Menopause merupakan saat dimana Moms tidak akan lagi mengalami siklus haid. Kondisi ini terjadi karena kadar hormon di dalam tubuh yang mulai berkurang. Pada umumnya, menopause pada wanita terjadi saat Moms memasuki 45-55 tahun. Namun, jika menopause terjadi sebelum Moms memasuki usia tersebut, kondisi ini disebut dengan menopause dini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah menopause dini. Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 

Lakukan cara-cara ini untuk mencegah menopause dini 

1. Mengetahui faktor resiko 

Setiap wanita akan mengalami menopause, tetapi waktu saat transisi hormon pada diri Moms dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut dapat meliputi riwayat keluarga, predisposisi genetik, obesitas atau berat badan kurang, riwayat kemoterapi, penyakit autoimun, epilepsi, hingga gangguan kromosom seperti Sindrom Turner. 

2. Jangan berlebihan dalam berolahraga 

Olahraga memang salah satu cara terbaik untuk mencegah menopause dini karena dapat mengatur hormon serta menjaga lemak tubuh. Tetapi, Moms harus ingat untuk tidak berlebihan dalam berolahraga karena bisa menyebabkan ketidakseimbangan dan akan menyebabkan ovulasi yang tidak teratur serta memiliki potensi kekurangan hormon. 

3. Berhenti merokok 

Merokok merupakan salah satu penyebab utama menopause dini  Karena, zat kimia yang ada di dalam rokok bisa mempercepat hilangnya sel telur. Dan saat sel telur mati, mereka tidak akan melakukan regenerasi. Wanita yang memiliki kebiasaan merokok akan mengalami menopause satu hingga empat tahun lebih cepat dibanding wanita yang bukan perokok. Oleh karena itu, cara untuk mencegah menopause dini yaitu dengan menghentikan kebiasaan merokok. 

4. Mengurangi atau berhenti konsumsi alkohol 

Cara mencegah menopause dini yang selanjutnya yaitu dengan mengurangi atau berhenti mengonsumsi alkohol. Karena, terlalu banyak mengonsumsi alkohol akan memicu faktor resiko menopause yang Moms miliki. Selain itu, mengonsumsi alkohol dan kafein secara berlebihan dapat diasosiasikan dengan menurunnya fertilitas. Maka, jika Moms memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok, sebaiknya dibatasi setiap minggunya. 

5. Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan merupakan salah satu penyebab utama meningkatnya jumlah estrogen dalam tubuh wanita. Terlalu banyak estrogen di dalam tubuh akan menyebabkan terjadinya kegagalan ovarium. Karena estrogen tersimpan di dalam jaringan lemak, kelebihan berat badan pun menjadi salah satu faktor terjadinya menopause dini. 

Selain itu, kekurangan badan juga akan menyebabkan infertilitas. Apabila Moms memiliki berat badan yang berlebih atau kurang, hal ini dapat memicu terjadinya menopause dini. Oleh karena itu, Moms disarankan untuk menjaga berat badan guna mencegah menopause dini. 

Itulah 5 cara yang bisa Moms lakukan agar terhindar dari menopause dini. Terapkan cara-cara tersebut dari sekarang agar Moms tidak mengalami menopause dini. 

Baca juga: Berdamai dengan Diri Sendiri, Ini Caranya!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like