Biasanya, banyak yang menganggap bahwa penyebab kantung mata hitam hanya disebabkan oleh kurang tidur. Ternyata, penyebab kantung mata hitam tersebut justru timbul dari gaya hidup sehari-hari. Banyak yang melakukan perawatan dan terlanjur menggunakan obat-obatan kimia yang salah dalam menghilangkan kantung mata dan akan berdampak buruk. Lalu, apa saja penyebab kantung mata hitam yang harus diperhatikan? Simak penjelasannya, yuk Moms!

Penyebab kantung mata hitam karena kebiasaan sehari-hari

Kurang tidur

Penyebab pertama dari kantung mata hitam yang umum ditemui, yaitu karena kurang tidur. Hal ini dapat berakibat timbulnya kantung mata hitam. Ini dikarenakan kurang tidur dapat memperlambat sirkulasi darah dan memicu munculnya kantung mata hitam di bawah mata.

Bukan hanya itu, dengan kurang tidur, maka tubuh tidak berhasil mengeluarkan cairan berlebih yang berefek dapat membuat kelebihan cairan ini berkumpul pada jaringan kulit di bawah mata yang menyebabkan kantung hitam tersebut.

Tidur dengan posisi tengkurap

Walaupun ini terlihat menjadi hal yang cukup sepele, ternyata tidur dengan posisi tengkurap dapat menjadi penyebab kantung mata hitam. Apabila Moms sering tidur dengan posisi tengkurap, akan mengakibatkan retensi cairan di bawah mata dan itulah yang menyebabkan timbulnya kantung mata hitam tersebut.

Jadi akan lebih baik jika Moms merubah posisi tidur yaitu dengan posisi tidur menyamping, karena dengan posisi menyamping maka akan membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat mencegah masalah kantung mata hitam.

Kebiasaan menggosok mata

Kebiasaan menggosok pada bagian mata ternyata dapat menimbulkan kantung mata hitam karena daerah sekitar mata tersebut merupakan susunan dari kulit yang sangat halus dan juga sensitif. Karena sifatnya yang demikian, maka apabila Moms terlalu sering menggosoknya maka akan mengakibatkan reaksi inflamasi dan menyebabkan kantung mata menjadi hitam.

Baca juga: Cara Memutihkan Leher yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Penyebab kantung mata hitam karena bahan minuman atau makanan

Terlalu banyak mengonsumsi kopi

Walaupun kopi memang terkenal karena dapat mengurangi rasa kantuk, apabila Moms terlalu banyak mengonsumsi kopi maka dapat menyebabkan tubuh dehidrasi, cepat lelah, dan berakhir memengaruhi kondisi mata.

Jadi lebih baik apabila Moms sulit untuk lepas dari kafein, maka coba berganti ke minuman seperti teh hijau. Selain memiliki kandungan kafein, teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang bagus bagi tubuh.

Mengonsumsi garam secara berlebihan

Salah satu penyebab sari kantung mata hitam selanjutnya yaitu karena mengonsumsi garam dalam jumlah berlebihan. Hal ini dikarenakan garam berisiko menyebabkan Moms dehidrasi sehingga menimbulkan kantung mata hitam. 

Kurang mengonsumsi air putih

Saat tubuh kekurangan cairan, biasanya akan timbul rasa haus. Setelah itu tubuh akan tiba-tiba mengalami kelelahan. Disaat tubuh lelah, biasanya pembuluh darah di sekitar mata akan melebar dan akan timbul kantung mata hitam.

Mengonsumsi alkohol

Jika Moms suka mengonsumsi alkohol, hal tersebut dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya kantung mata hitam. Karena alkohol dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi lebar dan akhirnya akan timbul kantung mata hitam.

Penyebab kantung mata hitam karena produk kecantikan

Iritasi produk kecantikan

Iritasi ini umumnya terjadi karena adanya sisa-sisa sampo, kondisioner, atau pembersih wajah yang belum terbilas bersih saat menggunakannya. Biasanya bahan tersebut akan tertinggal di lipatan mata dan akhirnya menyebabkan iritasi di kantung mata. Jadi akan lebih baik jika Moms menggunakan produk kecantikan yang memiliki sifat hypoallergenic.

Penggunaan skin care

Salah satu jenis produk skin care yang banyak digunakan adalah eye cream. Eye cream ini berfungsi untuk merawat kulit tipis di sekitar area mata.

Di dalam eye cream ini terdapat jenis kandungan bahan seperti, retinol, salicylic acid, dan glycolic acid. Walaupun jenis bahan-bahan tersebut efektif untuk mengatasi permasalahan di area mata, namun jika salah dalam pengaplikasiannya dapat menyebabkan masalah lain seperti iritasi. Iritasi tersebut yang akan menimbukan timbulnya kantung mata hitam.

Malas membersihkan makeup

Kebiasaan ini sangat tidak baik karena menimbulkan terbentuknya kantung mata hitam, hal tersebut terjadi karena makeup mengandung bahan-bahan kimia yang akan berbahaya bagi kulit wajah jika terlalu lama ada di permukaan kulit. Maka dari itu, sebaiknya Moms tetap membersihkan makeup terutama yang ada di area kantung mata.

Baca Juga: Kulit Kering Bersisik, Apa Saja Penyebabnya?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like