Berenang adalah salah satu cabang olahraga air selain snorkeling, polo air, renang indah, dan sebagainya. Ketika ingin berenang, ada peralatan-peralatan khusus yang bisa Moms gunakan. Ada beberapa macam fungsi peralatan renang yang mungkin saja belum Moms ketahui.

Renang adalah olahraga yang diminati oleh banyak orang, baik wanita maupun pria. Untuk Moms yang pemula, disarankan untuk menggunakan beberapa peralatan renang agar keselamatan terus terjaga. 

Fungsi peralatan renang 

Penting untuk mengetahui fungsi masing-masing peralatan renang yang ingin digunakan untuk mempermudah Moms saat menentukan peralatan mana yang ingin digunakan. Berikut ini penjelasan dari macam-macam fungsi peralatan renang. 

1. Baju renang

Baju renang merupakan salah satu perlengkapan yang wajib digunakan dalam olahraga renang. Fungsi dari peralatan renang yang satu ini yaitu agar tidak mengganggu gerakan di dalam air. Selain itu, desainnya juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. 

Ada banyak jenis dan pakaian renang, diantaranya pakaian renang anak, muslimah, dan juga dewasa. 

2. Kacamata renang

Kacamata renang bermanfaat bagi Moms yang mempunyai sensitivitas mata yang tinggi. Kacamata renang mampu melindungi mata ketika sedang berada di dalam air karena kandungan kaporit pada air kolam renang yang mampu membuat mata iritasi. 

Fungsi lain dari kacamata renang yaitu dapat membuat pandangan Moms di dalam air menjadi lebih jelas dan lebih luas jangkauannya. 

3. Cap (penutup kepala)

Untuk Moms yang berambut panjang, cap atau penutup kepala adalah peralatan renang yang dapat menjaga gerakan pada saat di dalam air. Rambut panjang yang terurai bisa mengganggu gerakan serta kecepatan ketika berenang. Selain tidak mengganggu pergerakan Moms, juga agar tidak mengganggu gerakan perenang lainnya. 

Selain itu, cap juga berfungsi untuk melindungi rambut dari kaporit pada air kolam renang. Karena, kandungan kaporit bisa membuat rambut menjadi kaku serta kering. 

4. Papan pelampung

Papan pelampung berfungsi sebagai alat mengapung untuk para pemula. Papan pelampung sering digunakan untuk para pemula yang sedang belajar meluncur serta mengapung. Papan ini juga bisa digunakan untuk belajar gaya bebas atau gerakan kaki gaya katak. 

Ketika Moms belajar renang gaya katak atau gaya bebas, akan menjadi lebih efektif dengan bantuan papan pelampung karena bisa menjadi alat pembantu penyeimbang badan di permukaan air. 

5. Hand paddle

Peralatan renang yang satu ini memiliki fungsi yang mirip dengan kaki katak, perbedaannya hanyalah alat ini dipasang di telapak tangan. Fungsinya untuk mempermudah gerakan tangan Moms saat berenang. 

Hand paddle berfungsi untuk melatih otot tangan dan gerakan yang benar serta kecepatan renang ketika di dalam air. Alat ini adalah salah satu alat yang digunakan untuk perenang profesional. Biasanya digunakan ketika memperagakan gaya renang tertentu. 

Baca juga: Ketahui Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

6. Pull buoy

Fungsi peralatan renang yang satu ini yaitu sebagai alat bantu Moms ketika berlatih teknik renang gaya kupu-kupu atau dolphin. Selain itu, peralatan ini juga bisa digunakan untuk melatih kekuatan tangan. 

Cara menggunakannya yaitu dengan dijepit di kaki. Moms bisa meletakkannya di kedua paha untuk renang gaya bebas atau dijepit di antara kedua pergelangan kaki untuk berlatih butterfly stroke. 

7. Fins (sirip)

Fins atau sirip merupakan alat yang berbentuk seperti kaki katak. Cara memakai alat ini sama seperti memakai sepatu. Fungsinya yaitu untuk melatih gerakan kaki sehingga kecepatan renang menjadi semakin cepat, terutama ketika melakukan renang gaya bebas. 

8. Ear plugs

Earplugs merupakan salah satu peralatan renang yang berfungsi untuk mencegah air masuk ke dalam lubang telinga. Alat ini membantu Moms yang merupakan seorang pemula yang biasanya takut air masuk ke telinga. 

9. Nose clip

Nose clip berfungsi sama dengan earplugs, perbedaannya yaitu alat ini digunakan untuk menutupi lubang hidup sehingga air tidak masuk. 

10. Rompi pelampung

Peralatan renang yang satu ini biasanya digunakan oleh para pemula yang belum bisa berenang. Alat ini dapat membantu Moms agar selalu mengambang pada permukaan air. Rompi pelampung ini cocok bagi Moms yang takut tenggelam. 

11. Ban

Alat renang yang terakhir biasanya banyak digunakan oleh anak-anak saat di kolam renang. Ban bisa membuat seseorang menjadi terapung di air dan juga digunakan sebagai alat penolong saat ada yang tenggelam. 

Itulah 11 peralatan renang yang perlu Moms ketahui, khususnya jika ingin mulai belajar renang. Tetapi, tidak semua peralatan wajib dimiliki, kok. Peralatan standar yang wajib untuk dimiliki yaitu pakaian renang, penutup kepala, dan juga kacamata renang. 

Dari beberapa alat renang yang sudah disebutkan, Moms bisa menentukan sendiri mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: 4 Olahraga untuk Mengecilkan Perut Dengan Cepat

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like