Peran Ibu dalam Keluarga yang Sangat Penting

Peran Ibu dalam Keluarga

Sosok utama yang memegang peranan penting dalam sebuah keluarga adalah Ibu. Ibu mempunyai banyak peranan dan mampu melakukan bermacam-macam hal untuk keperluan seluruh anggota keluarga. Ibu merupakan sosok yang mampu melakukan banyak hal termasuk memasak, mengasuh anak, mendidik, menata rumah, dan berbagai hal lainnya. Apa saja peran penting ibu dalam keluarga? Ketahui penjelasannya berikut ini.

Peran Ibu dalam Keluarga

Sosok yang memiliki peran penting dalam keluarga

Sosok manajer keluarga

Peran Ibu dalam keluarga yang pertama adalah menjadi sosok manajer, yang mana Ibu mempunyai wewenang dalam mengatur seluruh hal yang terjadi dalam keluarga. Ibu sebagai seorang manajer juga memiliki tugas dalam menyatukan anggota keluarga dan menyelesaikan masalah yang ada. Ibu mengatur seluruh keperluan, perencanaan, penyelesaian masalah, keuangan, dan berbagai hal-hal lainnya.

Sosok psikolog keluarga

Sosok Ibu menjadi psikolog yaitu untuk memperhatikan tumbuh kembang anggota keluarganya mulai dari tumbuh kembang kejiwaan, karakteristik, dan perilaku yang dilakukan setiap anggota keluarga.

Kejelian seorang Ibu memperhatikan hal tersebut digunakan untuk memberikan masukan jika terdapat tingkah laku yang menyimpang dan agar setiap anggota keluarga tumbuh menjadi manusia yang baik di lingkungan masyarakat. Ibu juga memastikan anak tumbuh dengan karakter dan jiwa yang baik serta bermanfaat untuk orang lain.

Sosok guru keluarga

Seorang ibu juga memiliki peran sebagai “guru” dalam hal pendidikan untuk anggota keluarga. Pendidikan yang dimaksud merupakan apa yang diajarkan oleh seorang ibu kepada anaknya. Hal ini karena anak paling dekat dengan ibu. Menanamkan pendidikan kepada anak sudah dilakukan sejak dini. Ibu juga paling memahami karakter anak sehingga mampu memberikan pendidikan yang baik dan sesuai.

Ibu mendidik anak mengenai apa yang harus anak lakukan dalam kehidupan dan bagaimana menjadi seorang yang baik. Pertumbuhan seorang anak dipengaruhi oleh ajaran dari ibu dan ayah agar tumbuh menjadi manusia yang baik.

Baca Juga: Suami Mementingkan Keluarganya, Bagaimana Menyikapinya?

Peran Ibu sebagai sosok chef dalam keluarga

Peran Ibu dalam keluarga yang berikutnya adalah sebagai seorang chef hebat dalam keluarga. Ibu memiliki peran dalam menyediakan makanan yang enak dan sehat untuk keluarga setiap harinya. Tidak hanya memasak makanan utama, ibu juga menyiapkan cemilan, makanan penutup, dan hidangan lainnya.

Keterampilan seorang ibu dalam hal ini tidak perlu dipertanyakan. Masakan ibu selalu menjadi masakan yang paling enak dan dirindukan oleh anggota keluarga. Masakan ibu mempunyai cita rasa yang khas dan tidak ada orang lain yang dapat memasak seenak masakan ibu.

Sosok perawat keluarga

Ibu juga adalah sosok yang paling peduli mengenai kesehatan anggota keluarganya. Ibu tidak pernah ragu untuk selalu memberikan yang terbaik untuk menjaga kesehatan keluarganya. Ibu memberikan nutrisi yang cukup agar anggota keluarga tidak ada yang jatuh sakit. Dan ketika sakit, ibu merawat tanpa kenal lelah untuk memperbaiki kesehatan anggota keluarganya agar cepat pulih.

Perawatan secara menyeluruh dilakukan oleh ibu tanpa pamrih. Ibu juga mengatur banyak hal seperti menyeka, mengganti baju, menyuapi makan dan minum, mengingatkan minum obat dan membawakan obat. 

Peran Ibu sebagai panutan dalam keluarga

Ibu merupakan sosok panutan yang selalu tegar dan kuat. Ibu juga menanamkan nilai nilai keagamaan dan nilai kemanusiaan pada anak bahkan sejak anak masih dalam kandungan. Ibu sebagai panutan juga ditunjukkan dari aktivitas yang dilakukannya. Sosok ibu yang baik memberikan panutan positif pada anak agar anak dapat meniru perilaku baik tersebut.

Sosok akuntan keluarga

Ibu dapat mengatur seluruh keuangan baik pemasukan dan pengeluaran dalam rumah tangga. Ibu mengatur finansial keluarga dengan sangat terstruktur agar semuanya terencana dan keuangan keluarga menjadi stabil. Ibu juga yang mengetahui pembatasan penggunaan keuangan untuk hal yang penting atau tidak, hal yang merupakan kebutuhan atau hanya keinginan, dan hal yang mendesak atau tidak. Sehingga ibu mempunyai wewenang untuk membatasi hal tersebut.

Sosok pelindung keluarga

Peran ibu dalam keluarga yang tidak kalah penting adalah sebagai pelindung baik secara fisik maupun mental dan emosional. Ibu sebagai pelindung mental dan emosi siap untuk mendengarkan cerita kehidupan seluruh anggota keluarganya dan memberikan masukan positif yang selalu berisi tentang dukungan dan nasehat.

Ibu juga sebagai seorang pelindung secara fisik, tidak akan suka apabila anaknya dilukai oleh orang lain dan membatasi anak untuk tidak bergaul dengan orang- orang yang salah. Pembatasan ini bertujuan untuk hal yang baik agar anak tidak salah dalam bergaul.

Itulah berbagai peran ibu yang sangat penting dalam keluarga. Selain peran-peran yang telah disebutkan diatas, masih banyak sekali peran yang dimiliki oleh sosok hebat ini. Betapa mulianya menjadi seorang Ibu ya Moms! Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Ketahui Beberapa Peran Ayah dalam Keluarga Berikut Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x