Ketahui Beberapa Peran Ayah dalam Keluarga Berikut Ini

Peran Ayah dalam Keluarga

Semua anggota dalam setiap keluarga tentu mempunyai perannya masing-masing, sama halnya dengan sosok Ayah. Selama ini, peran Ayah yang cukup kita ketahui yaitu menjadi tulang punggung keluarga atau memberi nafkah untuk keluarga. Namun, ternyata untuk menjadi sosok Ayah yang baik tidak hanya itu saja. Terdapat bermacam-macam peran ayah yang memiliki pengaruh dalam keluarga. Yuk simak beberapa peran nya berikut ini.

Peran Ayah dalam Keluarga

Memberikan nafkah

Pada saat Moms memutuskan untuk menikah, maka perlu Moms pastikan bahwa calon suami telah siap untuk menafkahi Moms. Sebab, ketika menikah anak perempuan sudah bukan lagi menjadi tanggungan orang tuanya, akan tetapi suaminya. 

Islam juga mengatur hal ini dalam Quran surat An-Nisa ayat 34. Pria diberikan kelebihan daripada perempuan sehingga pria, dalam hal ini sosok ayah wajib memberikan nafkah untuk istri dan anaknya.

Menjadi sosok pemimpin dalam keluarga

Sebagai seorang laki-laki dalam keluarga, peran Ayah sudah seharusnya berperan sebagai pemimpin. Ayah harus bisa membuat keputusan dan memimpin arah jalannya rumah tangga. Hal ini Allah sebutkan dalam Quran surat An-Nisa ayat 34, bahwa laki-laki telah diberikan kelebihan daripada perempuan, sehingga sosoknya layak menjadi pemimpin.

Baca Juga: Suami Tidak Bekerja, Apa yang Harus Moms Lakukan?

Peran ayah sebagai pelindung dalam keluarga

Pelindung bagi keluarga

Ayah mempunyai peran sebagai pelindung dalam keluarga. Sosok Ayah dengan segala kelebihannya membuatnya harus menjadi orang pertama yang siap menjadi pelindung jika terjadi sesuatu dengan anggota keluarga.

Memberikan yang terbaik untuk anak

Setiap Ayah, mempunyai hak untuk memberikan seluruh yang terbaik untuk anaknya. Hak-hak ini antara lain seperti memberikan nama, mendidik anak, dan memberi kedudukan yang baik untuk anak.

Mengajarkan hal-hal baik untuk anak

Tidak hanya Ayah yang harus memiliki sikap bijaksana, namun perlu diajarkan dan dibagi kepada anak. Islam mencontohkan bagaimana seorang ayah mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang baik melalui kisah hidup para Nabi, contoh salah satunya adalah kisah Nabi Luqman yang mengajari putranya pentingnya kejujuran dan akuntabilitas.

Bersikap adil kepada istri dan anak

Bersikap adil

Peran Ayah dalam keluarga menurut islam berikutnya yaitu harus mampu bersikap adil. Hal ini karena perannya sebagai pemimpin keluarga, seorang Ayah juga harus bisa memiliki sikap yang bijaksana.

Sosok ayah harus mampu bersikap adil terhadap semua anggota keluarga, baik itu kepada anak-anaknya maupun kepada istrinya.

Peran ayah sebagai sosok panutan yang baik dalam keluarga

Pasalnya, orang tua mempunyai hak dan kewajiban untuk mendidik anak. Tidak heran apabila mereka harus dapat menjadi sosok panutan yang baik bagi anak-anaknya. Seorang Ayah harus mampu mencerminkan bagaimana seharusnya menjadi laki-laki yang baik, agar dapat dijadikan contoh oleh anak laki-lakinya dan dijadikan acuan bagi anak perempuannya pada saat hendak mencari pasangan.

Baik peran Ayah dan peran Ibu sama-sama penting dalam mengurus keluarga dengan baik dan benar. Dengan kolaborasi yang baik, hasil yang maksimal pun akan dapat dicapai. Semoga Moms dan anak-anak bisa tambah sayang kepada Ayah, ya! Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengatasi Keluarga Toksik Berikut Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x