Tubuh yang lincah akan membuat Moms aktif dan cekatan dalam bergerak. Hal ini sangat penting jika Moms memiliki pekerjaan yang menuntut untuk bergerak cepat, seperti penari. Kelincahan dapat dilatih dengan melakukan beberapa jenis latihan kelincahan. Dengan berlatih teratur, Moms akan mendapatkan kelincahan. Dan jika dilakukan dengan benar, Moms bisa membakar kalori sebanyak 600-800 kalori/jam. 

Berikut jenis-jenis latihan kelincahan yang dapat Moms lakukan

Dengan melakukan beberapa jenis latihan ini, Moms dapat mengontrol gerakan dengan baik dan juga mengubah arah secara efisien dan cepat tanpa harus kehilangan kecepatan dan keseimbangan. Selain itu, latihan ini juga mampu meningkatkan kebugaran dan kelenturan tubuh. Berikut ini beberapa jenis latihan yang bisa dilakukan:

1. Lompat zig zag

Latihan kelincahan yang pertama yaitu lompat zig zag. Sebelum melakukan lompat zig zag, Moms perlu menyiapkan garis seperti tangga dengan selotip. Berilah jarak sekitar 30-60 cm antar anak tangga agar kaki bisa keluar masuk dengan mudah. Setelah selesai menyiapkan garis, berdirilah di salah satu kotak di ujung tangga. 

Kemudian, sedikit tekuk lutut dan lompat ke dalam kotak. Lakukan lompatan ke luar dan ke dalam kotak tangga secara cepat dan berulang. Jika sudah mencapai ujung tangga, ulangi kembali gerakan tersebut. Jenis latihan ini akan membuat Moms menjadi lebih tangkas. 

2. Lari zig zag

Lari zig zag merupakan salah satu jenis latihan kelincahan yang dapat dilakukan. Untuk melakukan latihan ini, Moms perlu menyiapkan cone dan meletakkannya secara berjajar guna membuat garis. Letakkan antar cone dengan jarak sekitar 60 cm diantaranya agar tidak terlalu berdekatan. 

Lalu, larilah secara zig zag dengan melewati cone yang sudah disejajarkan. Ulangi gerakan ini saat Moms sudah mencapai ujung. Perubahan arah zig zag harus dilakukan secara cepat. 

3. Lari cepat bolak-balik

Sebelum melakukan latihan kelincahan yang satu ini, Moms perlu menentukan garis start dan finish terlebih dulu. Kemudian, posisikan diri untuk berlari dengan pandangan tetap lurus ke depan. Lalu, lakukan sprint hingga ke garis finish

Apabila sudah mencapai garis finish, berhentilah secara tiba-tiba lalu lari mundur secara cepat hingga mencapai garis start. Saat melakukannya, pertahankan kecepatan sehingga kelincahan akan terasah. 

4. Menangkap bola

Latihan kelincahan yang satu ini dilakukan menggunakan bola kecil. Moms bisa melemparkan bola ke tembok dan menangkapnya kembali saat bola memantul. Gunakan kedua tangan saat menangkap bola sebelum kemudian hanya menggunakan satu tangan yang dominan dan tidak dominan. 

Latihan menangkap bola akan melibatkan koordinasi beberapa anggota tubuh sehingga baik untuk melatih ketangkasan. Namun, saat berlatih, pastikan Moms berada di tempat yang aman dan tidak ada orang di sekitar karena bola beresiko melukai orang saat terjatuh. 

5. Memukul balon

Latihan kelincahan yang terakhir yaitu memukul balon. Latihan yang satu ini bisa dilakukan menggunakan dua balon dengan warna yang berbeda. Pukul kedua balon berurutan, misalnya balon merah terlebih dahulu lalu balon kuning. Jaga agar balon tidak jatuh menyentuh lantai. 

Moms bisa melakukan latihan ini dengan posisi squat. Selain dapat meningkatkan kelincahan, latihan memukul balon juga bisa dilakukan oleh anak-anak, lho. 

Baca juga: Lakukan 5 Latihan Otot Perut Ini untuk Perbaiki Postur

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like