Apakah Moms tinggal di apartemen kecil atau rumah sempit yang kecil dengan tempat yang pas-pasan? Tentunya Moms tahu perjuangan bagaimana caranya membuat ruangan kecil terlihat lebih luas. Lalu, bagaimana cara mengatur rumah yang sempit agar terlihat lebih luas? Simak tipsnya berikut ini.

Tips Mengatur Rumah Sempit

Pilih Warna Cerah sebagai Cat Dinding

Cat dinding yang berwarna gelap dapat membuat ruangan terasa nyaman, namun hal ini juga dapat menyerap cahaya dan bukan memantulkannya, sehingga ruangan akan terasa lebih kecil. Moms juga dapat memilih ubin berwarna lebih terang serta warna dinding yang terang juga untuk membuat ruangan terasa lebih luas.

Hindari Menaruh Barang dan Furniture di Pinggir

Menaruh furniture sampai menempel di dinding akan membuat ruangan terlihat dan terasa sempit. Berikan space antara furniture dan dinding, atau dengan mengatur menaruhnya di tengah ruangan dapat membuat rumah sempit terlihat lebih luas dari sebenarnya.

Pilih Furniture Multifungsi

Memilih furniture yang memiliki banyak fungsi merupakan cara sederhana mengatur rumah sempit agar terlihat lebih besar. Moms dapat mencoba kursi yang dapat dibuka sebagai tempat penyimpanan atau sofabed yang dapat menjadi sofa dan tempat tidur.

Gunakan Cermin

Cermin merupakan cara termudah untuk membuat ruangan terlihat lebih besar. Walaupun tidak perlu menggunakan kaca di setiap ruangan, Moms bisa menggunakan kaca sebagai statement piece di dalam suatu ruangan yang dapat membuat cermin itu juga berfungsi sebagai aksesoris di ruangan tersebut.

Pilih Furniture yang Bisa Dilipat

Furniture lipat bukan berarti tidak bagus untuk dipandang. Moms dapat mengatur rumah sempit dengan memilih meja atau kursi lipat di ruang makan dan apabila sudah tidak diperlukan dapat dilipat dan disimpan kembali. Moms juga dapat memindahkan furnitur tersebut ke ruangan apapun di rumah yang Moms mau. Ruangan nantinya akan terlihat lebih besar!

Pilih Warna Monokromatik

Cat dinding, furnitur, ubin, aksesoris dalam satu warna, seperti putih dan krem ​​dapat membuat ruangan tampak lebih luas. Moms juga dapat memberikan aksen warna sebagai pop of color agar ruangan terlihat lebih “hidup”.

Baca juga: Cara Membuat Rumah Sehat untuk Keluarga Tercinta

Furnitur dan Aksesoris Besar

Dengan mempunyai ruangan kecil Moms pasti berasumsi untuk menghias ruangannya dengan perabotan dan furniture kecil, bukan? Namun satu perabot atau furniture besar dapat menonjol seperti sofa besar atau lukisan besar juga dapat membuat ruangan terlihat terbuka. Beberapa sofa atau meja kecil malah dapat membuat ruangan terlihat lebih kecil.

Cat Langit-Langit Ruangan

Apabila cat dinding putih yang terang dapat membuat sebuah ruangan terlihat lebih terbuka, langit-langit berwarna gelap justru dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih tinggi karena dapat membuat kita memandang ke langit-langit ruangan.

Pilih Perabot dan Aksesoris yang Bergaris

Sama halnya garis-garis vertikal pada pakaian dapat membuat Moms terlihat lebih tinggi, mengatur rumah sempit dengan pemilihan karpet bergaris juga akan membuat ruangan tampak lebih panjang dan luas.

Hindari menggunakan Tirai

Tips mengatur rumah sempit selanjutnya yaitu dengan menghindari penggunaan tirai. Lebih banyak cahaya dari luar dapat memberikan ruangan memiliki kesan lebih luas dan dalam. Apabila Moms khawatir dengan privasi, blinds dapat menjadi solusi untuk mengganti tirai.

Nah itulah beberapa tips mengatur rumah sempit. Selain rumah terlihat lebih luas, kenyamanan dan kerapihan juga akan Moms rasakan. Selamat mencoba ya, Moms!

Baca Juga: Menata Rumah Minimalis dan Elegan dengan Mudah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like