiko terjadinya penyakit kanker, penyakit jantung, dan penyakit berbahaya lainnya. Akan tetapi, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar memastikannya.

Agen Antibakteri

Salah satu uji klinis yang dilakukan menunjukkan bahwa beberapa jenis madu efektif dalam menghambat pertumbuhan puluhan jenis bakteri, termasuk E. coli dan Salmonella. Salah satu jenis madu yang berasal dari Selandia Baru, yang dikenal sebagai madu Manuka, dikenal efektif mencegah dan mengatasi infeksi bakteri Staphylococcus yang kerap menyerang hidung maupun kulit, serta bakteri H. pylori yang berperan dalam terjadinya tukak lambung..

Menyembuhkan luka bakar

Sejak zaman Mesir kuno, madu sudah digunakan untuk mengobati luka bakar. Pengobatan ini juga masih terus dikenal hingga sekarang.

Baca Juga: Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan Tubuh Moms

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like