Keriput adalah kondisi lipatan kulit yang terjadi dan sering dihubungkan dengan penuaan. Saat Moms bertambah tua, sel-sel kulit akan membelah lebih lambat dan akan menyebabkan penipisan kulit. Kulit yang tipis, kering, serta kehilangan elastisitas sering terjadi ketika Moms menua dan akan mengakibatkan timbulnya kerutan pada kulit Moms.

Faktor lain juga dapat mempercepat proses penuaan serta terjadinya penuaan dini, misalnya seperti polusi dan matahari. Selain faktor usia, hal apalagi yang dapat menjadi penyebab kulit keriput?

Apa penyebab kulit keriput selain bertambahnya usia?

1. Terlalu sering terpapar sinar matahari 

Terpapar sinar matahari terlalu sering dapat menjadi penyebab kulit keriput. Hal ini juga bisa menjadi salah satu bukti sinar UV sudah menembus serta merusak struktur pendukung pada kulit. 

Biasanya keriput atau kerutan disebabkan oleh kulit yang sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan apapun. Cobalah memakai topi atau tabir surya guna memperlambat munculnya keriput.  

2. Merokok

Apakah Moms tahu jika merokok dapat mempercepat proses penuaan? Ya, selain memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh, merokok juga dapat menjadi penyebab kulit keriput, lho. Kebiasaan merokok ini akan membuat Moms terlihat lebih tua dari usia sesungguhnya.

Semakin sering Moms merokok, semakin banyak juga kerutan yang muncul pada kulit. Kerutan akan terlihat lebih dalam bagi Moms yang memiliki kebiasaan merokok. Tembakau mempunyai efek yang dapat mengakibatkan kulit Moms memiliki tekstur kasar dan terlihat tidak sehat. 

Baca juga: Perubahan Penampilan Tubuh yang Terjadi Akibat Merokok

3. Terjadinya kontraksi otot wajah

Penyebab kulit keriput di antara alis atau ujung mata Moms dipercaya karena adanya kontraksi kecil pada otot wajah. Selama Moms hidup, ekspresi wajah tersenyum, menyipitkan mata, atau murung bisa meninggalkan tanda keriput pada kulit. 

4. Posisi tidur

Posisi tidur Moms ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab kulit keriput. Tekanan pada wajah di malam hari dapat membuat kulit menjadi keriput. 

Apabila Moms tidur dengan posisi yang salah selama bertahun-tahun, hal ini dapat meninggalkan garis pada kening, pipi, ataupun dagu. Sebaiknya, tidurlah dengan posisi telentang untuk mencegah terjadinya keriput di wajah. 

5. Diet putus nyambung

Melakukan diet dengan pola putus nyambung selama bertahun-tahun juga bisa menjadi penyebab kulit keriput. Karena, kulit akan mengecil dan melebar mengikuti perkembangan badan. Hal ini mampu merusak struktur elastisitas yang membuat kulit kencang dan juga terlihat muda. 

Lalu bagaimana cara mencegahnya?

Kulit keriput akan terjadi ketika Moms bertambah tua, Selain dapat menghindari beberapa penyebab kulit keriput, cara-cara ini juga bisa Moms lakukan untuk mencegah kulit keriput. 

1. Menghindari paparan polusi serta sinar matahari 

Salah satu penyebab kulit keriput yang sudah disebutkan yaitu terlalu sering terpapar matahari. Maka dari itu, selain menghindari paparan matahari, Moms juga bisa menggunakan topi dan memakai pakaian yang terang saat berada di luar ruangan. 

Polusi dari asap kendaraan juga merupakan contoh polusi yang dapat menyebabkan penuaan serta kerutan dini. Oleh karena itu, hindari melakukan tanning yang akan berdampak lebih buruk dibanding keriput karena sinar matahari. 

Baca juga: Cara Mengatasi Sunburn yang Ampuh dan Efektif

2. Menggunakan sunscreen 

Selain dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, sunscreen juga bisa memberi Moms perlindungan anti penuaan dasar pada kulit. Gunakan sunscreen 30 menit sebelum terpapar sinar matahari yang setidaknya mengandung SPF 15. Pilih sunscreen yang mengandung titanium oksida atau zink di dalamnya. 

3. Hindari merokok

Seperti yang Moms ketahui bahwa penyebab kulit keriput salah satunya adalah karena merokok. Maka, dengan menghindar merokok juga merupakan salah satu cara mencegah kulit keriput. Karena, merokok dapat mengurangi oksigen, nutrisi, serta meningkatkan jumlah radikal bebas di dalam sel tubuh. 

Hal ini merupakan penyebab utama dari faktor penuaan kulit yang mungkin saja Moms alami. Seberapa banyak rokok serta lama Moms merokok berkaitan dengan terjadinya peningkatan kerutan dini pada wajah serta tubuh. .

4. Rutin berolahraga 

Selain baik untuk kesehatan jantung, berolahraga secara rutin juga dapat menjadi salah satu cara mencegah kulit keriput cepat muncul, lho. Olahraga mampu membuat sistem kardiovaskular Moms bergerak, yang dimana baik bagi kulit untuk memperoleh nutrisi serta oksigen secara maksimal. Sebaiknya Moms melakukan olahraga kardiovaskular untuk kesehatan jantung dan juga kulit. 

Baca juga: Nyeri Otot Setelah Olahraga? Begini Cara Mengatasinya

5. Memulai hidup sehat

Mengonsumsi makanan bergizi, asupan air mineral yang cukup, serta tidur yang cukup setiap harinya adalah perawatan dasar yang bisa Moms lakukan untuk mencegah munculnya kulit keriput lebih cepat. Selain itu, penuhi juga asupan buah dan sayur sehari-hari. 

Moms juga disarankan untuk memperbanyak makan ikan yang memiliki kandungan lemak asam omega-3 yang tinggi, seperti tuna atau mackerel. Makanan ini mampu melawan proses penuaan karena terdapat vitamin, mineral, serta antioksidan di dalamnya yang diperlukan tubuh dalam melawan kerutan. 

6. Menghindari stres

Penyebab kulit keriput juga dapat disebabkan karena stres. Saat Moms stres, tubuh akan mengeluarkan hormon penuaan yang bernama kortisol ke dalam aliran darah. Jika Moms mengalami stres kronis, lakukanlah sesuatu yang bisa mengurangi rasa stres ini seperti berjalan aki, menyanyi, meditasi, yoga, atau menulis di jurnal. 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like