Kita tidak dapat mengatur semua orang untuk memiliki selera yang sama soal seksualitas, mengingat banyak faktor penyebab yang masih menjadi perdebatan secara ilmiah. Di luar sana, masih banyak orang yang tidak hanya menyukai lawan jenis, namun juga menyukai sesama jenis. Bahkan, ada juga orang yang menyukai kedua lawan jenis atau yang biasa kita sebut dengan biseksual. Sebenarnya, apa itu biseksual? 

Biseksual merupakan orientasi seksual yang ditandai dengan ketertarikan emosional dan juga seksual terhadap lebih dari satu gender atau pada wanita dan pria. Pengertian seksual  bisa berbeda untuk orang yang mengidentifikasi dirinya dengan orientasi ini. Misalnya, seseorang tertarik pada wanita dan pria, tetapi ia hanya berhubungan seks hanya dengan wanita saja atau dengan pria saja. 

Nah, hal ini perlu diketahui lebih dalam lagi. Ingin tahu apa itu biseksual dan beberapa fakta unik terkait dengan biseksual? Berikut ini penjelasannya. 

Apa itu biseksual dan fakta-faktanya

1. Seseorang adalah biseksual jika tertarik terhadap kedua jenis kelamin 

Seseorang merupakan biseksual bahkan saat tertarik terhadap pria dan juga wanita. Jadi, meskipun seseorang tidak menunjukan secara jelas, ia tetaplah seorang biseksual. 

2. Biseksual bukan berarti seseorang setengah normal dan setengah gay 

Banyak orang yang berpikir jika seseorang yang biseksual berarti setengah normal dan setengah gay. Kenyataannya, biseksual adalah identitas unik yang termasuk cabang dari lesbi ataupun gay. 

3. Berpacaran dengan lawan jenis tidak dapat membantah seseorang adalah biseksual

Apabila seseorang memiliki ketertarikan kepada wanita maupun pria, itu artinya seseorang adalah biseksual. Tidak ada yang dapat menutupi. Bahkan, jika seseorang berpacaran dengan lawan jenis, hal ini tidak membuat ia bukan menjadi biseksual lagi. Jadi, biseksual tidak dapat dilihat hanya dari status. 

4. Ada ketertarikan seks terhadap lawan jenis, namun punya ketertarikan romantis dengan sesama jenis

Mungkin seseorang mengira bahwa orang yang biseksual merupakan orang yang senang berhubungan seks dengan kedua lawan jenis. Namun, meskipun seseorang hanya tertarik secara seks dengan lawan jenis tetapi tertarik secara romantis dengan sesama jenis, maka ia adalah biseksual. 

5. Biseksual tidak akan melekat selamanya

Biseksual adalah sifat yang selalu berubah, sehingga sewaktu-waktu dapat menghilang dan tidak melekat selamanya. 

6. Tidak ada tes yang bisa menguji apakah seseorang biseksual atau bukan

Biseksual atau tidaknya seseorang hanya ia yang tahu, karena tidak ada tes yang dapat memberi tahu kemana arah orientasi seksual seseorang. Maka dari itu, seseorang dapat menilai dari pengalaman dan ketertarikan seseorang terhadap pria dan wanita jika ingin mengetahui apakah seseorang adalah biseksual atau bukan. 

Itulah penjelasan dari apa itu biseksual dan 6 fakta menarik seputar biseksual yang bisa diketahui. 

Baca juga: Berdamai dengan Diri Sendiri, Ini Caranya!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like