Kenapa Bibir Hitam Meskipun Tidak Merokok?

Kenapa Bibir Hitam

Moms tentu ingin mempunyai bibir yang berwarna kemerahan dan sehat. Karena, penampilan bibir yang cantik mampu meningkatkan wajah seseorang secara keseluruhan. Jika bibir terlihat pucat atau menghitam, hal ini tentu akan membuat penampilan menjadi kurang maksimal serta menurunkan kepercayaan diri. Bibir yang hitam biasanya terjadi pada perokok saja, namun kenapa bibir hitam meskipun Moms tidak merokok? Jika ingin tahu jawabannya, simak penjelasannya di bawah ini. 

Ketahui penyebab kenapa bibir hitam, selain merokok 

Bukan hanya perokok saja yang bisa mengalami bibir hitam, semua orang pun bisa. Sebelum Moms mencari tahu cara untuk mengatasi bibir yang hitam, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu kenapa bibir hitam terjadi. 

Berikut ini beberapa penyebab bibir hitam selain karena merokok, diantaranya: 

1. Hiperpigmentasi

Walaupun tidak merokok, bibir Mpms bisa terlihat lebih hitam atau gelap karena paparan sinar matahari. Paparan sinar UV yang berlebihan mampu menyebabkan hiperpigmentasi yaitu dimana kulit menjadi lebih gelap karena produksi melanin yang berlebih. Inilah kenapa bibir hitam terjadi. 

Jika dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain, bibir cenderung lebih rentan mengalami hiperpigmentasi karena posisinya yang lebih terbuka. Moms bisa menggunakan lipbalm yang mengandung SPF untuk mencegah bibir pecah-pecah hingga bibir menghitam. 

2. Kebiasaan menjilat bibir

Kebiasaan menjilat bibir ternyata juga menjadi alasan kenapa bibir hitam, lho. Moms mungkin tidak sadar, tetapi alih-alih melembabkan, menjilat bibir bisa membuat bibir menjadi kering dan juga menggelap. 

Walaupun bibir akan terasa lembab, sisa-sisa air yang menempel akan cepat menguap dan menyebabkan bibir menjadi kering. Lama-kelamaan, sel kulit mati pun akan terus menumpuk dan kemudian merangsang munculnya bintik-bintik gelap pada bibir. 

3. Mengonsumsi kafein dan alkohol

Mengonsumsi kafein dan alkohol juga menjadi salah satu alasan kenapa bibir hitam. Kafein dan alkohol bersifat diuretik sehingga membuat tubuh menjadi lebih cepat mengeluarkan cairan lewat urin. Dengan begitu, Moms akan mengalami dehidrasi di seluruh bagian tubuh, termasuk di bibir. Warna bibir yang tadinya kemerahan pun perlahan akan berubah menjadi lebih gelap. 

Jika Moms ingin terhindar dari bibir yang hitam, batasilah mengonsumsi minuman beralkohol dan juga berkafein. Sebagai gantinya, perbanyaklah minum air putih guna mengembalikan warna bibir yang alami agar menjadi lebih sehat. 

4. Alergi

Moms tidak merokok namun bibir tetap hitam? Coba cek kandungan dan kadaluarsa lipstik atau produk perawatan kulit yang digunakan. Salah satu penyebab kenapa bibir hitam kemungkinan karena bibir terkena alergi. 

Reaksi alergi ini sering disebabkan oleh zat pewangi atau pewarna yang ada dalam produk kecantikan. Semakin lama digunakan, bibir agar terasa gatal, pecah-pecah, hingga menghitam. 

5. Cedera pada bibir

Memar pada bibir adalah penyebab bibir menjadi keunguan atau kehitaman. Bibir kering atau terdapat luka bakar dapat membuat warna bibir menjadi lebih gelap. 

6. Penyakit addison

Penyebab terakhir kenapa bibir hitam yaitu karena adanya penyakit addison. Penyakit addison merupakan kondisi dimana kelenjar adrenal tidak menghasilkan hormon kortisol atau aldosteron yang cukup. Penyakit ini disebabkan karena adanya hiperpigmentasi pada kulit dan bibir sehingga warna bibir akan lebih gelap dari biasanya. Konsultasikan dengan dokter guna memastikan apa penyebab bibir hitam yang Moms alami. 

Baca juga: Sariawan di Tenggorokan, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x