Rasa bosan sebenarnya merupakan sesuatu yang wajar dirasakan dan bahkan sering dialami oleh banyak orang. Ketika sedang bosan, Moms akan merasa tidak bersemangat, frustasi, lelah, atau bahkan menjadi sensitif dan mudah marah. Tentunya rasa bosan adalah suatu emosi yang ingin ditangani dengan segera. Bagaimana cara mengatasi rasa bosan? Simak ulasannya berikut.

Penyebab Bosan

Sebelum Moms mengetahui cara mengatasi rasa bosan, simak penyebabnya berikut ini.

  1. Kurangnya rintangan dan tantangan
  2. Membutuhkan sesuatu hal yang baru
  3. Kurangnya kesadaran diri/emosional
  4. Tidak adanya keterampilan hiburan batin
  5. Merasa terjebak

Membuat Daftar Kegiatan Sehari – Hari

Membuat daftar kegiatan sehari-hari dapat membantu Moms menjadi lebih efisien dalam mengatur waktu, dengan membuat jadwal inilah yang membuat Moms tidak akan merasa bosan. Berikut caranya.

  1. Sediakan kalender
  2. Atur tugas/kegiatan Moms
  3. Atur prioritas
  4. Beri tanda pada tugas yang menjadi prioritas
  5. Jadwalkan waktu pada setiap tugas/kegiatan
  6. Beri jeda dalam jadwal

Tips Mengatasi Rasa Bosan

Jika bosan melanda, Moms bisa coba beberapa tips dibawah ini untuk mengatasi rasa bosan.

Ngobrol dengan teman atau orang baru

Tips pertama mengatasi rasa bosan adalah mengobrol. Ketika merasa bosan, cobalah ngobrol dengan teman atau keluarga mengenai keseharian atau ide-ide yang terlintas di benak Moms. Moms juga dapat menjalin kembali hubungan yang renggang dengan teman lama. Selain berbicara dengan teman dan keluarga, Moms dapat berkenalan dengan orang baru dengan mengikuti komunitas tertentu atau sekadar menyapa orang di kafe.

Baca Juga: Menghadapi Pasangan Moody? Berikut Tipsnya!

Olahraga

Selain menyehatkan, berolahraga juga bisa Moms jadikan cara mengatasi rasa bosan. Moms dapat memilih olahraga apa yang sesuai dengan keinginan, seperti berenang, senam aerobik, olahraga bela diri, dan sebagainya.

Menggambar atau melukis

Jika Moms ingin merasakan atmosfer baru, cobalah menggambar atau melukis di taman. Tidak hanya bisa menikmati pemandangan yang indah, Moms juga dapat mengasah kemampuan menggambar dan melukis yang dimiliki. Tertarik mencoba Moms?

Mewarnai di colouring book

Jika Moms ingin melakukan aktivitas di dalam ruangan, Moms dapat mewarnai di colouring book untuk orang dewasa yang bisa dibeli di toko buku terdekat. Mewarnai dapat membantu mengatasi rasa bosan dan mengurangi kecemasan.

Membuat karya tulis

Moms tidak perlu menjadi sastrawan yang handal untuk menuliskan berbagai karya tulis, seperti lirik lagu, puisi, pantun, cerpen, dan sebagainya. Membuat karya tulis bisa menjadi salah satu outlet dari emosi yang sedang Moms rasakan.

Menulis jurnal atau catatan harian

Jika Moms bukan tipe orang yang suka membuat karya tulis, Moms dapat menghilangkan bosan dengan menuliskan jurnal atau catatan harian mengenai apa yang dialami dan emosi apa saja yang dirasakan. Tidak hanya membantu untuk bisa merefleksikan diri, membuat jurnal atau catatan harian bisa menjadi sarana untuk mengekspresikan ide, pemikiran, dan emosi.

Pikirkan ide-ide baru

Ketika sedang bosan karena tidak melakukan apa-apa, coba pikirkan ide-ide baru yang dapat Moms lakukan untuk mengembangkan pekerjaan yang dilakukan. Tidak hanya menambah kemampuan, Moms juga dapat meningkatkan performa kerja.

Memasak

Memasak dapat Moms jadikan hobi yang mampu mengatasi rasa bosan. Tidak hanya menghasilkan makanan yang enak, memasak juga dapat menghemat biaya.

Telusuri daerah yang belum pernah dikunjungi

Hilangkan rasa bosan dengan menelusuri daerah di sekitar tempat tinggal Moms yang belum pernah dikunjungi. Moms dapat berjalan-jalan sendirian ataupun dengan teman atau keluarga.

Lakukan kegiatan yang membuat rileks

Tidak hanya membuat Moms rileks dan dapat mengatasi rasa bosan, aktivitas seperti meditasi dan mindfulness dapat mengurangi kecemasan dan memberikan perspektif mengenai kehidupan yang baru.

Tidur

Tidur juga dapat menjadi salah satu cara yang Moms pilih untuk mengusir kebosanan. Tidur merupakan aktivitas yang mudah dilakukan, dan dapat mengubah suasana hati seseorang menjadi lebih baik setelah beristirahat.

Akan tetapi, tidur hanya bisa dilakukan oleh mereka yang mengalami kebosanan hanya dalam waktu yang singkat. Tidak hanya itu, tidur kemungkinan juga dapat dilakukan oleh mereka yang melakukan rutinitas itu-itu saja berulang bukan untuk mereka yang bosan karena tidak memiliki kegiatan ataupun aktivitas serius.

Buatlah tujuan yang ingin dicapai

Rasa malas dapat menjadi salah satu pemicu rasa bosan, karenanya mengatasi rasa bosan yang dapat Moms lakukan adalah dengan membuat suatu tujuan yang ingin dicapai.

Misalnya, ingin menguruskan badan, menyehatkan tubuh dan sebagainya. Menetapkan sebuah tujuan membuat Moms lebih mudah untuk mengambil suatu tindakan.

Baca Juga: Yuk Ketahui Cara Membedakan Informasi Hoax dan Asli!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like