Toxic people adalah sebutan untuk jenis pribadi yang suka menyusahkan dan merugikan orang lain, baik secara fisik maupun emosional. Terkadang dalam pertemanan kita bisa bertemu dengan tipe karakter seperti ini tanpa kita sadari. Sebaiknya kenali ciri-ciri toxic people berikut ini, agar Moms bisa mengenali mereka dan membatasi pengaruh buruk yang mereka sebarkan.

Ciri-ciri toxic people 

1. Hanya ada saat membutuhkan

Salah satu ciri-ciri toxic people yang bisa Moms kenali adalah mereka tidak akan ada buat saat Moms membutuhkannya. Tetapi ceritanya bisa lain jika mereka yang membutuhkan bantuan, toxic people bisa memaksa Moms untuk menolong mereka saat dilanda kesusahan.

Jika mereka memang sudah melakukan kebaikan, maka hal tersebut akan selalu dibahas dan diungkit terus-terusan. 

2. Tidak adanya empati atau simpati kepada Moms

Saat menceritakan masalah yang dimiliki oleh Moms kepada toxic people, respon yang akan didapatkan bukannya dukungan dan hiburan, mungkin mereka malah sibuk menghakimi dan menyalahkan Moms. 

Jangan mengharapkan toxic people untuk bisa sepenuhnya memahami diri kita. Salah satu ciri toxic people adalah mereka tidak bisa mengerti dan memahami kondisi orang lain.

3. Mengontrol dan memanipulasi

Ciri-ciri lainnya dari toxic people adalah mereka suka berusaha untuk mengontrol dan memanipulasi orang lain. Mereka membuat orang lain melakukan keinginan mereka, dan akan menggunakan orang lain tersebut untuk mencapai tujuan mereka. Mereka tidak akan ragu untuk berbohong dan membuat alasan bila kebohongannya terkuak.

Perilaku di atas hampir serupa dengan perilaku psikopat. Sekali mereka berhasil memanipulasi Moms, selanjutnya ia bisa membuat Moms melakukan hal lain yang mereka inginkan lagi.

Yang lebih menakutkan adalah orang dengan karakter ini bisa membuat Moms merasa berhutang budi padanya. Mereka juga bisa saja menyakiti perasaan Moms, namun akan berdalih bahwa perbuatannya dilakukan untuk kebaikan Moms sendiri.

Contohnya adalah dengan menghina Moms dengan sebutan “gendut” namun mereka akan beralasan bahwa itu adalah upaya agar Moms mau berusaha lebih keras untuk diet.

Baca juga: Orang Yang Sering Menangis Justru Menunjukan Mental yang Kuat, Masa Sih?

4. Tidak pernah salah atau minta maaf

Ciri-ciri toxic people lainnya adalah bahwa mereka tidak pernah melihat diri mereka salah ataupun a minta maaf, meski sudah jelas-jelas salah. Mereka beranggapan bahwa kesalahan itu pasti disebabkan oleh orang lain.

Seringkali, mereka berusaha memperoleh simpati dan perhatian orang lain dengan cara berpura-pura sebagai korban alias play victim.

5. Memandang rendah ataupun meremehkan

Meski Moms meraih kesuksesan atau keberhasilan, toxic people tidak akan mengakui keberhasilan tersebut dan terkesan meremehkan. Saat Moms berhasil mendapatkan suatu pencapaian, mereka akan membanding-bandingkan secara negatif dengan orang lain, atau dirinya sendiri, atau malah tidak mengakui keberhasilan tersebut.

Toxic people tidak akan senang atas keberhasilan yang dicapai oleh orang lain dan mencoba untuk merendahkan pencapaian tersebut. Misalnya saat Moms berhasil mendapatkan kenaikan pangkat, mereka bisa berkata bahwa pencapaian tersebut tidak ada apa-apanya dibandingkan yang telah mereka dapatkan sebelumnya, atau Moms mencapai hal tersebut karena menjilat atasan, dan sebagainya.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like