Perhiasan emas yang sering Moms gunakan lama-kelamaan bisa terlihat kusam. Hal tersebut juga dapat disebabkan karena menumpuknya kotoran pada perhiasan, baik dari keringat atau kontak langsung dengan beberapa elemen yang berbahaya untuk perhiasan, seperti parfum dan bahan kimia lainnya. Lalu bagaimana cara membersihkan perhiasan emas yang kusam agar kembali berkilau? Berikut penjelasannya.

Membersihkan Perhiasan Emas Agar Tidak Kusam

Gunakan Pembersih Perhiasan

Sekarang telah banyak pembersih perhiasan yang dijual di pasaran yang dapat Moms gunakan untuk membersihkan perhiasan emas. Beberapa pembersih tersebut hadir dalam berbagai bentuk. Ada pembersih yang berupa cairan dengan sikat pembersih, kertas pembersih, maupun mesin pembersih perhiasan. 

Gunakan Sabun

Untuk membersihkan perhiasan emas yang telah memudar, Moms dapat mencampurkan air soda hangat dengan beberapa tetes sabun cuci piring yang berbentuk cair. Pastikan agar air tidak mendidih, cukup hangat saja, karena apabila air terlalu panas dapat merusak batu mulia.

Setelah dicampurkan, Moms dapat merendam perhiasan emas pada campuran tersebut dan biarkan selama 15 menit. Selanjutnya ambil perhiasan lalu gunakan sikat gigi lembut untuk menggosok perhiasan. Bilas menggunakan air hangat dan keringkan dengan kain lembut.

Gunakan Ammonia

Apabila Moms ingin menggunakan ammonia untuk membersihkan perhiasan emas yang kusam, sebaiknya untuk menggunakan hanya sesekali saja. Hal ini karena apabila terlalu sering menggunakan ammonia pada perhiasan, dapat membuat perhiasan rusak. Ammonia umumnya tidak cocok untuk perhiasan platinum dan mutiara.

Caranya yaitu dengan mencampur ammonia dengan air, perbandingan 1:6. Lalu rendam perhiasan selama 60 detik dan bilas secara menyeluruh, keringkan dengan kain lembut, dan biarkan terkena udara.

Baca juga: Cara Membersihkan Perhiasan Imitasi Agar Tetap Indah

Tips Pemakaian Perhiasan Emas Agar Tetap Awet

Apabila diperlakukan dengan benar dan baik, perhiasan emas akan bertahan selama bertahun-tahun. Berikut beberapa hal yang perlu Moms ingat dalam mengenakan perhiasan emas, antara lain:

Lepaskan perhiasan emas ketika olahraga atau melakukan aktivitas berisiko

Emas adalah logam lunak. Hal ini dapat membuat kualitas perhiasan emas rentan menurun akibat terbanting, tergores atau terbentur benda keras sehingga penyok. Sebaiknya, lepas cincin, arloji, dan gelang emas ketika Moms berolahraga atau melakukan aktivitas yang berisiko.

Klorin merupakan musuh emas

Jika paparannya berulang, klorin akan melemahkan struktur perhiasan emas Moms dan pada akhirnya menyebabkannya rusak. Pastikan untuk melepas perhiasan Moms sebelum masuk kolam renang atau spa.

Hati-hati dengan cairan pembersih

Cairan pembersih perabot rumah tangga yang memiliki kandungan asam atau zat abrasive bisa merusak lapisan emas di perhiasan Moms. Gunakan sarung tangan karet saat atau lepaskan perhiasan emas saat Moms membersihkan perabot dengan cairan yang memiliki kandungan zat abrasive.

Lepas perhiasan emas ketika Moms make-up

Makeup, parfum, hairspray, dan lotion dapat merusak lapisan emas di perhiasan Moms. Oleh karena itu, sebaiknya lepaskan dulu perhiasan emas ketika Moms sedang make-up.

Lepaskan perhiasan emas sebelum mandi

Mengenakan perhiasan emas ketika mandi ada baiknya tidak dilakukan. Hal ini karena dapat mengakibatkan penumpukan sabun pada perhiasan Moms.

Nah, itulah beberapa cara dalam membersihkan perhiasan emas. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Baca Juga: Cara Membersihkan Perhiasan Perak Agar Selalu Mengkilap

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like