Biaya hidup yang cenderung tinggi, terutama untuk pasangan yang tinggal di kota-kota besar, sering berujung pada kesimpulan bahwa tidak cukup jika hanya pihak laki-laki yang mencari nafkah. Itu hanya satu dari sekian alasan kenapa banyak Moms Jaman now menjadi wanita karir.

Kenapa menjadi wanita karir?

Masih banyak alasan lain yang melatarbelakangi kenapa Moms menjadi wanita karir dan tidak hanya sekedar menjadi ibu rumah tangga. Berikut alasan-alasan yang sering diungkapkan oleh para Moms.

Untuk membantu pendapatan rumah tangga

Alasan paling sering terdengar adalah dengan menjadi wanita karir maka otomatis akan ada dua sumber pendapatan dibandingkan satu jika hanya pihak suami yang bekerja.

Dengan pendapatan yang lebih banyak maka akan lebih mudah bagi Moms mendapatkan kehidupan yang lebih layak. Misalnya, saat menentukan sekolah untuk si kecil, menentukan tujuan liburan, atau jenis rumah dan mobil yang dimiliki.

Memiliki pendapatan sendiri juga membuat Moms tidak sepenuhnya bergantung pada pendapatan suami. Sudah bukan hal yang aneh jika beberapa wanita memiliki pendapatan yang lebih besar dibandingkan pasangannya.

Untuk menyalurkan hobi yang dimiliki

Beberapa wanita mempunyai alasan menjadi wanita karir yang disebabkan oleh keinginan untuk menjalankan dan mengasah hobi yang dimilikinya. Wanita seperti ini biasanya adalah mereka yang merasa bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja di rumah.

Dengan menjalankan hobi yang bisa sekaligus menghasilkan uang, Moms akan mendapatkan dua manfaat sekaligus. Meskipun, tugas sebagai ibu rumah tangga tetap perlu dijalankan dengan sebaiknya.

Merasa sayang dengan gelar pendidikan yang dimiliki

Mudahnya akses pendidikan dan kesetaraan antara laki-laki dan wanita, membuat banyak wanita yang memiliki gelar pendidikan yang sama tinggi dengan pria. Bahkan saat ini banyak juga wanita yang menempuh pendidikan sampai ke luar negeri.

Sesudah menghabiskan bertahun-tahun untuk mendapatkan gelar pendidikan dengan usaha yang tidak mudah, banyak wanita yang merasa sayang jika tidak bekerja sesuai dengan pendidikan yang mereka miliki.

Memahami cara membagi waktu

Banyak juga Moms yang memutuskan untuk tetap melanjutkan karirnya sesudah menikah, karena mereka sudah mengerti bagaimana caranya membagi waktu antara kehidupan profesional dan rumah tangga.

Dengan mengatur waktu sedemikian rupa, Moms dapat menjalankan dua peran dengan maksimal. Seringkali kehadiran pengasuh, baik berupa tenaga profesional ataupun keluarga, menjadi solusi untuk membagi waktu antara bekerja dan mengasuh si kecil.

Mempunyai potensi diri yang besar

Alasan lain kenapa tetap menjadi wanita karir adalah merasa bahwa Moms mempunyai potensi diri yang besar. Bisa saja alasan tersebut datang dari pihak perusahaan yang tidak mau melepas Moms untuk pergi karena kontribusi besar yang telah diberikan selama ini.

Baca juga: Baca Tips Ini Untuk Bisa Menjadi Wanita Karir Yang Sukses

Bagaimana agar menjadi wanita karir yang sukses?

Terus kembangkan diri untuk menjadi wanita karir yang sukses

Tidak ada salahnya untuk menjadi wanita karir, namun peran sebagai ibu rumah tangga tetap tidak boleh dilupakan. Sama seperti pria yang tidak boleh melupakan perannya sebagai seorang ayah, meskipun disibukan dengan pekerjaan.

Mendapatkan hasil maksimal di kantor pun bukan suatu hal yang tidak mungkin dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan agar tetap bisa bersinar dalam pekerjaan.

Terus mengembangkan diri

Jangan cepat merasa puas jika sudah mencapai suatu kesuksesan. Selalu ada ruang untuk mengembangkan diri sendiri dan kemampuan yang kita miliki. Moms bisa senantiasa menganalisa bagaimana cara bekerja selama ini, apakah sudah menghasilkan output terbaik, atau masih ada yang bisa dibenahi.

Analisa juga kemampuan yang dimiliki, cari tahu apa yang dirasa masih kurang dikuasai oleh Moms. Bisa juga dengan memasang target tertentu untuk dapat mengusai kemampuan baru. Misalnya, beri target diri sendiri untuk belajar bahasa baru dalam 1 tahun kedepan.

Tetap optimis

Memang terkadang rasanya sangat lelah menjalani dua peran sekaligus. Terutama jika hasil yang didapatkan tidak terasa memuaskan. Jangan mudah menyerah dan tetap optimis bahwa usaha tidak akan menghianati hasil. Jika Moms belum berhasil hari ini, masih ada hari esok yang pastinya lebih baik.

Jangan terpaku pada satu tujuan saja

Sering kali kita terpaku pada satu jenis pekerjaan yang menurut kita adalah sesuatu yang kita inginkan dan kita harus dapat meraihnya. Misalnya tujuan karir yang diinginkan adalah mendapatkan posisi seperti atasan Moms saat ini.

Padahal belum tentu hal itu adalah yang terbaik yang bisa Moms dapatkan. Mungkin saja ada pekerjaan lain, ataupun kantor lain yang dapat memberikan kehidupan yang lebih baik untuk Moms dari segi karir ataupun kenyamanan dalam bekerja.

Tetaplah terbuka dan fleksibel dalam menjalani karir Moms, siapa tahu ada pintu lain yang akan membuat Moms lebih bahagia di luar sana.

Beranilah mengambil resiko

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Forbes, mayoritas wanita yang berhasil dalam karirnya mempunyai keberanian untuk mengambil resiko.

Mengambil resiko memang terlihat menakutkan, namun ketika kita berani keluar dari zona nyaman, maka kita akan memaksa diri kita untuk mengembangkan kemampuan kita dari sebelumnya. Hal ini yang akan mendorong Moms menuju titik yang selama ini belum pernah dicapai oleh Moms.

Melakukan hal yang berbeda akan membuat kita mendapatkan hasil yang berbeda. Jadi hapuslah keraguan yang ada dan mulai sekarang juga untuk melakukannya. Semoga hasil yang terbaik segera Moms dapatkan.

Baca juga: Ingin Cepat Dapat Kerja? Baca Dulu Tips Persiapan Interview Kerja Online Berikut Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like