Menurut Asta (2019) Insecure atau insecurity artinya tindakan dari adanya emosi jika kita menilai diri kita menjadi seorang inferior dari orang lain. Apakah Moms pernah merasa insecure? Apa penyebabnya? Bagaimana cara mengatasi agar tidak insecure? Simak ulasannya berikut.

Penyebab Insecure

Membandingkan diri dengan orang lain 

Comparison is a thief of joy. Ketika kita membandingkan diri dengan orang lain, kita melihat kelebihan orang lain yang tidak dimiliki oleh kita. Hal itu dapat membuat kita menjadi insecure dan menjadi tidak percaya diri. Ingatlah bahwa Tuhan menciptakan setiap orang spesial dan unik.

Melihat ke masa lalu

Mungkin Anda mempunyai masa lalu yang gelap dan hal itu membuat Anda merasa tidak layak untuk hidup. Ketahui bahwa masa depan tidak ditentukan oleh apa yang Anda lakukan kemarin, akan tetapi ditentukan oleh apa yang Anda kerjakan hari ini. Apa yang telah berlalu, biarkanlah berlalu. Jangan biarkan masa lalu mendefinisikan siapa diri Anda sekarang.

Kurangi melihat sosial media

Sosial media memang tidak sepenuhnya buruk, bahkan bisa menjadi tempat untuk mendapat inspirasi. Akan tetapi, apabila Anda terlalu sering melihat sosial media orang lain, Anda bisa menginginkan apa yang mereka punya dan merasa tidak cukup dengan talenta atau barang yang Anda punya. Bersyukurlah atas apa yang telah Anda punya dan kurangi untuk sering cek sosial media. 

Overthinking

Terlalu banyak berpikir akan berpengaruh pada kesehatan. Bukan berarti Anda menjadi orang yang cuek, akan tetapi jangan terlalu keras pada diri sendiri. Kurangi untuk selalu berpikir bahwa Anda tidak berharga, tidak menarik, dan tidak pintar. Mulailah untuk selalu berpikiran positif.

Tidak perlu mendengar kata-kata negatif orang lain. 

Kita memang tidak bisa mengontrol perkataan orang lain. Akan tetapi, kita bisa memilih perkataan siapa yang ingin kita percayai. Jika ada seseorang yang mengatakan hal negatif tentang diri Anda, jangan simpan perkataan tersebut dalam hati. Ingatlah bahwa identitas Anda tidak ditentukan oleh apa yang dikatakan orang lain. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang berkata positif dan percaya pada kemampuan yang Anda miliki. 

Cara Mengatasi Agar Tidak Insecure

Fokus untuk mencintai diri sendiri

Fokus mencintai diri sendiri merupakan salah satu cara agar tidak insecure. Hal ini bisa membuat Anda mengetahui kekuatan dan kelemahan yang terdapat pada diri Anda sehingga cepat atau lambat Anda akan paham akan karakteristik diri Anda. Hal ini memiliki tujuan yaitu memudahkan langkah kedepannya untuk dapat mengetahui dan mengembangkan apa yang sebenarnya menjadi passion Anda.

Stop membandingkan diri dengan orang lain

Membanding-bandingkan diri dengan orang lain tidak selamanya berujung negatif, namun biasanya banyak energi yang terbuang akibat melakukannya dan secara tidak langsung membanding-bandingkan diri dengan orang lain bersifat toxic. Terlebih membanding-bandingkan diri dengan seseorang di media sosial, hal itu akan mengakibatkan banyak energi terbuang. Berusahalah untuk fokus dengan proses dan tujuan hidup diri sendiri.

Kelilingi diri dengan orang yang selalu mendukung

Mengelilingi diri dengan orang – orang yang mendukung seluruh kemampuan Anda merupakan tips selanjutnya agar tidak insecure. Lingkungan pertemanan dan cara bergaul merupakan salah satu faktor yang menentukan sifat dan karakteristik Anda di dalam hidup. Memiliki teman dan dikelilingi oleh orang-orang yang tidak suportif akan mendorong Anda untuk semakin tidak percaya diri dan berujung menjadi insecure..

Cari kelebihan dan keunikan diri

Mencoba untuk mencari kelebihan dan keunikan dirimu akan lebih bermanfaat dibandingkan Anda hanya fokus membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Hal ini karena bisa jadi kelebihan dan keunikan yang Anda punya, memiliki value yang sangat tinggi dan berguna untuk kedepannya. 

Jangan berhenti bersyukur

Cara terakhir agar tidak insecure adalah dengan selalu bersyukur, dengan bersyukur banyaknya beban pikiran yang dipikirkan akan perlahan berkurang dan hilang seiring berjalannya waktu. Namun, perlu diingat bahwa bersyukur saja tidak cukup, Anda harus tambahkan dengan selalu berusaha dan berdoa dengan sekuat tenaga.

Itulah beberapa penyebab dan tips agar Anda tidak insecure. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Cara untuk Tidak Mudah Mengeluh yang Bisa Moms Terapkan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like