Banyak orang berpendapat bahwa cemburu merupakan tanda sayang. Mengekspresikan rasa sayang dengan tidak rela melihat pasangan sibuk dengan gadget atau hal lain memang merupakan hal yang sangat wajar. Jika kata cemburu sepertinya masih dapat diterima akal sehat, namun bagaimana dengan posesif? Bagaimana cara menghadapi pasangan yang posesif? Simak penjelasannya.

Apa Itu Posesif?

Posesif yang terjadi dalam hubungan yaitu saat seseorang punya rasa memiliki yang tinggi terhadap pasangan. Hal ini umumnya lebih dari cemburu bisa mengarah pada hal yang negatif. Posesif dapat dimulai dari melarang bepergian dengan siapa pun kecuali dia, mengikuti secara diam-diam bahkan mengancam untuk melukai apabila tidak mengikuti keinginannya. Intinya adalah ia merasa bahwa Anda adalah miliknya.

Pada zaman modern ini, posesif tidak hanya sebatas fisik. Mereka yang benar-benar posesif tidak hanya bisa mengecek smartphone Anda terus-menerus, tapi juga dapat menghubungi setiap orang yang dekat dengan Anda untuk menjauh. Menghadapi pasangan posesif bukanlah hal yang mudah, ketahui ciri – ciri pasangan posesif berikut ini.

Ciri Pasangan Posesif

Setiap orang mungkin memiliki cara yang berbeda untuk mengekang pasangannya. Yang paling sering terjadi yaitu melarang Anda untuk bertemu teman-teman, memantau pergerakan di media sosial, bahkan meminta password e-mail dan smartphone. Apabila Anda pergi sendiri, secara diam-diam ia akan mengikuti Anda.

Terdapat ciri lain yang berbahaya untuk hubungan Anda yaitu pasangan yang posesif biasanya selalu menjadi pihak yang mengambil keputusan. Boleh atau tidaknya Anda jalan dengan teman-temanmu tergantung padanya. Bahkan dalam menghadapi pasangan posesif, baju yang ingin digunakan juga harus lewat persetujuannya. Pada saat Anda mempertanyakan sikapnya, ia mengatakan bahwa semua yang ia lakukan semuanya atas dasar cinta.

Selama ini mungkin Anda masih bisa sabar menghadapi pasangan posesif yang selalu mengecek smartphone Anda hingga melarang pergi dengan teman karena Anda masih percaya bahwa itulah bukti cinta darinya untuk Anda. Akan tetapi, sebaiknya segera pergi darinya dan minta pertolongan apabila sikapnya sudah mengancam keselamatan Anda.

Tips Menghadapi Pasangan Posesif

Komunikasikan bersama pasangan

Tips pertama menghadapi pasangan yang posesif yaitu dengan membicarakan hal ini padanya. Tak jarang pasangan sendiri merasa tidak sadar bahwa apa yang ia lakukan pada Anda menjurus pada sesuatu hal yang bersifat posesif. Cobalah untuk berbicaralah dari hati ke hati mengenai sikap posesifnya. Terdapat banyak faktor yang membuat seseorang menjadi posesif. Ceritakan bahwa Anda sebenarnya merasa tidak nyaman dengan apa yang ia lakukan. Anda juga dapat mencari tahu apa penyebab utama dari rasa posesifnya tersebut. Dengan saling terbuka satu sama lain, mungkin ini bisa memperbaiki permasalahan yang ada di hubungan Anda.

Beri batasan personal Anda dengan pasangan

Menghadapi pasangan posesif mungkin tidak mudah, beberapa pasangan yang posesif bahkan bisa melakukan sesuatu yang cukup ekstrim seperti mengecek percakapan atau email Anda dengan rekan kerja, melihat isi DM akun Instagram, meminta sharing password akun media sosial, atau bahkan membaca grup chat yang Anda miliki. 

Apabila pasangan sudah berada di tahap posesif di mana ia berusaha untuk menginvasi ranah personal, maka ini saatnya Anda bertindak lebih tegas dalam menghadapi pasangan posesif. Beri tahu pasangan bahwa Anda mempunyai batasan personal yang tidak bisa ia lewati begitu saja. Apabila ia bersedia menerima masukan atas hal ini, maka beri apresiasi karena sudah berusaha menghargai dan memahami. Jika tidak, sebaiknya pertimbangkan kembali apakah hubungan Anda merupakan sesuatu yang layak untuk dipertahankan atau tidak. 

Kenalkan pasangan dengan sahabat dan teman-teman

Seringkali pasangan yang posesif tidak percaya pada apapun yang Anda kerjakan. Mungkin hal itu terjadi karena ia merasa asing dan tidak mengenal lingkungan di sekitar Anda, sehingga yang bisa ia lakukan adalah menaruh rasa curiga pada apa yang Anda lakukan. Menghadapi pasangan posesif bisa Anda lakukan dengan mengenalkan pasangan pada sahabat dan teman-teman. Sehingga ia tahu dan merasa nyaman apabila tahu dengan siapa Anda menghabiskan waktu ketika sedang tidak bersamanya.

Kabari ia sebisa mungkin

Ketika sedang berada jauh dari pasangan atau tidak bisa menghabiskan waktu bersama, cobalah untuk menghadapi pasangan posesif dengan selalu memberinya kabar. Entah itu melalui pesan atau telepon. Beri tahu ia terlebih dahulu apabila jadwal Anda mungkin sedang sibuk dan tidak bisa dihubungi sehingga ia tidak menjadi posesif yang akan terus mencari dan menanyakan keberadaan Anda.

Nah, itulah beberapa ciri dan tips menghadapi pasangan yang posesif. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Menghadapi Perceraian, Ketahui Penyebabnya dan Cara untuk Bangkit Kembali

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like