Menata interior rumah minimalis tapi elegan terkadang bukan hal yang mudah, terlebih jika Moms hanya punya dana terbatas. Akan tetapi, merealisasikan model rumah minimalis tapi elegan bukan hal mustahil dan bahkan dapat dicapai dengan totalitas yang sempurna. Bagaimana menata rumah minimalis dan elegan? Simak penjelasan berikut ini.

Banyak desainer interior yang membeberkan rahasia menata rumah minimalis tapi elegan, dari menambahkan dekorasi tertentu hingga mengecat titik- titik strategis dalam rumah.  

Tips Menata Rumah Minimalis

Rumah Bersih Sama dengan Rumah Mewah

Rajin mempunyai sistem penataan dan pembersihan secara rutin untuk rumah minimalis merupakan kunci dari menjaga kesehatan untuk semua anggota keluarga.

Membersihkan debu dan mengelap perkakas rumah tangga merupakan perawatan rutin yang harus dikerjakan setidaknya sekali dalam seminggu atau dua minggu. Pastikan Moms juga membersihkan jendela, bagian langit-langit, hingga sudut ruangan tanpa meninggalkan celah sedikitpun.

Cat Rumah dengan Warna yang Tepat

Menentukan warna cat rumah yang tepat mungkin merupakan salah satu keputusan tersulit yang harus diambil oleh pemilik rumah. Namun jika Moms ingin punya rumah minimalis, coba kombinasi antara “berani dan dramatis” atau “lembut dan serba kalem”.

Dengan  memilih salah satu dari dua pilihan diatas, Moms dapat menciptakan rumah minimalis dan elegan yang berkarakter.

Jangan lupa pilih warna hitam untuk pintu rumah karena warna hitam dapat memberikan kesan mewah. Imbangi juga dengan beberapa dekor ruangan lainnya yang berwarna hitam.

Gunakan Bantal Empuk

Bantal-bantal berbagai ukuran merupakan salah satu cara mudah untuk menata rumah minimalis dan elegan. Kuncinya yaitu memilih dengan saksama motif, ukuran, dan bahan dari bantal-bantal itu sendiri.

Bantal-bantal yang memiliki ukuran terlalu besar bukannya akan membuat rumah Moms terlihat elegan, malah sebaliknya, akan membuat rumah terlihat penuh. Apabila Moms mempunyai rumah yang cenderung berukuran mungil, pilihlah bantal-bantal dekorasi bermotif simpel dan berukuran kecil.

Rawat Jendela Rumah

Jangan abaikan penampilan jendela dalam menata rumah minimalis. Moms dapat memilih bahan jendela yang berkualitas dan bermutu tinggi, sehingga jendela rumah minimalis namun elegan akan terlihat kokoh dan aman.

Dengan rajin membersihkan daun jendela, termasuk memberikan cat minyak baru merupakan cara menghadirkan rumah minimalis tanpa mengeluarkan budget yang banyak.

Tambahkan Tirai Berbahan Lembut

Moms dapat menambahkan tirai berbahan lembut didalam rumah.

Pilih material seperti sutra, linen dan katun yang dapat menjadi alternatif bahan tirai jendela. Apabila Moms kurang menyukai bahan kain, Moms juga dapat memilih tirai bambu atau kayu yang berkualitas baik.

Penerangan yang Tepat

Memilih lampu yang tepat akan memberikan sentuhan elegan dalam menata rumah minimalis. Yakinlah dan jangan ragu untuk bereksperimen dengan macam-macam lampu hias, baik itu lampu gantung ataupun lampu lantai. Walaupun terlihat sepele, penerangan yang tepat dapat menciptakan suasana rumah yang hangat dan nyaman.

Lantai Kayu dan Karpet

Tidak dapat dipungkiri jika rumah dengan karpet selalu identik dengan penampilan mewah. Dalam menata rumah minimalis, Moms dapat memilih lantai kayu yang klasik, elegan dan lebih terjangkau dibandingkan dengan instatulasi karpet dari ujung ke ujung.

Memasang lantai kayu di rumah dapat menjadi sebuah investasi properti yang paling menguntungkan secara jangka panjang. Banyak pilihan mulai dari lantai kayu solid, laminate, hingga variasi lantai kayu lainnya yang dapat Moms sesuaikan dengan budget.

Aksesoris dan Dekorasi 

Banyak pemilik rumah yang tidak menyadari pentingnya peranan aksesoris untuk rumah mereka. Menata rumah minimalis dapat diwujudkan dengan aksesoris yang tepat.

Banyak sekali cara terjangkau yang dapat Moms coba, seperti dengan memilih tema tertentu seperti warna emas atau perak yang berkilau. Elemen logam dapat memberikan efek mewah seketika apabila dibubuhkan dengan tepat.

Moms dapat memulai dengan cermin berbingkai emas atau perak, bingkai-bingkai foto keluarga berbagai ukuran senada, hingga memilih furniture seperti meja berkaki emas atau perak adalah hanya segelintir kreativitas yang dapat Moms aplikasikan di rumah.

Furniture Terjangkau dan Berkualitas

Tips selanjutnya untuk furniture rumah minimalis adalah dengan mencari perabot bekas yang masih dalam kondisi baik. Umumnya perabot ini dihargai lebih murah, namun dapat Moms olah kembali. Perlu diingat bahwa, pastikan Moms memilih furniture berkualitas bagus, baik itu furniture baru ataupun bekas.

Coba Teknik Crown Molding Untuk Detail

Menata rumah minimalis selalu ditandai dengan hadirnya detail- detail khusus yang akan memberikan sentuhan elegan. Salah satu caranya yaitu dengan mengaplikasikan teknik crown molding atau sulur mewah.

Crown molding merupakan salah satu teknik pengecoran bingkai yang biasa ditemukan di sudut antara langit-langit dan dinding. Teknik crown molding akan membuat transisi antara dinding ke langit-langit terlihat halus tanpa over budgeting.

Baca Juga: Menata Rumah Kecil dengan 9 Tips Berikut Ini!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like