Dampak pandemi covid-19 memang tidak dapat dipandang dengan sebelah mata. Oleh karena itu, mengatur keuangan saat pandemi sangat penting untuk dilakukan. Mau tidak mau, Moms harus bisa mempersiapkan kondisi keuangan untuk hal-hal terburuk yang dapat terjadi nantinya. Nah, berikut ini tips-tips yang bisa Moms lakukan untuk mengatur keuangan selama pandemi. 

Beberapa tips untuk mengatur keuangan saat pandemi 

1. Evaluasi sumber penghasilan saat ini 

Bagi Moms yang memiliki penghasilan bulanan tanpa adanya pemotongan mungkin merasa tidak perlu repot-repot lagi, namun perlu diingat bahwa bisa terjadi beberapa kemungkinan kedepannya yang mana memiliki resiko yang semakin tinggi saat musim pandemi ini. 

Resiko penurunan penghasilan secara drastis dapat terjadi kapanpun. Oleh karena itu, mengatur keuangan saat pandemi sangat penting untuk dilakukan guna mencegah terjadinya kemungkinan terburuk. 

Di masa pandemi saat ini, alangkah baiknya uang yang ada digunakan untuk kebutuhan yang lebih penting dan juga untuk kondisi darurat nantinya. 

Moms bisa mengurangi pos saving untuk dioper ke dana darurat apabila ada kebutuhan rumah tangga yang mendadak sehingga tabungan Moms masih tetap stabil. Aturan PSBB yang sudah ditentukan di banyak tempat bisa Moms manfaatkan sebagai kesempatan untuk lebih berhemat. 

2. Hindari Pembelian dengan Sistem Cicilan

Tips mengatur keuangan saat pandemi yang selanjutnya yaitu dengan menunda keinginan yang tidak terlalu penting dan hindari pembelian dengan sistem cicilan. Di masa kondisi pandemi saat ini, menghemat uang jauh lebih penting dibandingkan dengan membeli sesuatu yang hanya bersifat tersier. 

Meskipun Moms sudah menabung, lebih baik untuk ditunda dulu sampai masa kritis pandemi ini selesai. Simpan kartu kredit atau apapun yang dapat memicu Moms untuk berbelanja jauh dari jangkauan Moms. 

3. Mencari sumber penghasilan tambahan 

Mencari sumber penghasilan tambahan juga merupakan salah satu tips dalam mengatur keuangan saat pandemi. Peluang bisnis yang muncul di masa pandemi ini bisa cukup menguntungkan. Misalnya seperti berjualan frozen food online, makanan cepat saji, atau jasa delivery bahan makanan bisa menjadi pekerjaan sampingan yang bisa dicoba untuk menambah penghasilan. 

4. Kurangi pembelian yang tidak terlalu diperlukan 

Tips mengatur keuangan saat pandemi yang selanjutnya yaitu mengurangi pembelian yang tidak terlalu diperlukan. Pembelian ini bisa berupa barang yang dipakai sehari-hari sampai bahan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Apabila Moms biasa menghabiskan Rp 500.000 untuk kebutuhan seperti peralatan mandi, lebih baik kurangi menjadi Rp 300.000 dengan mengurangi biaya untuk sabun dan shampo. 

Sama halnya dengan biaya lain yang tidak perlu digunakan karena tidak keluar rumah. Moms bisa mengalokasikannya untuk dana darurat atau tabungan. 

5. Menyisihkan sisa uang untuk investasi 

Apabila Moms masih memiliki sisa gaji yang lumayan banyak setelah dialokasikan ke berbagai jenis pengeluaran, Moms bisa memanfaatkannya dengan dijadikan sebagai investasi daripada untuk belanja online. 

Moms bisa membuka tabungan yang berjangka sesuai dengan kebutuhan untuk mengatur keuangan saat pandemi. Misalnya bisa dimulai dari 1 hingga 10 tahun dengan sistem autodebet. Keuntungan dalam membuka tabungan berjangka yaitu bunga yang diberikan lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa. 

Jenis investasi lain yang bisa Moms coba yaitu emas batangan atau antam. Moms bisa mulai investasi mulai dari 0,5 gram yang masih berharga Rp 400.000 hingga Rp 500.000. Jika sisa uang masih lumayan banyak, Moms dapat membeli yang 1 gram sekaligus. 

Baca juga: Lakukan Aktivitas Ini untuk Mengisi Waktu Luang Selama Pandemi!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like