Semut merupakan salah satu binatang dengan jumlah populasi paling banyak di dunia. Ahli binatang memperkirakan lebih dari satu juta semut per satu manusia di bumi ini. Oleh karena itu, semut pasti ada di setiap rumah. Serangga berukuran kecil ini akan keluar dari sarangnya saat mencari makan, khususnya saat musim hujan dan saat ada minuman yang tumpah atau makanan yang tercecer di lantai.

Lalu apa yang bisa Moms lakukan jika ingin mengusir semut di rumah?

Tips ampuh jika ingin mengusir semut di rumah

1. Menggunakan asam borat

Moms bisa menggunakan asam borat jika ingin mengusir semut. Bahan kimia ini dapat Moms dapatkan di toko bahan kimia. Caranya, Moms tinggal menaburkannya di sudut pojok lantai, di bawah tembok, dan di area-area rumah lainnya yang suka dijadikan sarang oleh semut atau tempat semut berkeliaran. 

Selain itu, Moms dapat menggunakan pipet pompa untuk meniupkan sedikit bubuk asam borat ke sudut-sudut yang susah untuk dijangkau sehingga bubuk tersebut dapat masuk ke dalam sarang semut. 

Saat menggunakan asam borat untuk mengusir semut, jangan biarkan anak bermain di dekat area yang ditaburi asam borat karena bahan kimia yang satu ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan jika terhirup ataupun dikonsumsi. Sebaiknya simpan bubuk asam borat di tempat yang tidak terjangkau oleh anak kecil dan hewan peliharaan. 

2. Memakai kapur anti serangga

Kapur anti serangga juga dapat menjadi cara jika Moms ingin mengusir semut di rumah karena kapur ini dibuat dari kalsium karbonat yang aromanya tidak disukai semut ataupun serangga lain. 

Caranya sangat mudah, Moms cukup menggambar garis melingkar di sekitar titik keluar dan masuknya lubang semut. 

Simpan sisa kapur ini di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh anak kecil dan juga hewan peliharaan guna menghindari kapur tidak sengaja termakan atau dimainkan dengan sembarangan. 

3. Memakai tepung terigu

Apabila tidak mau memakai bahan-bahan kimia saat ingin mengusir semut, Moms juga dapat memakai tepung terigu, lho. 

Caranya hanya dengan menaburkan sebaris tepung di area rumah manapun tempat semut keluar masuk. Sehingga, semut tidak dapat melewati tepuk yang sudah ditaburkan di area tersebut. 

4. Menaruh pot terbalik di atas sarang semut

Selain semut hitam, semut api tentu saja dapat mengganggu Moms karena gigitannya yang akan menyebabkan bentol gatal serta rasa panas di kulit. 

Jika Moms ingin mengusir semut api di sekitar halaman rumah, Moms hanya cukup menaruh pot bunga secara terbalik di atas sarang semut. Setelah itu, tuang air mendidih lewat lubang pembuangan air pot. Kumpulan semut merah pun tidak akan keluar.

5. Memakai lemon

Buah lemon juga ternyata dapat Moms manfaatkan jika ingin mengusir semut karena serangga kecil ini tidak menyukai aroma asam yang berasal dari lemon. 

Caranya hanya dengan memasukkan jus lemon ke botol semprot kemudian semprotkan di celah-celah pintu dan juga jendela. Selain itu, Moms juga dapat meneteskan perasan lemon ke dalam sarang semut. Yang terakhir, sebarkan irisan kulit lemon pada celah pintu, jendela, ataupun lantai dapur. 

Selain digunakan untuk mengusir semut, ternyata buah lemon juga efektif untuk mengusir kutu dan kecoa, lho. Moms hanya cukup menghaluskan 4 buah lemon yang dicampur dengan air sebanyak 2 liter di ember. Setelah itu siram atau pel lantai rumah dan pel kembali lantai menggunakan air bersih, kemudian keringkan. 

6. Memakai lada

Lada ternyata bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan alami mengusir semut, lho. Apabila sudah terlihat banyak semut, Moms dapat menaburkan bubuk lada hitam ataupun bubuk cabe di pinggiran lantai. Aroma panas dan pedas yang berasal dari lada ini akan membuat semut tidak ingin keluar dari sarangnya. 

7. Memakai garam

Menggunakan garam saat ingin mengusir semut sebenarnya sama dengan menggunakan lada. Moms tinggal taburkan garam dengan tebal garis 3-5 cm di sepanjang rumah semut atau Moms juga bisa menaburkan di pinggir teras rumah. Dengan menjebak jalan keluar keluarnya, semut pun tidak dapat keluar dari sarangnya. 

8. Menggunakan bedak talc

Selain memanfaatkan bahan alami, Moms juga dapat menggunakan bedak talc untuk mengusir semut di dalam rumah. Caranya dengan menyebarkan bubuk talc di sekitar sarang semut seperti jendela dan pintu atau di sekitar teras rumah Moms. 

Baca juga: 5 Cara Untuk Meringankan Beban Seorang Single Moms

Bagaimana mencegah semut agar tidak berkeliaran di rumah?

Setelah Moms berhasil mengusir semut, kini saat nya Moms melakukan sesuatu untuk mencegah serangga kecil ini datang lagi ke rumah. Karena semut biasanya mencari tempat lembab untuk sarangnya serta suka muncul ketika makanan atau minuman tumpah, berikut ini hal sederhana yang dapat dilakukan agar semut tidak datang kembali. 

  • Segera bersihkan makanan yang tumpah dari piring
  • Simpan buah matang di dalam lemari es dan makanan lain pada wadah kedap udara
  • Bersihkan tempat sampah yang ada di dalam dan juga di luar rumah
  • Jika mempunyai hewan peliharaan, jaga kebersihan tempat makanan hewan serta jangan lupa untuk membersihkan makanan atau air yang tumpah
  • Periksa tanaman pot yang ada di dalam ruangan guna mencegah muncul serangga

Baca juga: Inilah Alasan Kenapa Banyak Moms Jaman Now Menjadi Wanita Karir

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like