Menjadi seorang Moms saja sudah sangat menyita waktu dan tenaga, apalagi jika Moms juga adalah seorang wanita karir yang harus menghabiskan waktu untuk pergi bekerja di siang hari. Kalau sudah begitu, bagaimana bisa mengatur waktu working moms agar keluarga di rumah juga tidak merasa terabaikan?

Berikut ada beberapa tips yang bisa Moms coba agar dapat memanfaatkan waktu secera efektif demi hasil yang maksimal:

Biasakan untuk merencanakan seminggu kedepan

Seringkali kita baru memikirkan apa yang mau dimasak hari ini, baju apa yang mau dipakai si kecil, dan kebutuhan rumah tangga lainnya saat pagi hari. Sebetulnya hal tersebut bisa membuat Moms tanpa sadar menghabiskan waktu yang cukup banyak untuk sekedar memikirkannya.

Agar dapat mengatur waktu working Moms secara efektif, sebaiknya persiapkan rencana tersebut untuk seminggu kedepan. Moms bisa memanfaatkan waktu weekend  untuk mengatur hal tersebut, hingga akan membuat pagi hari Moms bisa lebih siap.

Moms juga bisa membeli bahan-bahan masakan yang dibutuhkan pada waktu weekend, agar tidak kerepotan dalam menyiapkan makanan pada hari weekdays.

Pilih dan siapkan pakaian yang mau dipakai pada malam sebelumnya

Tampilan saat bekerja tentu harus dipikirkan agar tidak dianggap sembarangan. Bagi working Moms yang perfeksionis, memilih pakaian bisa menghabiskan banyak waktu karena banyak hal yang dipikirkan demi mencapai kesempurnaan.

Moms bisa memanfaatkan waktu malam hari sebelum tidur untuk melakukan hal tersebut, dengan begitu Moms tidak kelimpungan lagi pada pagi harinya karena semua sudah siap dan tinggal dipakai.

Manfaatkan teknologi untuk mengatur jadwal

Teknologi bisa memudahkan kita untuk mengatur jadwal dan juga mencatat hal-hal penting yang harus dilakukan. Tips mengatur jadwal working Moms berikutnya adalah dengan membiasakan diri memberikan catatan pada jadwal sehari-hari Moms agar dapat membagi waktu dengan efektif dan tidak melupakan hal penting yang harus dilakukan.

Salah satu aplikasi yang paling sering digunakan adalah Google Calendar yang bisa diselaraskan dengan email Moms. Baiknya Moms segera mencatat apa yang perlu dilakukan ke dalam aplikasi, atur waktu untuk mengingatkan Moms, dan susun rencana sehari-hari agar menghindari jadwal yang terlalu sibuk atau jadwal yang tidak efisien.

Manfaatkan ‘Quality Time’ dengan keluarga sebaik-baiknya

Menjadi working Moms juga berarti bahwa waktu siang hari akan dihabiskan di kantor, waktu bersama keluarga pun akan terbatas. Moms bisa memaksimalkan waktu pagi hari sebelum bekerja untuk meningkatkan quality time dengan keluarga dan si kecil. Moms bisa bersama-sama menyiapkan bekal makanan si kecil, dan menyemangatinya untuk kegiatan hari itu.

Waktu malam hari pun sebaiknya dimaksimalkan. Ajaklah si kecil bermain dan tertawa bersama, hindarilah penggunaan gadget agar si kecil tidak merasa dihiraukan. Tanyakanlah bagaimana hari yang dilalui oleh si kecil dan pengalaman baru apa yang dia alami.

Tetap sisihkan waktu untuk ‘Me Time’

Dalam mengatur jadwal working Moms yang super sibuk, jangan lupa juga untuk tetap menyisihkan waktu untuk diri sendiri. Moms perlu melakukan ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya stres yang malah bisa membuat mood berantakan.

Aturlah jadwal untuk memanjakan diri ke salon atau spa, selain itu Moms juga bisa menonton bioskop atau berkumpul bersama teman-teman di luar pekerjaan. Jangan merasa bersalah dan egois jika melakukan hal tersebut, karena Moms juga seorang pribadi yang butuh bersosialisasi. Namun, jangan lupa untuk mengatur keseimbangan waktu ‘me time’ dan waktu untuk keluarga ya.

Tidak semua hal bisa dilakukan sendiri

Hindari terjebak ke dalam stigma bahwa Moms harus serba bisa dalam segala hal. Setiap orang pasti mempunyai keterbatasan, tidak semuanya bisa dilakukan sendiri. Moms bisa menganalisa kegiatan apa yang bisa dilakukan sendiri, dan kegiatan apa yang perlu dibantu oleh orang lain agar tidak berlebihan dalam mengatur jadwal working Moms.

Moms juga bisa meminta pendapat orang lain yang mempunyai kondisi serupa dalam menghadapi masalah-masalah yang mungkin terjadi, barangkali mereka bisa memberikan tips-tips lain yang bisa berguna untuk Moms. Selamat mencoba dan tetap semangat ya Moms.

Baca juga: 5 Cara Untuk Meringankan Beban Seorang Single Moms

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like