Cara menghilangkan lutut hitam ternyata tidak susah, lho. Ada beberapa bahan alami yang bisa Moms manfaatkan untuk membuat lutut kembali terlihat cerah dan mulus. Untuk Moms yang tidak percaya diri dengan penampilan karena lutut yang hitam, simak beberapa cara untuk memutihkan lutut dengan bahan alami di bawah ini. 

Cara menghilangkan lutut hitam secara alami

1. Teh hijau

Bahan alami yang pertama yaitu teh hijau. Teh hijau dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan lutut hitam karena bahan alami ini mengandung epigallocatechin gallate, yang mana terbukti dapat mencegah produksi melanin berlebih di kulit. 

Cara menggunakannya, Moms cukup menyeduh teh hijau di dalam gelas yang berisi air hangat, lalu basahi kapas dengan seduhan tersebut dan oleskan pada area lutut. Lakukan sebanyak dua kali sehari. 

2. Lidah buaya

Menggunakan lidah buaya dapat menjadi salah satu cara menghilangkan lutut hitam. Lidah buaya yang mengandung aloin, terbukti mampu mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Moms cukup mengoleskan gel lidah buaya pada area lutut yang hitam dan pijat dengan lembut. Ulangi cara ini sebanyak 2-3 kali seminggu. 

Walaupun begitu, diperlukan penelitian yang lebih lanjut guna memperkuat bukti bahwa lidah buaya dapat memutihkan kulit. 

3. Kunyit

Curcumin, komponen utama kunyit, dipercaya mampu memutihkan kulit. Selain itu, curcumin juga dapat mengurangi produksi melanin, sehingga resiko hiperpigmentasi pun berkurang. 

Caranya, cukup campurkan ½ sendok kunyit dengan satu sendok yogurt atau madu, lalu oleskan campuran tersebut pada area lutut yang hitam. Biarkan selama 10-15 menit dan cuci hingga bersih. Ulangi cara ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

4. Lemon

Lemon terkenal dengan kemampuannya sebagai zat pemutih alami, sehingga bahan alami ini dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan lutut hitam. 

Cukup belah lemon menjadi dua, lalu tempel dan gosokan pada area lutut yang hitam. Cara ini bisa  Moms lakukan di malam hari dan bilas keesokan harinya. 

5. Minyak kelapa

Mungkin Moms baru mendengar bahwa minyak kelapa dapat digunakan untuk memutihkan lutut. 

Ternyata, minyak kelapa dipercaya mampu mengurangi peradangan, mencegah infeksi pada kulit, serta menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. 

Pilihlah minyak kelapa yang terdapat label “extra-virgin” atau “virgin”. Karena, kedua jenis inilah yang paling memberikan manfaat untuk kulit. 

6. Soda kue

Bahan alami yang terakhir adalah soda kue. Soda kue memiliki sifat eksfoliasi dan mampu membuat kulit lutut yang hitam menjadi mengelupas. Inilah yang menjadikannya dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan lutut hitam. 

Caranya yaitu campur soda kue dan susu sampai bertekstur seperti pasta dan oleskan di bagian lutut yang hitam. 

Tapi meskipun begitu, belum ada penelitian yang dapat memperkuat klaim bahwa soda kue bisa memutihkan lutut yang hitam. 

Baca juga: Kenapa Bibir Hitam Meskipun Tidak Merokok?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like