Masa pandemi membuat cara kerja menjadi berubah, sebisa mungkin sekarang setiap meeting diubah menjadi dilakukan secara daring. Hal itu juga berlaku untuk proses perekrutan karyawan, sekarang perusahaan banyak melakukan interview kerja online untuk menyaring calon karyawan.

Dengan cara yang berubah, persiapan yang harus Moms lakukan pun otomatis menjadi berbeda dengan cara tradisional. Bagaimana sebaiknya Moms melakukan persiapan interview kerja online agar mendapatkan hasil yang maksimal? berikut beberapa cara untuk melakukannya seperti disadur dari livecareer.com

Persiapan yang harus dilakukan sebelum interview kerja online

persiapkan alat terbaik untuk wawancara kerja daring
  • Tentukan alat terbaik untuk melakukan interview kerja Online

Saat ini hampir setiap orang mempunyai handphone yang dapat digunakan untuk video call, namun sebaiknya Moms menggunakan laptop untuk melakukan wawancara kerja. Ukuran layar laptop lebih besar yang akan memudahkan Moms untuk berkomunikasi dengan lawan bicara. Jika dibutuhkan, Moms juga bisa menunjukan dokumen-dokumen selama wawancara kerja dengan lebih mudah di laptop.

Jika Moms tidak mempunyai perangkat laptop, ada baiknya Moms mencari pinjaman laptop agar memaksimalkan hasil wawancara kerja daring. Toh, ini demi masa depan yang akan membantu kehidupan Moms menjadi lebih baik. Jangan ragu untuk berusaha lebih demi hasil yang maksimal juga.

  • Cari lokasi paling tepat untuk melakukan interview kerja Online

Tips persiapan wawancara kerja secara daring berikutnya adalah dengan mencari lokasi yang paling tepat untuk melakukannya. Tempat yang paling ideal harus cukup tenang agar komunikasi tidak terganggu selama wawancara kerja. Perhatikan juga pencahayaan di lokasi tersebut, apakah cukup terang atau malah terlalu terang hingga menimbulkan gangguan di layar video.

Latar belakang Moms juga sebaiknya bebas dari gangguan atau hilir mudik orang agar tidak mengganggu konsentrasi lawan bicara selama proses wawancara kerja daring. Posisi kamera juga sebaiknya tidak terlalu rendah atau tinggi agar menciptakan kesan yang baik pada lawan bicara. Posisi yang terlalu tinggi akan membuat Moms seolah-olah melihat ke bawah, posisi yang terlalu rendah akan membuat Moms terkesan lebih inferior dan kecil di mata lawan bicara. Letakan laptop pada posisi yang mendekati eye level untuk menciptakan suasana bicara yang nyaman.

  • Tes semua peralatan yang mau digunakan sebelum interview

Mendekati waktu wawancara, periksa semua peralatan yang dibutuhkan dan pastikan semua bekerja dengan baik. Tes juga sambungan internet apakah cukup stabil untuk melakukan video call dalam durasi waktu yang dibutuhkan. Tes kamera, audio, aplikasi yang dipakai, apakah Google Meet atau Zoom. Pastikan Moms mengerti cara penggunaan aplikasi tersebut agar tidak gagap selama proses interview kerja online.

  • Lakukan uji coba interview

Persiapan wawancara kerja online lain yang bisa Moms lakukan adalah dengan melakukan uji coba. Mintalah bantuan kepada teman atau pasangan untuk melakukan uji coba dan minta pendapat mereka mengenai performa Moms dalam berbicara dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan besar akan diajukan oleh rekruter.

  • Punya rencana cadangan jika terjadi gangguan

Sebaik apapun persiapan, terkadang kesialan masih bisa saja menimpa kita. Misalnya, tiba-tiba koneksi wifi terganggu atau laptop yang digunakan mengalami gangguan. Sebaiknya Moms mempunyai rencana cadangan jika kesialan terjadi. Moms bisa menyiapkan handphone sebagai alat pengganti jika laptop mengalami gangguan, dan gunakan koneksi lain selain wifi yang ada.

  • Lakukan riset sebelum wawancara kerja

Sebelum melakukan interview, Moms juga sebaiknya melakukan riset terhadap perusahaan dan jobdesc yang Moms lamar. Coba cari tahu juga pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan besar akan dikeluarkan oleh pewawancara. Siapkan jawaban yang menurut Moms akan mampu menjawab pertanyaan dengan baik. Carilah informasi dan data-data terbaru terkait pekerjaan yang dilamar.

Persiapan wawancara kerja online pada hari interview dilaksanakan.

lakukan persiapan terakhir pada hari pelaksanaan interview kerja online

Mendekati jam pelaksanaan wawancara kerja, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan Moms untuk mendapatkan hasil yang maksimal:

  • Tes kembali semua peralatan

Tidak ada salahnya untuk mencoba kembali semua peralatan 30 menit sebelum waktu wawancara kerja daring dilakukan. Pastikan semuanya bekerja dengan sempurna.

  • Berpakaian secara profesional

Pakailah baju yang formal agar menunjukan bahwa Moms serius dalam menjalankan proses wawancara. Jangan memakai kaos yang bisa menimbulkan kesan bahwa Moms tidak menganggap proses tersebut secara sungguh-sungguh dan tidak menghargai lawan bicara.

  • Matikan aplikasi yang tidak dibutuhkan dan berikan waktu untuk persiapan terakhir

Matikan dulu aplikasi-aplikasi yang dapat menghambat kinerja alat yang akan digunakan untuk interview. Matikan juga aplikasi yang bisa memunculkan notifikasi di layar, agar tidak mengganggu konsentrasi selama wawancara kerja online.

  • Ingatlah bahasa tubuh yang baik

Jangan lupa untuk tersenyum dan duduk tegak atau condong ke depan untuk menimbulkan kesan bahwa Moms tertarik dengan pembicaraan. Jangan lupa juga untuk melihat ke arah lawan bicara.

  • Perhatikan eye contact

Kamera di laptop biasanya terletak di atas layar, seringkali kita melihat ke layar dan melupakan posisi kamera. Ini akan menimbulkan kesan seolah-olah Moms melihat ke bawah dan tidak melihat ke arah mata lawan bicara. Cobalah untuk melihat ke arah kamera, dan bukan ke layar laptop.

  • Usahakan untuk berbincang-bincang

Jangan terlalu tegang dan berbicaralah dengan jelas seolah sedang berbincang dengan teman kerja. Moms bisa lebih santai, namun tetap gunakan bahasa yang formal, jangan sampai Moms berbicara dengan bahasa sehari-hari yang sering kita gunakan.

  • Persiapkan catatan

Keunggulan dalam melakukan wawancara kerja daring adalah kita bisa menaruh catatan di meja dan tidak terlihat oleh lawan bicara. Jika ada data-data yang kemungkinan besar dibutuhkan dalam menjawab pertanyaan, Moms bisa mempersiapkan catatan tersebut untuk mendapatkan “contekan” saat wawancara.

  • Beri jeda waktu

Tidak perlu terburu-buru menjawab pertanyaan, Moms bisa memberikan jeda waktu berpikir untuk memastikan kalimat yang dilontarkan tersusun dengan baik dan lugas. Hal ini juga bisa dilakukan untuk memastikan bahwa lawan bicara sudah selesai dengan kalimatnya dan Moms tidak terlihat memotong kalimat pewawancara.

Sesudah wawancara kerja berakhir

Jika wawancara kerja sudah selesai, Moms bisa mengirimkan surel untuk mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan oleh perusahaan dan rekruter. Hal ini dapat menambah penilaian baik terhadap perilaku Moms.

Proses perekrutan karyawan biasanya membutuhkan waktu, Moms sebaiknya sabar menunggu, namun tidak ada salahnya juga untuk menanyakan kepada rekruter mengenai hasil yang Moms dapatkan agar menimbulkan kesan bahwa Moms memang sangat tertarik kepada lowongan yang ada. Berilah jeda seminggu sebelum menanyakan agar bisa memberikan waktu kepada rekruter untuk berpikir dan berdiskusi.

Latihan, latihan, dan latihan

Semakin sering kita melatih diri, maka kemampuan kita akan semakin baik dan berkembang. Sambil menunggu Moms mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, latihlah terus kemampuan interview kerja secara online agar bila ada kesempatan lain untuk melakukan wawancara kerja maka Moms sudah semakin baik dan siap.

Baca juga: Baca Tips Ini Untuk Bisa Menjadi Wanita Karir yang Sukses

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
ani_saulyani

Terimakasih Informasinya saya akan mencoba. Bismillah semoga saya cepat dapat pekerjaan aamiin. Terimakasih yaa.. Semoga artikel ini jaya selalu aamiin. Semoga saya dapat pekerjaan, biar bisa dapat uang hehehe.

Doakan saya juga ya 😇
Sungguh artikelnya sangat bagus dan sesuai dengan yang saya cari 🙏

ani

artikel ini sangat membantu saya dalam mendapatkan pekerjaan, beberapa minggu ini saya memang sedang mencari pekerjaan, dan saya akan mencoba cara” diatas untuk mendapatkan pekerjaan tersebut hehe terimakasih banyak untuk info dan artikelnya

sianaiyugo

thanks a lots mom utk artikelnya hehe, lagi cari cari pekerjaan juga nih kebetulan karna sudah selesai corona.. pengen meringankan beban orangtua, saya bakal pake cara” diatas tentunya semoga bisa keterima kerja deh hehee

You May Also Like