Apabila Moms mengalami kulit kering bersisik yang tidak kunjung membaik walaupun sudah menggunakan pelembab biasa, penyebabnya mungkin karena terdapat gangguan pada kulit. 

Secara medis, ada beberapa jenis penyebab kulit bersisik. Simak penjelasan yang lebih lengkap berikut ini. 

Sebenarnya apa penyebab kulit kering bersisik?

Pada umumnya tubuh mengelupaskan sel kulit mati sebanyak 30.000 hingga 40.000 setiap harinya dan digantikan dengan sel kulit yang baru. 

Lapisan paling luar kulit mengandung campuran minyak alami dan sel kulit mati yang membantu menahan air. Apabila lapisan tersebut rusak atau proses regenerasi sel kulit terjadi secara tidak seharusnya, kulit kering bersisik pun terjadi. 

Paparan sinar matahari, penuaan, bahan kimia yang keras, obat-obatan, serta penyakit tertentu juga dapat menjadi salah satu penyebab kulit bersisik. 

1. Eksim

Penyebab kulit kering bersisik yang pertama yaitu eksim. Apabila terdapat bercak merah yang bersisik dan terasa sangat gatal di kulit, bisa jadi itu adalah kondisi eksim. 

Kondisi ini seringkali disalah artikan sebagai kulit kering dan sensitif. 

Selain orang dewasa, bayi dan anak-anak juga bisa mengalami eksim. Biasanya eksim pada anak-anak terjadi di bagian pipi dan dagu, namun kulit bersisik bisa muncul di area tubuh mana saja. 

Eksim tangan mampu menyebabkan kulit di jari-jari dan telapak tangan Moms menjadi tebal, kering, serta pecah-pecah. Kulit juga akan terasa terbakar hingga berdarah. 

Belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan eksim terjadi. Para dokter menduga kondisi eksim merupakan campuran genetika serta hal-hal di sekitar lingkungan yang bereaksi pada kulit Moms, misalnya seperti:

  • Sabun mandi 
  • Parfum 
  • Wol 
  • Klorin 
  • Asap rokok 
  • Make up 

Moms juga akan melihat gejala eksim berikut ini:

  • Kulit terlihat mengeras 
  • Kulit merah atau bengkak 
  • Kulit bersisik terasa terbakar 
  • Rasa gatal yang parah 

2. Psoriasis

Penyebab kulit kering bersisik selanjutnya yaitu karena kondisi psoriasis. Sisik yang menutupi kulit tebal memerah serta bercak-bercak kulit menonjol merupakan tanda-tanda dari psoriasis plak. 

Psoriasis diduga disebabkan karena adanya kesalahan cara kerja sistem kekebalan tubuh atau gangguan autoimun. 

Hal ini pun menyebabkan sel-sel kulit baru menjadi tumbuh lebih cepat dari biasanya, sedangkan sel kulit yang lama gagal digantikan. Akibatnya, sel kulit baru dan lama menjadi menumpuk dan menyebabkan kulit luka, bersisik, serta gatal. 

Psoriasis bisa muncul di telapak tangan, punggung bawah, telapak kaki, kulit kepala, dan siku. 

Selain itu, psoriasis juga bisa menyebabkan kuku menjadi hancur, rontok, bahkan berlubang. Kondisi ini muncul melalui keluarga dan bukan termasuk penyakit yang menular. 

3. Dermatitis popok

Dermatitis popok juga merupakan salah satu penyebab kulit kering bersisik. Kulit merah, iritasi atau bersisik pada pantat bayi mungkin saja disebabkan karena kondisi dermatitis popok atau yang biasa disebut sebagai ruam popok. Kondisi ini umum terjadi pada bayi 9 bulan hingga 10 bulan. 

Ruam popok biasa muncul di sekitar lipatan paha dan juga alat kelamin, kebanyakan merupakan area yang tertutup popok. 

Kondisi ini tidak memerlukan perawatan yang ekstra, namun apabila ruam popok bayi tidak kunjung menghilang, Moms bisa menemui dokter guan mencari tahu apa penyebabnya dna perawatan apa yang sebaiknya dilakukan. 

4. Dermatitis seboroik

Penyebab kulit kering bersisik yang terakhir yaitu dermatitis seboroik. Gangguan ini merupakan penyebab kulit kepala yang kering dan bersisik sehingga terdapat serpihan ketombe. 

Apabila Moms mempunyai dermatitis seboroik, kulit kepala dan sekitarnya akan terasa berminyak serta terdapat sisik berkerak putih atau kuning. 

Biasanya Moms bisa menemukan serpihannya di bagian alis. Jenis ketombe ini juga bisa mempengaruhi kulit belakang telinga serta sisi hidung Moms. 

Untuk memastikan kondisi kulit mana yang menjadi penyebab kulit kering bersisik, Moms bisa mengonsultasikannya dengan dokter spesialis kulit atau dermatolog. 

Baca juga: Penyebab Kulit Keriput serta Cara Mencegahnya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like