Walaupun harus bekerja dari rumah karena pandemi, sebaiknya hindari bekerja secara berlebihan. Gunakan waktu luang Moms untuk mengistirahatkan pikiran agar terhindar dari stress. Mengisi waktu luang selama pandemi membuat Moms bisa lebih mengeksplorasi aktivitas yang mungkin jarak dipikirkan sebelumnya. Selain itu, pikiran Moms dapat beristirahat sejenak dan mengisinya dengan berbagai hal positif. Berikut ini beberapa kegiatan bermanfaat yang bisa Moms lakukan untuk mengisi waktu luang. 

5 aktivitas untuk mengisi waktu luang selama pandemi 

1. Menata rumah

Aktivitas untuk mengisi waktu luang selama pandemi yang pertama yaitu dengan menata rumah. Mulailah dengan membersihkan halaman depan rumah agar menjadi bersih dan tidak mengganggu kebersihan di lingkungan sekitar karena halaman rumah yang bersih akan mengurangi kelembaban. 

Kemudian lanjutkan dengan menata bagian dalam rumah. Rapikan dan pisahkan barang-barang yang sudah tidak dipakai agar rumah tidak penuh dengan barang-barang tersebut. Moms bisa menyumbangkan barang yang masih layak pakai kepada orang lain. 

2. Membersihkan rumah secara detail 

Kegiatan untuk mengisi waktu luang secara pandemi yang selanjutnya yaitu dengan membersihkan rumah secara mendetail. Moms bisa memulai dengan membersih debu yang menempel di perabotan rumah, mengganti sprei kasur, dan membersihkan kamar mandi agar tidak menjadi tempat lembab dan ditumbuhi oleh lumut. Selain itu, bersihkan juga kipas angin atau filter pendingin udara.

Dengan menjaga kebersihan rumah, Moms dapat berperan dalam mengurangi terjadinya kemungkinan penularan virus corona pada keluarga di rumah. 

3. Membersihkan email

Membersihkan isi email mungkin akan terdengar tidak penting. Tetapi, email yang penuh akan membuat Moms menjadi bingung dan sulit untuk mencari email penting. Bukan hanya itu, email juga akan terlihat berantakan sehingga tidak menarik untuk dilihat. Oleh karena itu, membersihkan email juga bisa menjadi salah satu aktivitas untuk mengisi waktu luang selama pandemi. 

Pisahkanlah email yang penting dan tidak agar tidak memenuhi inbox. Hapus juga email yang ada di kotak Social dan Spam. Tandai mana saja email yang tidak penting lagi sehingga bisa dihapus. 

4. Melakukan hobi yang Moms suka

Jika selama ini Moms tidak mempunyai waktu tepat untuk melakukan hobi, gunakanlah waktu selama Moms bekerja di rumah untuk melakukan hobi-hobi tersebut. Biasanya hobi memerlukan waktu yang tidak sedikit, sehingga Moms bisa memanfaatkan waktu luang yang ada untuk mengasah dan menjalankan hobi kesukaan. 

Saat melakukan hobi, hindarilah untuk bepergian ke luar rumah selama masa karantina. Sebagai gantinya, usahakan untuk melakukan hobi kesukaan di rumah. Moms bisa mencoba untuk mengeksplor hobi baru untuk mengisi waktu luang selama pandemi. 

5. Rutin berolahraga 

Aktivitas untuk mengisi waktu luang selama pandemi yang satu ini sangat penting yaitu rutin berolahraga. Karena dengan berolahraga, tubuh Moms akan menjadi sehat dan dapat menguatkan sistem imun. Selain itu, pikiran Moms akan menjadi rileks karena hormon yang dikeluarkan dari tubuh. 

Moms bisa melakukan gerakan ringan seperti stretching atau yoga. Jika Moms mempunyai treadmill atau sepeda statis maka ini akan memudahkan kegiatan olahraga. Hindari melakukan olahraga berat seperti mengangkat beban yang terlalu berat agar terhindar dari cedera. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kulkas dengan Benar

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like