Rambut panjang dan sehat merupakan impian yang dimiliki sebagian besar wanita. Tetapi sayangnya, tidak semua wanita memiliki pertumbuhan rambut yang cepat sehingga sulit untuk mendapatkan rambut panjang. Ada banyak hal yang mempengaruhi rambut yang sulit panjang, diantaranya yaitu kurangnya vitamin di akar rambut, salah memilih produk, hingga terjadinya kerontokan. Apabila Moms mengalami kondisi tersebut, simak beberapa cara yang bisa dilakukan supaya rambut cepat panjang. 

Hal apa yang harus dilakukan supaya rambut cepat panjang?

1. Mengonsumsi vitamin yang dapat merangsang pertumbuhan rambut 

Hal pertama yang bisa Moms lakukan supaya rambut cepat panjang yaitu dengan mengonsumsi vitamin. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B dan D agar dapat membantu pertumbuhan rambut. 

Vitamin bisa membantu menciptakan folikel baru. Hal ini mampu mengurangi kerontokan rambut atau dapat meningkatkan ketebalan rambut Moms. Selain itu, vitamin D yang dikonsumsi bisa mengaktifkan kembali folikel sehingga dapat memicu pertumbuhan rambut. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan vitamin B dan D diantaranya jamur, biji-bijian, serta ikan salmon. 

2. Mencuci rambut dengan air dingin 

Mencuci rambut dengan air dingin ternyata merupakan salah satu cara yang bisa Moms lakukan supaya rambut cepat panjang. Air dingin dapat membantu lapisan luar rambut menjadi lancar sehingga mampu mencegah hilangnya kelembaban rambut serta kerusakan akibat panas. 

Air dingin juga mampu meningkatkan sirkulasi darah sehingga akar rambut dan kulit kepala mendapatkan semua nutrisi agar tetap sehat. Nah, untuk Moms yang memiliki kulit kepala berminyak, sebaiknya cucilah rambut dengan air dingin. 

3. Memilih shampo yang tepat untuk pertumbuhan rambut 

Shampo adalah hal penting dalam melakukan perawatan rambut. Karena, selain membersihkan, shampo juga dapat membantu pertumbuhan rambut. Maka dari itu, supaya rambut cepat panjang, pilihlah shampo yang sesuai dan terdiri dari bahan alami sehingga rambut terhindar dari kerusakan.  

Namun, Moms harus menghindari terlalu lama menggunakan shampo terlalu lama di rambut. Karena, rambut dan kulit kepala akan kehilangan minyak alami sehingga menyebabkan rambut menjadi rapuh dan kerusakan pun terjadi. Ini akan menyebabkan rambut menjadi sulit untuk tumbuh. 

4. Gunakan kondisioner

Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner supaya rambut cepat panjang, ya. Dengan menggunakan kondisioner, akan membantu lipid dan protein yang ada pada batang rambut dan menjaga kutikula luar sehingga rambut tidak cepat rusak. Selain itu, kondisioner juga dapat meningkatkan elastisitas serta kekuatan rambut dari waktu ke waktu. 

Aplikasikan kondisioner ketika rambut masih basah selama 15-30 menit. 

5. Hindari menggunakan handuk saat mengeringkan rambut 

Ternyata proses pengeringan rambut juga berpengaruh terhadap proses pertumbuhan rambut, lho. Saat Moms mengeringkan rambut secara kasar, hal ini akan menyebabkan rambut menjadi kusut dan malah memicu kerusakan yang lainnya. 

Apabila Moms ingin mengeringkan rambut dengan handuk, pilihlah handuk dengan bahan lembut dan keringkan dengan cara mengusap rambut secara halus. Dan jika Moms memiliki rambut keriting, pilihlah handuk yang berbahan katun. 

Namun, cara yang tepat untuk mengeringkan rambut adalah dengan membiarkannya kering dengan sendirinya atau dengan udara. Dengan begini, rambut akan terhindar dari kekusutan dan membuat rambut menjadi lebih kuat. 

6. Menjaga rambut dari kerusakan 

Cara terakhir supaya rambut cepat panjang yaitu dengan menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut itu sendiri. Caranya yaitu dengan mengurangi penggunaan hair dryer, mewarnai rambut, atau menggunakan pelurus rambut dari bahan kimia. 

Selain itu, Moms juga harus melindungi rambut dari paparan sinar matahari langsung. Karena paparan sinar matahari yang berlebihan mampu merusak kulit kepala dan rambut. Kerusakan rambut yang diakibatkan oleh sinar matahari biasanya ditandai dengan beberapa hal, seperti ujung rambut yang pecah, penipisan rambut, helai rambut menjadi kering dan rapuh, serta perubahan warna rambut. 

Nah, untuk mencegahnya, Moms diharuskan untuk menggunakan produk rambut yang diperkaya oleh pelindung sinar UV. Moms juga bisa menggunakan payung atau topi saat matahari sedang terik. 

Baca juga: Perawatan Rambut Rontok Parah yang Bisa Moms Lakukan!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like