Pendinginan setelah olahraga tentu memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Ketika Moms selesai melakukan olahraga, penting bagi Moms untuk melakukan pendinginan yang bertujuan untuk mencegah cedera pada otot. Lalu, apa saja manfaat pendinginan setelah olahraga yang sangat penting bagi tubuh? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Melakukan Pendinginan

Mengutip Mayo Clinic, pada dasarnya pendinginan mirip dengan pemanasan. Berikut beberapa contoh aktivitas pendinginan, antara lain:

  • Untuk menenangkan diri setelah jalan cepat, Moms bisa berjalan perlahan selama lima hingga 10 menit.
  • Untuk menenangkan diri setelah berlari, Moms bisa berjalan dengan cepat selama lima hingga 10 menit.
  • Untuk menenangkan diri setelah berenang, Moms bisa berenang dengan santai selama lima hingga 10 menit.

Mengapa Pendinginan Setelah Olahraga Penting?

Mengutip Beck With Health Club, terdapat beragam alasan mengapa Moms harus menyisihkan waktu setelah berolahraga untuk menenangkan diri atau pendinginan.

Melakukan pemanasan sebelum berolahraga penting untuk mencegah cedera ketika berolahraga dan untuk meningkatkan detak jantung Moms secara bertahap.

Sama halnya dengan pendinginan setelah berolahraga. Pendinginan secara bertahap mengurangi detak jantung Moms, membantu Moms dalam menghindari cedera, dan meregangkan otot otot tubuh.

Pendinginan juga tidak memerlukan waktu yang lama. Cukup lakukan empat hingga sepuluh menit untuk memproses pemulihan tubuh Moms dengan cara yang sehat.

Baca Juga: Lakukan Hal Penting Ini Setelah Moms Berolahraga

Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

Menurunkan denyut jantung

Alasan paling penting untuk Moms melakukan pendinginan sebagai rutinitas olahraga yaitu perannya dalam menurunkan detak jantung Moms. Ketika berolahraga, detak jantung naik dan jantung akan memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh yang bekerja lebih keras dari biasanya. Ketika Moms berhenti berolahraga, detak jantung akan melambat dan kembali normal.

Akan tetapi, apabila hal ini terjadi terlalu cepat bisa sangat berbahaya. Pernahkah Moms merasa pusing setelah menyelesaikan latihan atau turun dari treadmill? Apakah Moms pernah pingsan setelah berolahraga?

Apabila Moms pernah merasakan, hal ini terjadi karena tekanan darah Moms turun terlalu cepat setelah selesai berolahraga. Apabila Moms langsung melakukan pendinginan selama lima sampai sepuluh menit setelah berolahraga, tekanan darah Moms akan turun secara bertahap dan dapat mencegah risiko cedera setelah latihan.

Ketika Moms berolahraga dan menjalani gaya hidup yang aktif, penting untuk selalu mewaspadai risiko olahraga. Khususnya berlaku dalam cuaca ekstrem dan bagi mereka yang telah memiliki kondisi medis sebelumnya. Berikan waktu untuk tubuh melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga.

Baca Juga: Ingin Belajar Mengapung di Air? Pelajari Trik Ini Agar Dapat Melakukannya

Mencegah terjadinya cedera

Sama halnya seperti pemanasan, pendinginan setelah olahraga mempunyai manfaat besar dalam mencegah cedera, seperti otot robek dan tegang. Setelah otot Moms bekerja sekuat tenaga, otot perlu diregangkan selagi masih hangat. So, penting sekali ya Moms untuk melakukan pendinginan setelah berolahraga?

Menenangkan pikiran

Olahraga memiliki manfaat bagi pikiran dan juga tubuh. Tidak hanya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, olahraga dapat membuat suasana hati yang baik serta memiliki pandangan positif. Olahraga juga dapat membantu memfokuskan pikiran. Pendinginan selama lima hingga sepuluh menit setelah latihan merupakan kesempatan yang sangat baik untuk melihat pencapaian tubuh, kebugaran Moms dan, serta untuk mengukur perasaan Moms secara keseluruhan.

Penting bagi Moms untuk melakukan olahraga dan tidak lupa juga untuk melakukan pemanasan serta pendinginan. Hal ini karena, berolahraga memiliki peran penting dalam menenangkan pikiran serta kesehatan kesehatan lainnya. 

So, itulah beberapa manfaat pendinginan setelah olahraga. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Baca Juga: Gerakan Senam Aerobik untuk Pemula Agar Tubuh Lebih Bugar

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like