Tidak sedikit orang melakukan perawatan rambut rontok parah dengan berbagai cara demi memiliki rambut yang sehat dan kuat. Hal ini disebabkan karena rambut rontok sering menjadi keluhan yang dapat mengganggu rasa percaya diri, khususnya untuk kaum wanita. Walaupun begitu, perawatan rambut rontok harus sesuai dengan penyebabnya. 

Siapa saja, pria maupun wanita, dapat mengalami rambut rontok. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena berbagai hal, mula dari faktor genetik hingga adanya penyakit tertentu. Penyebab rambut rontok juga dapat disebabkan karena kesalahan dalam merawat rambut, kehamilan, atau efek samping dari obat-obatan tertentu. 

Oleh karena itu, perawatan rambut yang rontok harus disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini beberapa pilihan cara merawat rambut secara alami dan dengan bantuan obat-obatan. 

Perawatan rambut rontok parah secara alami 

Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan bagi Moms yang menderita kerontokan rambut: 

Konsumsi makanan bergizi

Kurangnya nutrisi dapat menyebabkan rambut menjadi mudah rontok. Agar rambut dapat tumbuh kuat dan juga indah, rambut membutuhkan banyak nutrisi, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, protein, zat besi, asam folat, antioksidan, serta biotin. 

Oleh karena itu, salah satu perawatan rambut rontok parah yang bisa Moms lakukan yaitu melengkapi nutrisi-nutrisi tersebut dengan mengonsumsi makanan bergizi tertentu, seperti ikan, daging, telur, bayam, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, makanan laut, ataupun suplemen tambahan yang sesuai dengan rekomendasi dokter. 

Merawat rambut dengan lembut

Perawatan rambut rontok selanjutnya yaitu dengan merawat rambut dengan lembut. Banyak wanita yang seringkali menata rambut dengan cara yang tidak tepat, seperti sering mencatok, terlalu kencang mengikat rambut, menggunakan hair dryer terlalu panas, meluruskan atau mengeriting rambut, dan mewarnai rambut sehingga menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut. 

Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, cobalah untuk merawat rambut secara lembut dan hindari rambut dari penggunaan bahan kimia dan suhu panas. Apabila perlu, Moms bisa menggunakan produk perawatan rambut khusus rambut rontok. 

Mengelola stres

Ternyata sering mengalami stres juga termasuk salah satu faktor resiko yang menyebabkan kerontokan rambut. Ketika Moms sering mengalami stres berat, hormon di dalam tubuh akan mengalami perubahan dan menyebabkan rambut menjadi rontok. Maka dari itu, mengelola stres menjadi salah satu perawatan rambut rontok parah secara alami yang perlu dilakukan agar rambut tidak semakin rontok. 

Perawatan dengan obat-obatan 

Selain secara alami, perawatan rambut rontok parah juga dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan. Pengobatan rambut rontok perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini obat-obat yang bisa diresepkan oleh dokter: 

Minoxidil

Perawatan rambut rontok parah dengan obat-obatan yaitu menggunakan Minoxidil. Minoxidil adalah obat berupa cairan yang bisa digunakan dengan cara digosok atau disemprotkan pada kulit kepala. Obat ini mampu menguatkan serta menyuburkan pertumbuhan rambut. 

Pemakaian secara teratur akan membuat kerontokan rambut berkurang dan rambut pun mengalami pertumbuhan secara berangsur-angsur. Tetapi, dibutuhkan setidaknya 6 bulan untuk melihat hasilnya.  

Namun, obat ini menimbulkan efek samping berupa iritasi pada kulit kepala dan tumbuhnya rambut yang tidak diinginkan di area wajah. 

Finasteride

Perawatan rambut rontok parah yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan obat Finasteride. Obat ini berbentuk pil. Obat ini bisa didapatkan lewat resep dokter atau hanya direkomendasikan untuk pria. Finasteride berfungsi untuk mendorong pertumbuhan rambut baru dan juga memperlambat kerontokan. 

Obat ini tidak efektif untuk pria yang berusia lebih dari 60 tahun. Selain itu, obat ini memiliki efek samping, seperti berkurangnya gairah seks, menurunnya fungsi seksual, serta dapat meningkatkan resiko kanker prostat. 

Selain menggunakan obat-obatan, dokter juga bisa memberi saran untuk melakukan perawatan rambut rontok tertentu, misalnya transplantasi rambut dan terapi laser. 

Lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna menentukan jenis penanganan yang tepat untuk mengatasi rambut rontok yang dialami. Hal ini penting untuk dilakukan agar dokter bisa menentukan apa yang menyebabkan kerontokan rambut terjadi. 

Baca juga: Cara Atasi Rambut Mengembang dengan Mudah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like