Ini Manfaat Plank yang bisa Moms Dapatkan!

Manfaat Plank

Plank merupakan salah satu olahraga yang praktis dan memiliki dampak yang baik untuk tubuh. Selain mudah untuk dilakukan, manfaat plank juga baik untuk membentuk otot-otot tubuh. 

Olahraga yang satu ini bermanfaat untuk menguatkan core muscle atau otot yang ada di punggung dan perut tanpa alat khusus apapun. 

Apa saja manfaat plank?

Olahraga plank tidak memerlukan alat apapun. Moms bahkan bisa melakukannya tanpa matras yoga. Sebenarnya, apa saja manfaat yang bisa didapatkan untuk kesehatan tubuh? 

1. Menguatkan core muscle

Manfaat plank yang pertama yaitu dapat menguatkan core muscle serta membentuk otot perut. Berbeda dengan crunch dan sit up, posisi plank lebih aman bagi Moms yang menderita nyeri punggung serta gangguan pada lempengan tulang belakang. 

2. Menggunakan banyak otot

Walaupun posisi plank terfokus pada core muscle, gerakan ini sebenarnya juga menggunakan seluruh otot untuk menopang tubuh, contohnya seperti otot lengan, perut, dan paha. 

Dengan otot perut yang kuat, lengan dan kaki Moms tidak perlu bekerja terlalu keras dalam melakukan segala gerakan. Ini akan membuat tenaga Moms menjadi lebih tahan lama. 

Oleh karena itu, posisi plank tidak akan menyebabkan cedera punggung karena berat tubuh Moms yang ditopang keseluruhan otot tubuh. 

3. Dapat mengurangi nyeri punggung

Selain aman bagi Moms penderita nyeri punggung, menjaga kesehatan punggung dan mengurangi nyeri punggung juga termasuk salah satu manfaat plank yang bisa Moms dapatkan. 

Posisi plank mampu mengurangi beban di punggung dan mencegah rasa pegal di leher dan bahu karena postur tubuh yang bungkuk. 

4. Dapat memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang bungkuk disebabkan karena otot inti tubuh yang lemah. Dengan berlatih plank, otot tubuh bagian atas akan tertarik ke belakang dan turun. Selain itu, melakukan plank juga akan membuat otot bahu dan punggung menjadi lebih kuat sehingga Moms bisa berdiri tegak. 

5. Menambah kelenturan tubuh

Manfaat plank yang selanjutnya yaitu mampu meningkatkan kelenturan tubuh. Latihan plank dapat merenggangkan bagian bawah tubuh Moms serta meningkatkan kelenturan otot kaki dan juga paha. 

Dengan rutin melakukan plank, Moms bisa membangun otot inti tubuh yang kuat serta stabil. Otot inti tubuh yang fleksibel mampu menyeimbangkan koordinasi tubuh dan membuat jangkauan gerak Moms menjadi lebih efisien dan leluasa. 

6. Meningkatkan koordinasi dan pergerakan

Ada berbagai jenis olahraga plank yang bisa Moms lakukan untuk melatih koordinasi dan pergerakan tubuh. 

Selain itu, otot yang kuat juga akan mengurangi resiko cedera atau penggunaan otot tubuh yang berlebihan. 

7. Mengencangkan perut

Manfaat plank yang selanjutnya yaitu dapat mengencangkan perut apabila dilakukan secara rutin. 

Otot inti yang kuat mampu membantu memaksimalkan proses metabolisme tubuh guna membersihkan racun, penyerapan gizi, serta pengaturan keseimbangan hormon menjadi lebih efisien. 

Baca juga: 4 Olahraga untuk Mengecilkan Perut dengan Cepat

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x