Moms harus pintar dalam membagi fungsi rumah jika ingin menata rumah kecil. Pilihan warna dan tata letak furniture juga berpengaruh besar, lho. Nah, untuk Moms yang ingin tahu apa saja tips untuk menata rumah dengan ruang yang terbatas agar menjadi selalu rapi, simak beberapa tipsnya di bawah ini!

Berikut tips dalam menata rumah kecil

1. Simpanlah barang pada tempatnya

Menata rumah kecil akan sulit jika terdapat banyak barang yang berserakan di sekitar rumah, apalagi jika barang-barang tersebut berukuran kecil. Untuk mencegahnya, Moms harus mempunyai tempat penyimpanan tetap untuk barang-barang tersebut. 

Apabila barang-barang tersebut sudah memiliki tempatnya masing-masing, Moms pun tidak akan kesusahan dalam mencarinya. 

2. Membersihkan rumah dengan rutin

Tips menata rumah kecil yang selanjutnya yaitu dengan rutin membersihkan rumah. Buatlah jadwal membersihkan rumah bersama anggota keluarga minimal satu minggu sekali. Apabila rutin dilakukan, pekerjaan ini akan terasa ringan. 

3. Memilih perabotan secara bijak 

Memiliki banyak perabotan di rumah akan menambah pekerjaan Moms ketika menata rumah. Oleh karena itu, Moms harus lebih bijak dalam memilih perabotan yang benar-benar dibutuhkan. Pilih furniture multifungsi walaupun berukuran besar. Pilih juga kasur lipat yang bisa dinaikkan saat tidak dipakai. 

Hindari perabotan berukuran bulat dan tebal karena akan membuat perabotan menjadi terlihat berat. Selain itu, selaraskan juga warna perabot dengan tembok ruangan, karena ruangan akan terlihat sempit jika terdapat terlalu banyak warna di dalamnya. 

4. Menata furniture di dalam ruangan

Ada beberapa tips yang bisa Moms lakukan dalam mengatur furniture saat menata rumah kecil. Letakkan sofa hingga merapat ke dinding, pilih meja tv dan ruang tamu yang memanjang agar penggunaan ruang menjadi lebih efisien. Jangan menempatkan sofa secara terpisah-pisah di dalam ruangan. Tata sofa secara berdempetan dan memanjang agar dapat diduduki banyak orang.

Baca juga: 7 Tips Gaya Berpakaian Wanita Pendek! 

5. Meminimalisir sekat

Menyekat ruangan memang akan membuat fungsi ruang menjadi jelas, tetapi ini hanya akan membuat ruangan menjadi lebih sempit. Saat menata rumah kecil, sebaiknya biarkan ruangan di dalamnya tampak mengalir sehingga terlihat lebih lapang. 

Sebagai gantinya, Moms bisa membedakan dua ruangan dengan menggunakan karpet atau warna lantai yang berbeda. 

6. Memasang wallpaper

Warna dinding bisa mempengaruhi keindahan ruangan saat menata rumah. Ketika menata rumah kecil, pilihlah warna terang atau netral seperti putih, kuning, hijau, atau biru agar ruangan terlihat lebih luas. Hindari memilih warna gelap karena akan membuat ruangan menjadi tampak sempit. Selain itu, Moms juga bisa menggunakan wallpaper dinding. Corak wallpaper akan membuat dinding menjadi tampak cantik. 

7. Membuat ruangan multifungsi

Dalam menata rumah kecil, Moms bisa membuat sebuah ruangan menjadi ruangan multifungsi. Contohnya, menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga atau dapur dengan ruang makan. Dengan begini, Moms juga akan mudah dalam membereskan perabotan rumah. 

8. Mengatur sirkulasi udara 

Sirkulasi udara adalah salah satu hal utama yang perlu Moms ingat. Untuk rumah kecil, Moms bisa menggunakan pintu dan jendela yang berukuran besar agar rumah terlihat lebih lenggang. Selain itu, Moms juga bisa menggunakan pintu dan jendela geser.

9. Pintar memilih ornamen 

Tips terakhir dalam menata rumah kecil yaitu dengan memasang orname yang menarik. Apabila Moms mempunyai ornamen menarik, pajanglah di atas meja ruang tamu atau rak dinding. Pilihlah ornamen yang tidak terlalu besar. Selain itu, pilihlah ornamen yang berwarna kontras dengan dinding ruangan agar keberadaannya menonjol. 

Itulah 9 tips yang bisa Moms terapkan jika ingin menata rumah yang kecil. Selamat mencoba!

Baca juga: Lakukan Aktivitas Ini untuk Mengisi Waktu Luang Selama Pandemi!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like