Tentunya kita sudah mengenal keterampilan menggambar sejak kecil, terlepas apakah hasilnya bagus atau sebaliknya. Untuk sebagian orang, keterampilan menggambar dapat diasah sehingga semakin mahir, bahkan tidak jarang jadi profesi di masa depan. Sebenarnya, apa manfaat menggambar yang luar biasa? Simak penjelasan berikut.

Mengembangkan keterampilan sensor motorik halus

Manfaat menggambar pertama yang luar biasa yaitu dapat mengembangkan keterampilan sensor motorik halus. Hal tersebut sangat bermanfaat terutama untuk anak-anak. Anak-anak bisa mulai menggunakan pensil, krayon dan spidol.

Meningkatkan kreativitas dan imajinasi pada otak

Manfaat menggambar selanjutnya yang luar biasa yaitu dapat menumbuhkan kreativitas. Tidak hanya itu, imajinasi pun akan berkembang. Anak-anak akan mulai untuk mengenal pola dan warna. Kemampuan koordinasi otak, mata dan tangan juga akan semakin terasah.

Meningkatkan perkembangan emosional dan sosial

Menggambar memiliki manfaat yaitu merangsang perkembangan emosional dan kepercayaan diri. Menggambar juga dapat meningkatkan interaksi dengan orang lain, khususnya pada orang dengan hobi serupa.

Memperkuat ikatan emosional

Menggambar bersama-sama juga memiliki manfaat yang luar biasa loh, Moms. Yaitu dapat bermanfaat untuk meningkatkan ikatan emosional dengan orang lain. Secara perlahan, interaksi akan terjadi ketika sedang menggambar bersama.

Memperbaiki suasana hati yang buruk

Ketika  menggambar, Moms akan berkonsentrasi sehingga perhatian akan tercurah hanya untuk membuat bentuk. Pada saat yang bersamaan, otak akan menyingkirkan emosi, kesedihan dan hal-hal negatif lainnya. Setelah selesai menggambar, Moms atau sang buah hati akan merasakan suasana hati yang lebih positif.

Terapi kejiwaan

Setiap orang rentan mengalami gangguan kejiwaan. Siapa sangka bahwa menggambar memiliki manfaat yang luar biasa dalam hal ini. Dilansir dari Very Well, menggambar dan mewarnai merupakan bagian dari terapi seni. Terapi ini memiliki manfaat untuk mengobati berbagai gangguan kejiwaan atau psikologis.

Mendapatkan solusi dari masalah

Perasaan tenang yang Moms dapatkan ketika menggambar akan membuat pikiran jernih. Oleh karena itu, Moms dapat memikirkan lebih baik masalah hidup Moms. Tidak berarti Moms tidak bisa menemukan solusi dari masalah tersebut.

Nah itulah berbagai manfaat dari menggambar, ternyata sangat banyak ya, Moms!

Tidak hanya untuk Moms, anak-anak pun dapat memperoleh manfaat yang luar biasa. So, ayo menggambar!

Baca Juga: Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Obat dan Prosedur

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like