Tanaman lidah mertua belakangan ini menjadi favorit selama masa pandemi. Tidak hanya bisa menambah estetika, apabila ditaruh di dalam ruangan juga diyakini dapat menyerap racun. Cocok ditaruh di dalam rumah karena dapat membantu menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen pada malam hari. Tidak heran apabila tanaman dengan nama lain sansevieria ini sangat populer sebagai tanaman dalam ruangan. Lalu, bagaimana cara merawat tanaman lidah mertua? Berikut penjelasannya.

Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua

Merawat tanaman ini sebenarnya tidak memerlukan keahlian khusus loh, Moms. Berikut beberapa cara merawat lidah mertua, antara lain:

Berikan Paparan Sinar Matahari yang Cukup

Tanaman ini dapat mentoleransi sinar redup dan terang. Namun tetap perlu mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Moms dapat meletakkannya di dekat jendela yang menghadap selatan atau meletakkan sekitar 10 meter dari jendela yang menghadap barat atau timur. Jika tidak memungkinkan mendapat lokasi yang pas di dalam rumah untuk tanaman ini, Moms dapat mengeluarkan tanaman ini setiap pagi untuk mendapatkan sinar matahari langsung selama beberapa saat.

Siram Sebanyak Dua Kali Seminggu

Tanaman lidah mertua pada dasarnya tidak memerlukan terlalu banyak air. Tanaman ini dapat bertahan di tempat yang persediaan airnya tidak melimpah. Moms dapat menyiramnya sebanyak dua kali seminggu.

Gunakan Pupuk Organik

Umumnya, lidah mertua dapat Moms tanam di tanah biasa selama tidak terlalu lembap. Jika menggunakan pupuk, disarankan menggunakan pupuk organik yang dapat terurai dalam kurun waktu yang cukup lama. Pupuk cair atau pupuk kocor tidak terlalu disarankan untuk tanaman ini.

Bersihkan dari Gulma

Apabila Moms meletakan tanaman ini di dalam ruangan, kecil kemungkinan akan tumbuh gulma. Namun, ada baiknya sebelum ditaruh di dalam ruangan, pot tanaman lidah mertua sebaiknya bebas dari gulma atau rumput liar. Bersihkan dari gulma agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik.

Itulah tips-tips dasar dalam merawat tanaman lidah mertua di dalam ruangan. Nah, apakah Moms tertarik untuk mempunyai tanaman ini sebagai pengisi waktu luang selama masa pandemi? Semoga bermanfaat ya, Moms!

Baca Juga: Cara Merawat Monstera yang Sedang Hits di dalam Rumah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like